uefau17.com

7 Hal Mengejutkan yang Bisa Menyebabkan Rambut Rontok Menurut Para Ahli - Citizen6

, Jakarta Kerontokan rambut bisa membuat stres, terutama jika penyebabnya tidak diketahui. Dan sementara para ahli mengatakan bahwa seringkali rambut rontok hanyalah hasil dari genetika dan penuaan, ada beberapa penjelasan yang lebih mengejutkan untuk rambut rontok atau menipis.

Berita bagusnya, beberapa penyebab ini dapat dihentikan dengan perlakuan yang tepat—Anda hanya perlu tahu apa yang harus dilakukan. Berikut ini beberapa hal mengejutkan yang dapat menyebabkan kerontokan rambut dan cara menghentikannya.

Dihimpun dari Bestlife, ini dia.

1. Kekurangan vitamin

Jika Anda melihat kerontokan rambut yang tidak dapat dijelaskan, para ahli mengatakan Anda mungkin perlu mengalihkan perhatian ke diet Anda. Itu karena kekurangan vitamin adalah penyebab yang mengejutkan — namun agak umum — untuk rambut rontok atau penipisan rambut.

"Diet seimbang sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat," jelas dokter kulit Zein Obagi, MD. Kekurangan nutrisi tertentu, seperti asupan zat besi, seng, biotin, atau protein yang tidak memadai, dapat memengaruhi kemampuan folikel rambut untuk menghasilkan helai rambut baru.

"Menggabungkan diet menyeluruh dan mempertimbangkan suplementasi yang ditargetkan, bila perlu, dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut. dan mengurangi risiko kerontokan rambut," katanya kepada Best Life.

Meskipun kebanyakan orang harus bisa mendapatkan vitamin dan mineral yang diperlukan melalui diet seimbang, rencana makan yang ketat dapat mengganggu asupan Anda, kata Yoram Harth, MD, dokter kulit bersertifikat dan direktur medis MDhair.

'Diet ekstrem atau crash dapat menghilangkan nutrisi penting tubuh, termasuk yang penting untuk menjaga pertumbuhan rambut yang sehat,' dia memperingatkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Stres emosional atau fisik

Obagi menunjukkan bahwa stres emosional dan fisik juga dapat mengganggu siklus pertumbuhan rambut normal, mengakibatkan kerontokan atau penipisan rambut.

"Ketika seseorang mengalami peristiwa penting dalam hidup, mengalami tekanan emosional, atau mengalami trauma fisik, tubuh mereka dapat mengalihkan energi dari pertumbuhan rambut, menyebabkan kerontokan rambut sementara atau telogen effluvium," jelasnya. Namun, dokter kulit mencatat bahwa kerontokan rambut jenis ini seringkali dapat dipulihkan setelah stres dikelola secara efektif.

3. Kondisi autoimun

Jika Anda melihat kerontokan rambut yang tidak dapat dijelaskan, penting untuk mendiskusikan gejala Anda dengan dokter Anda. Mereka mungkin ingin memeriksa Anda untuk kondisi autoimun tertentu.

Kondisi autoimun, seperti alopecia areata, dapat menyebabkan kerontokan rambut dengan menyerang folikel rambut secara keliru, kata Obagi. "Hal ini menyebabkan terganggunya siklus pertumbuhan rambut dan kerontokan selanjutnya. Mengobati kondisi autoimun yang mendasarinya dan mencari intervensi medis yang tepat dapat membantu mengatasi kerontokan rambut dalam kasus seperti itu," tambahnya.

 

3 dari 5 halaman

4. Efek samping obat

Obat Anda juga bisa menjadi penyebab kerontokan rambut Anda, kata Obagi. Jika Anda mencurigai obat sebagai penyebab kerontokan rambut, dia merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan profesional perawatan kesehatan untuk mencari opsi alternatif atau mengurangi efeknya.

"Rambut rontok bisa menjadi efek samping yang tidak diinginkan dari obat-obatan tertentu, seperti obat kemoterapi, antidepresan, beta-blocker, atau perawatan hormonal," kata Obagi. "Obat-obatan ini dapat mengganggu siklus pertumbuhan rambut atau menyebabkan telogen effluvium."

5. Gaya rambut tertentu

Bagaimana Anda menata rambut Anda juga dapat menentukan apakah Anda dapat mempertahankannya, kata para ahli. "Gaya rambut tertentu yang menimbulkan ketegangan berlebihan pada folikel rambut, seperti kuncir kuda yang ketat, kepang, atau ekstensi, dapat menyebabkan traksi alopecia," jelas Obagi.

"Menarik terus-menerus dapat melemahkan helai rambut, menyebabkannya patah atau rontok," tambahnya. Dengan memilih gaya rambut yang lebih longgar dan menghindari panas yang berlebihan, Anda dapat membantu mencegah kerontokan rambut, kata dokter kulit.

 

4 dari 5 halaman

6. Sampo kering dan perawatan kimia

Produk rambut tertentu juga dapat menyebabkan kerontokan rambut, para ahli memperingatkan. Secara khusus, beberapa dokter kulit telah memperingatkan agar tidak sering menggunakan sampo kering, karena dapat menyebabkan penumpukan bakteri di kulit kepala, yang menyebabkan peradangan. Beberapa orang akan terus mengembangkan jerawat atau kista di kulit kepala mereka di area yang meradang, yang pada akhirnya menyebabkan area kering dan keropeng. Hal ini dapat menyebabkan rambut rontok, kata dokter kulit kepada Insider.

Perawatan kimia, termasuk pelurus rambut kimia, juga diketahui menyebabkan kerontokan rambut. Faktanya, sebuah studi tahun 2022 menemukan bahwa selain hubungannya dengan kerontokan rambut dan peradangan kulit kepala, jenis perawatan ini juga dikaitkan dengan peningkatan insiden eksim, nyeri, luka bakar, perubahan warna rambut, dan banyak lagi.

5 dari 5 halaman

7. Perubahan hormon

Fluktuasi hormon dapat memainkan peran penting dalam kerontokan rambut, kata Harth. "Kehamilan, persalinan, menopause, dan kondisi seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang berdampak pada siklus pertumbuhan rambut," catat dokter kulit. "Perubahan ini dapat menyebabkan kerontokan rambut sementara atau bahkan penipisan rambut permanen."

Berbicara dengan penyedia layanan kesehatan yang berspesialisasi dalam kesehatan hormonal dapat membantu mengatasi penyebab yang mendasari dan mengelola perubahan rambut terkait.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat