uefau17.com

Tanpa Kamu Sadari, Ini 8 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Otak - Citizen6

, Jakarta - Otak menjadi organ tubuh manusia yang paling penting. Studi menunjukkan bahwa ketahanan otak manusia memungkinkannya untuk mengatasi situasi paling menegangkan dalam kehidupan kepada kita.

Inilah alasan mengapa para ahli saraf menginvestasikan banyak modal penelitian untuk memahami kemampuan otak manusia.

Sementara keadaan dalam kehidupan bisa mengembangkan ketahanan otak. Jadi, kita harus berhati-hati untuk tidak melakukan kebiasaan tertentu yang menyebabkan kerusakan pada otak.

Ketika kita terlibat dalam perilaku tertentu untuk jangka waktu yang lama, hal ini dapat memengaruhi kemampuan otak untuk berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, ketahui beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa membahayakan otak seperti melansir dari Growth Lodge, Rabu (21/12/2022).

1. Tidak cukup tidur

Studi menunjukkan bahwa kurang tidur memengaruhi kemampuan kognitif dan emosional kita. Kemampuan otak untuk bernalar secara logis, mengingat, membuat keputusan yang baik dan tetap waspada dapat terpengaruh jika kita tidak cukup tidur dan dalam jangka panjang. Hal ini dapat memengaruhi kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

Di sisi lain, tidur yang cukup memberikan keajaiban bagi otak dan tubuh. Tidur sangat penting untuk pemulihan tubuh. Jam tidur yang dibutuhkan bervariasi antar individu, tetapi para peneliti merekomendasikan antara 7-8 jam tidur.

Jika Anda memiliki kebiasaan tidur kurang dari jumlah jam yang disarankan, menurut sains, Anda membahayakan otakmu.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kebiasaan Makan yang Tidak Sehat

Anda mungkin tahu bahwa kebiasaan makan yang buruk dapat memengaruhi berat badan Anda dan menyebabkan masalah perut. Tapi tahukah Anda bahwa hal itu juga dapat menyebabkan kerusakan pada otak Anda?

Studi menunjukkan bahwa melewatkan sarapan atau sarapan berkualitas rendah dapat merusak fungsi kognitif otak, hal ini menyebabkan berkurangnya perhatian dan respons yang lambat.

Glukosa adalah bahan bakar untuk otak, dan melewatkan sarapan atau sarapan berkualitas rendah menyangkal glukosa otak, maka ada dampak negatif pada fungsi kognitif.

Tidak heran sarapan dianggap sebagai makanan terpenting dalam sehari. Selain itu, konsumsi gula yang tinggi diketahui dapat merusak kemampuan otak untuk menyerap protein dan nutrisi.

3. Merokok

Ada beberapa iklan tentang bahaya merokok, untuk alasan yang baik. Merokok berbahaya bagi paru-paru, jantung, dan otak. Penelitian membuktikan bahwa merokok menyebabkan penipisan korteks otak.

Korteks adalah bagian luar otak di mana fungsi-fungsi kognitif seperti memori dan bahasa berlangsung. Oleh karena itu, penipisan korteks menyebabkan penurunan kognitif. Merokok berlebihan juga dikatakan menyebabkan peradangan saraf, yang menyebabkan beberapa gangguan auto-imun. 

4. Alkohol berlebih

Minum alkohol dapat menyebabkan efek merusak pada otak. Penelitian menunjukkan bahwa minum alkohol dapat menyebabkan pemadaman, penyimpangan memori, dan penyusutan otak. Semakin banyak alkohol yang diminum, semakin luas kerusakannya.

Wanita lebih rentan terhadap kerusakan akibat alkohol daripada pria. Wanita pecandu alkohol mengalami sirosis setelah minum alkohol lebih sedikit daripada pria. Lebih jauh lagi, alkohol memiliki efek merusak pada organ-organ lain seperti ginjal.

3 dari 4 halaman

5. Paparan Bahan Kimia Berbahaya

Udara di kota menjadi lebih tercemar dengan bahan kimia. Sebagian dari bahan kimia ini berbahaya bagi otak. Studi menunjukkan bahwa menghirup polutan tertentu menyebabkan penurunan kecerdasan otak. Selain itu, polusi timbal bersifat racun bagi otak, dan anak-anak sangat rentan. 

Anda mungkin berpikir bahwa Anda tidak tinggal di daerah yang sangat tercemar, sehingga hal ini tidak berlaku bagi Anda. Namun, bahan kimia yang lebih mudah diakses seperti pestisida juga masuk dalam daftar bahan kimia yang dapat memengaruhi otak.

6. Kurang Olahraga

Anda mungkin tidak suka mendaftar untuk berolahraga di gym. Tidak apa-apa, karena belum tentu itu yang dimaksud dalam poin ini. Kadang-kadang yang Anda butuhkan hanyalah jalan cepat selama sekitar 15 menit untuk meningkatkan kecepatan jantung memompa darah untuk bersirkulasi dalam tubuhmu.

Studi mengungkapkan bahwa aktivitas fisik meningkatkan aktivitas otak dan kesehatan kognitif. Anda dapat memecahkan masalah, belajar lebih baik, dan melatih keseimbangan emosional yang sehat ketika aktivitas otakmu didorong oleh olahraga.

Kurang olahraga meningkatkan risiko penurunan kognitif, menempatkan Anda pada risiko demensia. Aktivitas fisik itu sehat untuk otak. Hal ini juga menjaga jantung Anda dalam kondisi yang baik, mengurangi obesitas, dan meningkatkan kualitas tidur.  

4 dari 4 halaman

7. Kesepian dan Isolasi

Manusia diciptakan untuk bersosialisasi. Kita berkembang dengan kontak dengan orang lain. Tidaklah mengherankan bahwa ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa orang dengan kontak sosial yang lebih sedikit menunjukkan penurunan fungsi kognitif yang tinggi.

Sosialisasi mendorong stimulasi otak saat kita berinteraksi dengan orang lain, dan otak mempelajari hal-hal baru. Sosialisasi juga mengurangi risiko kesepian yang sering menyebabkan depresi berkepanjangan. 

8. Stres 

Terlepas dari semua perangkat, kemajuan teknologi, dan peralatan yang telah ditemukan untuk membuat hidup lebih mudah, tingkat stres terus meningkat. Menurut Asosiasi Psikologi Amerika, lebih dari sepertiga orang dewasa melaporkan peningkatan tingkat stres mereka dalam setahun terakhir.

Institut Kesehatan Mental Nasional mendefinisikan stres sebagai "respons otak terhadap permintaan apa pun." Ini menjelaskan bahwa sesuai definisi ini, tidak semua stres itu buruk.

Kortisol adalah hormon yang dilepaskan dalam situasi stres. Penumpukan kortisol yang terus menerus di otak yang menyebabkan efek merusak jangka panjang.

Kadar kortisol yang tinggi mempngaruhi kemampuan otak untuk berfungsi dengan benar. Kortisol dapat membunuh sel-sel otak dan mengurangi ukuran otak. Fungsi memori dan pembelajaran otak semuanya menjadi terpengaruh.

Selain itu, stres meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Stres memang pembunuh diam-diam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat