uefau17.com

Film "Nay", Kisah Tragis Perempuan Korban Kekerasan Seksual - Citizen6

Citizen6, Jakarta Djenar Maesa Ayu, dengan ciri khasnya kembali menampilkan persoalan perempuan dalam layar kaca. Pergulatan batin seorang perempuan kali ini menampilkan tokoh bernama Nay, yang diperankan dengan apik oleh Sha Ine Febriyanti. Film Nay ini bercerita mengenai Nay yang hamil namun di waktu bersamaan juga mendapat kesempatan emas untuk go international dalam karirnya sebagai seorang aktris. Dibalik pergulatan mempertahankan janin atau karir, Nay memiliki trauma masa kecil yang cukup suram dalam hubungannya dengan ibunya.

Djenar dalam film ini dan seperti biasa, menonjolkan sosok perempuan dengan persoalannya dalam pergulatan relasi keluarga, karier dan asmara yang dialami. Nay kecil yang mengalami kekerasan oleh ibunya sendiri hingga pemerkosaan oleh ayah tirinya menyebabkan trauma mendalam pada diri Nay.

Kemudian hubungan Nay dengan Adjeng, sahabat sekaligus manajernya menjadi sebuah ironi ketika kepentingan bisnis yang ternyata menjadi yang utama. Lalu, Ben, pacar Nay mewakili sosok lelaki yang lemah dan pengecut dengan ketidakberaniannya untuk bertanggungjawab dalam kehamilan Nay.

Dalam situasi seperti ini, Nay harus bergulat melawan trauma masa kecil dan pengambilan keputusan yang besar untuk dirinya sendiri : membesarkan janin tersebut tanpa ayah atau mengugurkannya demi mengejar karier.

"Film ini tentang ruang yang sempit bagi seorang perempuan untuk mengambil keputusan bagi dirinya sendiri,"ungkap Djenar pada media dalam Gala Premiere yang berlangsung pada Rabu, (18/11/15) di Epicentrum XXI.

Ruang sempit tersebut divisualisasikan dalam sebuah mobil dimana monolog berlangsung sepanjang jalan. Turut bermain dalam film ini sebagai voice over cast adalah Joko Anwar, Niniek L. Karim, Farishad Latjuba dan Paul Agusta.

Lalu, keputusan apa yang diambil Nay pada akhirnya?

Jika penasaran, kamu bisa mulai menyaksikan film Nay yang telah beredar di bioskop seluruh Indonesia sejak 19 November 2015. Mari menonton film Indonesia, mari mengapresiasi karya anak bangsa. Selamat menonton.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat