uefau17.com

5 Rekor Baru Piala Dunia Qatar 2022, Dimeriahkan Jungkook BTS hingga Pembacaan Al-Quran - Citizen6

, Jakarta Acara pembukaan Piala Dunia Qatar 2022 telah diselenggarakan semalam, tepatnya pada 20 November pukul 21.40 WIB. Acara pembukaan kompetisi olahraga paling bergengsi dunia ini menarik perhatian banyak orang dan bahkan sampai saat ini (21/11/2022) masih menjadi trending di Twitter.

Acara pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar menampilkan banyak pertunjukan seru, unik, dan bahkan mengharukan. Misalnya penampilan aktor Amerika Serikat Morgan Freeman yang memberikan pidato persatuan dan toleransi yang mengharukan.

Setelahnya ada penampilan pemuda penyandang disabilitas bernama Ghanim Al-Muftah yang membacakan surah Al-Hujurat ayat 13. Tidak lupa juga maskot beserta soundtrack-soundtrack ikonik Piala Dunia sebelum-sebelumnya ikut muncul.

Lalu tentunya yang tidak bisa dilupakan adalah penampilan mewah dari Jungkook BTS. Di sana Jungkook BTS tampil bersama bersama artis Qatar, Fahad Al Kubaisi, untuk menyanyikan lagu Dreamers yang merupakan salah satu lagu resmi FIFA Piala Dunia 2022 Qatar ini.

Selain sukes mengguncang acara pembukaan, ternyata maknae BTS ini juga mencetak sejarah dengan penampilannya tersebut. Dilansir Koreaboo, Senin (21/11/2022), Jungkook resmi mengukir sejarah sebagai artis Korea pertama yang tampil di upacara pembukaan Piala Dunia FIFA. Sebelumnya hal ini tidak pernah terjadi.

Hal ini tentunya membuat ARMY sangat senang mendengarnya. Selain rekor Jungkook BTS yang menjadi artis Korea pertama yang tampil di upacara pembukaan Piala Dunia FIFA, terdapat lima rekor lain yang sudah tercetak di Piala Dunia 2022 ini. Berikut lima rekor tersebut:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pembacaan Al-Quran Pertama Kali

Qatar merupakan pertama kalinya negara dengan mayoritas penduduk muslim menjadi tuan rumah Piala Dunia. Kesempatan ini pun tidak disia-siakan Qatar.

Dilansir Al Raya, Senin (21/11/2022), dalam acara pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar, Ghanim Al-Muftah yang membacakan surah Al-Hujurat ayat 13 menjadi momen pertama kalinya pembacaan ayat suci Al-Qur’an dilakukan di ajang bergengsi tersebut. 

Bacaan surah Al-Hujurat ayat 13 sendiri memiliki arti, “Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti.

3 dari 5 halaman

2. FC Barcelona Mengirim Pemain Terbanyak

Di Piala Dunia 2022, Barcelona menjadi klub dengan jumlah pemain terbanyak yang bermain di Piala Dunia 2022 Qatar. Dilansir Marca, Barcelona mengirim 17 pemainnya ke delapan tim nasional berbeda. 8 pemain untuk Spanyol, 2 pemain untuk masing-masing Prancis dan Belanda, lalu 1 pemain untuk masing-masing Jeman, Uruguay, Denmark, Polandia, Brazil.

Pada Piala Dunia ini, Barcelona mengalahkan Manchester City dan Bayern Munich yang masing-masing mengirim 16 pemain mereka. Perlu diketahui bahwa sebelumnya Bayern Munich juga memiliki 17 pemain di Piala Dunia 2022, namun berkurang menjadi 16 saat Sadio Mane mengalamai cedera dan tidak bisa bermain untuk negaranya, Senegal.

 

 

 

4 dari 5 halaman

3. Qatar Menjadi Tuan Rumah Pertama yang Kalah di Laga Pembukaan

Dilansir Sportsnet, Qatar menjadi tuan rumah pertama yang kalah di laga pembukaan sejara Piala Dunia. Hal ini didapat setelah kekalahan 2 - 0 melawan Ekuador.

Sebelumnya, negara tuan rumah tidak pernah kalah dalam pertandingan pembukaan. Hal itu berlangsung selama sejarah kompetisi Piala Dunia, dengan rekor 16-0-6 (menang-kalah-seri) sejak turnamen pertama pada tahun 1930.

5 dari 5 halaman

4. Gol Pembuka Piala Dunia Pertama yang Dicetak Lewat Penalti

Pada saat yang bersamaan, pertandingan ini juga mencetak sejarah dengan gol pembuka Piala Dunia yang pertama kali dicetak lewat titik penalti. Perlu diketahui bahwa dua gol kemenangan Ekuador dicetak oleh Enner Valencia, kapten Ekuador dan pencetak gol terbanyak sepanjang masanya (37 gol dalam 75 pertandingan). Kedua gol tersebut dicetak pada menit ke-16 dan ke-31.

Dari hasil kemenangan ini, Ekuador naik ke puncak klasemen sementara Grup A Piala Dunia 2022 dengan torehan 3 poin. Qatar baru akan berkesempatan mendapatkan poin pada laga Jumat malam pukul 20.00 WIB, 25 November 2022, melawan Senegal. 

5. Pemain Tertua yang Mencetak Gol Pembuka Piala Dunia

Selain itu, Enner Valencia juga menjadi pemain tertua yang mencetak gol pembuka di sejarah Piala Dunia, yakni pada usia 33 tahun dan 16 hari. Dia mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh pemain Italia, Alessandro Altobelli, yang berumur 30 tahun dan 184 hari saat mencetakan golnya dalam pertandingan melawan Bulgaria di tahun 1986.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat