uefau17.com

Tebak 4 Kepribadian Berdasarkan Gaya Tidur, Kamu yang Mana? - Citizen6

, Jakarta Tahukah Anda bahwa posisi Anda tidur dapat mengungkap aspek tersembunyi dari kepribadian Anda? Kepribadian tidur Anda juga dapat memengaruhi perilaku sosial Anda. 

Misalnya saja, orang yang tidur telentang cenderung lebih supel dan asertif dalam situasi sosial, sedangkan orang yang tidur tengkurap cenderung pemalu dan menarik diri. Ada juga semakin banyak penelitian tentang tidur yang menunjukkan bahwa posisi tidur kita dapat mengungkapkan wawasan tersembunyi tentang kepribadian kita.  

European Journal of Personality menyatakan bahwa kualitas tidur yang Anda dapatkan minggu ini kemungkinan besar akan mempengaruhi kepribadian Anda lima tahun dari sekarang. Peneliti tidur Samuel Dunkell telah melakukan penelitian perintis untuk mengeksplorasi hubungan antara posisi tidur dan ciri-ciri kepribadian. “Cara kita tidur adalah cara hidup”, tulis Dunkell dalam bukunya Sleep Positions.

Lalu, apa pengaruh posisi tidurmu terhadap kepribadianmu? Tentu saja, tidak ada jawaban universal untuk pertanyaan ini, dan masih banyak faktor lain yang dapat memengaruhi posisi tidur kita. Tes kepribadian berikut ini bisa menjadi cara yang menyenangkan dan berwawasan luas untuk mempelajari lebih lanjut tentang diri Anda dan ciri-ciri kepribadian unik Anda. Dihimpun dari Jagranjosh, ini dia.

1. Tidur telentang

Jika Anda tidur telentang, kepribadian tidur Anda menunjukkan bahwa Anda adalah individu yang fokus, pendiam, dan kuat. Anda menghindari konflik dan menghindari keributan. Anda lebih suka mengatakan kebenaran daripada memutarbalikkan seratus kebohongan. 

Anda menyukai struktur dan ketertiban. Anda juga cenderung memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap diri sendiri dan orang lain. Anda cenderung menyimpan pikiran untuk diri sendiri. Anda jarang ditemukan bereaksi terlalu cepat dalam situasi apa pun. Anda sangat optimis. 

Anda memiliki keinginan untuk menjalani hidup sepenuhnya. Anda juga suka menjadi pusat perhatian. Anda mungkin memiliki kepribadian yang kuat. Anda sangat keras kepala dalam mencapai tujuan hidup Anda.

Anda tidak suka terlibat dalam gosip kecil atau bergaul dengan orang-orang yang tidak memenuhi standar yang Anda tetapkan untuk diri Anda sendiri. Anda cenderung memprioritaskan waktu untuk pengembangan diri dan pengisian ulang mental. 

Anda cenderung menjalani hidup seperti bangsawan. Anda mencari pengalaman dan cerita untuk diceritakan dalam hidup.

Peneliti tidur Chris Idzikowsk menjelaskan lebih lanjut dua posisi klasik posisi tidur telentang: kepribadian posisi tidur prajurit dan kepribadian posisi tidur bintang laut:

  • Jika Anda tidur telentang dalam posisi prajurit dengan lengan dan kaki tetap lurus, maka Anda memiliki standar yang sangat tinggi. Tidak mudah untuk mencuri hatimu. Anda mungkin ramah dan sopan tetapi Anda sangat selektif dalam memilih siapa yang mengizinkan Anda berada di lingkaran dekat Anda.
  • Jika Anda tidur telentang dalam posisi bintang laut dengan kaki dan tangan terentang maka Anda menghargai persahabatan dan hubungan. Anda tidak senang menjadi pusat perhatian. Anda adalah seorang pemberi. Anda menikmati mendengarkan penderitaan dan cerita orang lain. Anda berempati dan suportif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Tidur meringkuk

Jika Anda tidur meringkuk seperti bayi, kepribadian tidur Anda menunjukkan bahwa Anda menampilkan sisi luar yang keras, namun di dalam diri Anda adalah individu yang sensitif dan pemalu. Anda mungkin cukup introvert. 

Anda mungkin memiliki keinginan besar untuk dilindungi, dipelihara, dan dipahami. Anda mungkin menikmati aktivitas kreatif seperti menulis, melukis, menari, menyanyi, blogging, dll yang memberi Anda platform untuk mengekspresikan diri dan keinginan tersembunyi Anda. 

Tidur dalam posisi janin juga membantu Anda melepaskan diri dari semua masalah yang mungkin Anda alami dalam kehidupan nyata. Anda merasa paling nyaman dan aman berada di dekat keluarga Anda atau orang-orang yang telah terbukti dari waktu ke waktu bahwa mereka dapat dipercaya. 

Anda mungkin merasa cemas atau kewalahan di tengah keramaian. Anda juga mungkin mengalami kesulitan atau kegugupan saat berbicara di depan umum atau berbicara di hadapan banyak orang. 

Penelitian tidur Samuel Dunkell pada tahun 1970-an menggambarkan bahwa posisi tidur janin biasanya lebih banyak ditemukan pada orang yang sedang mengalami kecemasan atau emosi naik turun. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, orang yang tidur dalam posisi janin biasanya tertutup terhadap pengalaman baru. Mereka mungkin takut ditinggalkan atau ditinggalkan.

 

3 dari 5 halaman

3. Tidur tengkurap/telungkup

Jika Anda tidur tengkurap, kepribadian tidur Anda menunjukkan bahwa Anda adalah individu yang menyenangkan, ceria, dan berpikiran terbuka. Kamu biasanya adalah tipe orang yang ‘langsung ke pokok permasalahan’, namun terkadang kamu mungkin terlihat agak kasar. 

Anda memiliki kejelasan luar biasa tentang apa yang Anda inginkan dalam hidup. Anda memancarkan semangat bebas dalam cara Anda menjalani hidup. Namun, Anda mungkin juga merasa gugup atau cemas di dalam hati. Anda suka memiliki kendali atas segalanya. Anda mungkin juga merasa sulit menangani kritik secara konstruktif.

Anda juga merupakan tipe individu yang berkemauan keras, petualang, pengambil risiko, dan sangat optimis. Anda selalu suka melihat sisi positif dari kesulitan apa pun karena penuh rasa syukur. 

Penelitian tidur Dunkell mengatakan bahwa orang yang tidur tengkurap bisa juga menjadi impulsif, menghambat rasa tidak aman, atau kurang percaya diri. Namun, mereka pandai menyembunyikan emosi negatif apa pun.

Jika Anda jatuh dalam posisi tidur skydiver atau freefaller di mana Anda merentangkan tangan ke atas di atas atau di sekitar bantal, maka peneliti tidur Chris Idzikowsk menggambarkan kepribadian tidur freefaller sebagai kupu-kupu sosial. 

Anda selalu siap untuk berpetualang. Anda menikmati berada di luar ruangan. Anda tidak suka dikritik. Jika seseorang menginginkan sesuatu dari Anda untuk dilakukan, maka mereka harus membuat Anda merasa menjadi orang yang paling penting di dunia.

 

4 dari 5 halaman

4. Tidur miring

Jika Anda tidur miring, kepribadian tidur Anda menunjukkan bahwa Anda adalah individu yang santai dan sosial. Anda dapat memulai percakapan dengan siapa pun di ruangan itu, bahkan saat bepergian dengan kereta bawah tanah. Namun, Anda lebih memilih untuk menjadi diri Anda yang sebenarnya dengan kelompok dekat Anda. 

Anda juga sangat percaya yang terkadang membuat Anda terlihat seolah-olah mudah dibujuk. Meskipun demikian, orang-orang hanya mengetahui sedikit tentang Anda sehingga Anda mempertimbangkan segalanya dan bisa sangat lambat dalam mengambil keputusan.

Jika Anda tidur miring sambil memeluk bantal atau terselip di antara kedua kaki, maka Anda tidur dengan posisi tidur memeluk bantal. Ini menunjukkan bahwa Anda memiliki sifat mengasuh. Anda paling menikmati dan cenderung menjadi diri sendiri di sekitar anggota keluarga atau teman Anda. Anda memprioritaskan keluarga, teman, dan pasangan Anda di atas segalanya. 

Anda sama sekali tidak gila kerja. Anda lebih suka memberikan lebih banyak waktu kepada orang-orang terdekat dalam hidup Anda. Anda sangat berorientasi pada keluarga. Anda juga cenderung sangat setia kepada orang yang Anda cintai. Anda juga pada dasarnya adalah penyedia. Anda suka menjaga orang-orang di sekitar Anda.

 

5 dari 5 halaman

Tidur miring dengan tangan terentang

Jika Anda tidur miring dengan tangan terentang maka Anda tidur dalam posisi tidur yang lebih panjang. Anda mendambakan koneksi dan hubungan yang tulus. Anda biasanya curiga dan lambat membuka diri, namun Anda sangat mendambakan cinta. 

Anda selalu terpecah antara mengalami hal-hal baru namun ragu apakah Anda akan terluka. Anda cenderung sangat rasional. Anda menerima perubahan dengan mudah. Anda lambat dalam mengambil keputusan tentang apa pun. Namun, Anda cukup tegas setelah mengambil keputusan.

Jika Anda tidur miring dengan kaki lurus dan lengan disandarkan ke samping, maka Anda tidur dalam posisi batang kayu. Peneliti tidur Chris Idzikowsk menggambarkan Anda sebagai orang yang mudah tertipu dan terbuka terhadap pengalaman baru. 

Anda mudah bergaul, mudah menerima perubahan. Anda kebanyakan bisa bergaul dengan siapa pun. Anda biasanya tampak tangguh di luar, namun Anda mungkin orang yang manis dan ramah untuk diajak bicara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat