uefau17.com

Alasan Cristiano Ronaldo Masuk Skuad Portugal di Euro 2024, Bukan karena Reputasi - Bola

, Jakarta - Cristiano Ronaldo, ikon sepak bola dunia, kembali mendapatkan tempat di skuad Portugal untuk Euro 2024. Keputusan ini, menurut pelatih kepala Roberto Martinez, diambil berdasarkan prestasi gemilang Ronaldo, bukan sekadar nama besar.

Setelah dicadangkan pada dua laga terakhir Portugal pada Piala Dunia 2022, ketika tim masih ditangani Fernando Santos, banyak yang meragukan masa depan Ronaldo di kancah internasional.

Meski demikian, Ronaldo terus menunjukkan performa luar biasa di level klub. Kini bermain untuk Al Nassr di Arab Saudi, dia mencetak 50 gol dalam 51 pertandingan di seluruh kompetisi musim lalu. Prestasi ini membuktikan bahwa, meskipun usianya sudah 39 tahun, Ronaldo masih berada di puncak permainannya.

Roberto Martinez pun menegaskan bahwa pemilihan Ronaldo untuk Piala Eropa 2024 bukanlah berdasarkan reputasi semata. “Ronaldo masuk tim nasional karena prestasinya,” ujar Martinez dalam konferensi pers menjelang pertandingan pembukaan melawan Republik Ceko.

“Tidak ada seorang pun yang masuk ke tim nasional hanya dengan memiliki nama. Ronaldo mencetak 50 gol dalam 51 pertandingan, konsisten dengan klubnya di liga, dan dia mencetak sepuluh gol di kualifikasi menuju turnamen ini"

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peran Kunci Ronaldo

Ronaldo akan menjadi pemain pertama yang bermain di enam edisi Piala Eropa. Dia dipercaya masih memiliki peran penting dalam tim nasional Portugal. Martinez menyatakan bahwa Ronaldo bukan hanya seorang pencetak gol ulung, tetapi juga seorang pemain yang dapat membuka ruang pada pertahanan lawan yang bisa dieksploitasi rekan-rekannya.

“Dia dapat melakukan langkah terakhirnya dan membuka ruang. Selama bertahun-tahun dia telah sedikit mengubah cara bermain, namun saya hanya dapat mengatakan bahwa Cristiano berada di tim nasional pada saat ini karena prestasinya dan angka-angkanya di lapangan mendukung hal itu,” tambah Martinez.

Kembalinya Cristiano Ronaldo ke skuad Portugal untuk Euro 2024 adalah bukti nyata bahwa dedikasi, kerja keras, dan prestasi luar biasa tetap dihargai dalam dunia sepak bola. Dengan semangat dan tekadnya yang tak pernah padam, Ronaldo siap memimpin Portugal dalam upaya mereka meraih kejayaan di Eropa.

3 dari 3 halaman

Inspirasi bagi Tim dan Bangsa

Ronaldo, yang juga menjabat kapten Portugal, telah membuktikan kebugarannya dengan bermain penuh selama 90 menit dalam pertandingan pemanasan terakhir melawan Republik Irlandia. Di laga itu ia mencetak dua gol dalam kemenangan 3-0.

Dengan catatan total 130 gol dalam 207 penampilan untuk tim nasional, Ronaldo terus menjadi inspirasi bagi rekan-rekannya dan para penggemar.

“Dia adalah inspirasi. Ronaldo merupakan cermin bahwa Anda bisa bermimpi dan Anda bisa mencapainya. Dia mewakili banyak hal, tapi yang terutama ingin saya katakan adalah senang memiliki Ronaldo bersama kami.” kata bek Portugal Ruben Dias.

“Lebih dari hal-hal tersebut, Ronaldo tetap bersama tim pada momen karirenya sekarang. Dia menunjukkan keinginannya untuk terus meraih prestasi. Ronaldo adalah kapten kami dan kami akan mengikutinya sampai akhir.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat