uefau17.com

Euro 2024: Portugal Menang Dramatis Atas Republik Ceko, Cristiano Ronaldo Cetak Sejarah - Bola

, Jakarta Timnas Portugal harus bekerja keras sebelum mengalahkan Republik Ceko 2-1 pada laga grup F Euro 2024 yang berlangsung di Red Bull Arena, Leipzig, Rabu (19/6/2024) dini hari WIB. Kemenangan ini menempatkan mereka di posisi kedua grup.

Portugal pada pertandingan itu, sempat ketinggalan lebih dahulu lewat gol Lukas Provod. Namun, gol bunuh diri Robin Hranac membuat skor jadi imbang.

Francisco Conceicao akhirnya mencetak gol penentu kemenangan untuk membawa Portugal meraih kemenangan 2-1 dan bersamaan dengan itu, bintang mereka Cristiano Ronaldo membuat sejarah di Red Bull Arena.

Ronaldo menjadi pemain pertama yang tampil di enam Kejuaraan Eropa setelah terpilih dalam lineup awal Roberto Martinez. Meski membuat sejarah hanya dengan kehadirannya di lapangan yang diguyur hujan, Ronaldo memberikan kontribusi berarti dan menambah jumlah gol internasionalnya yang mencapai 130 gol.

Pemain berusia 39 tahun ini, sebenarnya memiliki peluang untuk menandai peristiwa bersejarah itu dengan sebuah gol. Dia nyaris mencetak gol sebanyak tiga kali di babak pertama, namun sundulannya melebar selain beberapa usahanya berhasil diselamatkan kiper Republik Ceko Jindrich Stanek.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kiper Ceko Gagalkan Peluang Cristiano Ronaldo Cetak Gol

Ronaldo mendapatkan peluang pertama di menit ke-8. Manfaatkan umpan Raphael Leao, sundulan Ronaldo belum terarah sehingga skor masih tetap imbang.

Mantan bintang Real Madrid itu kemudian nyaris menjebol gawang Ceko. Namun, tendangan keras kaki kirinya masih bisa ditepis Stanek.

Selanjutnya, Ronaldo juga mendapatkan peluang lewat tendangan bebas di menit ke-58. Tapi tendangannya masih dengan mudah ditangkap kiper Ceko.

3 dari 4 halaman

Kemampuan Ronaldo di Kancah Internasional Sempat Diragukan

Kembali mendapatkan tempat di skuad Portugal untuk Euro 2024. Keputusan ini, menurut pelatih kepala Roberto Martinez, diambil berdasarkan prestasi gemilang Ronaldo, bukan sekadar nama besar.

Setelah dicadangkan pada dua laga terakhir Portugal pada Piala Dunia 2022, ketika tim masih ditangani Fernando Santos, banyak yang meragukan masa depan Ronaldo di kancah internasional.

4 dari 4 halaman

Ronaldo Terpilih Masuk Skuad Bukan Lantaran Nama Besar

Roberto Martinez pun menegaskan bahwa pemilihan Ronaldo untuk Piala Eropa 2024 bukanlah berdasarkan reputasi semata. “Ronaldo masuk tim nasional karena prestasinya,” ujar Martinez dalam konferensi pers menjelang pertandingan pembukaan melawan Republik Ceko.

“Tidak ada seorang pun yang masuk ke tim nasional hanya dengan memiliki nama. Ronaldo mencetak 50 gol dalam 51 pertandingan, konsisten dengan klubnya di liga, dan dia mencetak sepuluh gol di kualifikasi menuju turnamen ini"

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat