uefau17.com

Bukan Berarti Cengeng, Ini 5 Manfaat yang Kita Dapat dari Menangis - Citizen6

, Jakarta - Setiap individu tentu pernah menangis. Tak hanya dilakukan anak kecil, menangis pun lumrah dilakukan oleh orang dewasa. Menangis merupakan salah satu mekanisme alami tubuh. Ini membantu kita menurunkan dan memproses emosional kita dan juga baik untuk kesehatan serta kesejahteraan jiwa.

Ketika orang menekan emosi mereka dan menahan untuk menangis mungkin karena menangis kerap dianggap sebagai tanda kelemahan, mereka sebenarnya menekan kenegatifan di dalam diri mereka. Hal ini selanjutnya bisa menyebabkan banyak masalah baik kesehatan fisik dan juga mental.

Menangis pun lantas yang akan membiarkan emosi negatif ini keluar dan membantu kita mengatasi rasa sakit. Dilansir dari Boldsky, Senin (27/3/2023), berikut adalah deretan alasan mengapa menangis justru baik untuk dilakukan.

1. Meluapkan Rasa Kehilangan dan Kesedihan 

Tentu sangat menyedihkan ketika kita kehilangan seseorang atau sesuatu yang berharga bagi kita. Itu merupakan jenis perasaan yang membuat kita tidak dapat melakukan apa-apa.

Untuk membuat segalanya lebih sederhana bagi orang lain di sekitar kita, kita sering menekan emosi kita, yang bukanlah pilihan yang paling sehat.

Menangis membantu melepaskan rasa sakit karena kehilangan seseorang atau sesuatu dan kesedihan serta memberi kita kekuatan untuk melanjutkan hidup.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Menghilangkan stres

Menangis adalah terapi. Pasalnya menangis dipercaya dapat mengeluarkan hormon stres atau racun dari dalam tubuh. Saat kita menangis, sistem saraf parasimpatis, yang mengatur istirahat dan pencernaan diaktifkan.

Tubuh dan pikiran seseorang sama-sama mendapat manfaat dari menangis sebagai cara menghilangkan stres.

3 dari 5 halaman

3. Membantu Menjernihkan Pikiran Kita

Kita dapat menggunakan air mata kita sebagai semacam pembersih internal untuk membersihkan segala kotoran dan menyegarkan jiwa kita.

Orang lain yang mampu mengekspresikan emosi mereka secara terbuka, sering memiliki keuntungan lebih dari mereka yang memendam perasaan mereka dan membiarkan setan batin mereka menguasai mereka. Dengan melepaskan emosi yang terpendam, kita dapat lebih memahami penyebab tekanan emosional kita.

4 dari 5 halaman

4. Membantu Kita Menjadi Lebih Kuat

Kita dapat menekan emosi, tetapi ketika kita menangis, kita mengeluarkannya dengan cara yang sehat. Artinya kita akan lebih terbiasa menghadapi hal-hal yang menjatuhkan kita daripada mengabaikannya.

Jika kita memilih untuk mengabaikan perasaan kita, perasaan itu akan tetap ada dalam pikiran sadar dan akhirnya menimbulkan masalah bagi kita baik cepat atau lambat. Namun, jika kita memilih untuk menghadapi ketakutan dan emosi kita, kita akan menjadi lebih kuat.

5 dari 5 halaman

5. Baik untuk Kesehatan Kita

Kebanyakan pria dan wanita di 35 negara merasa lebih baik setelah menangis dan mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih baik, kata sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal NCBI. Air mata memiliki efek menenangkan pada pikiran dan tubuh kita.

Ini membantu kita menghilangkan rasa sakit, meningkatkan suasana hati, membantu tidur dan melawan bakteri yang tak terhitung jumlahnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat