uefau17.com

Syarat Timnas Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia U-17 2023 - Bola

, Jakarta - Piala Dunia U-17 2023 sudah menyelesaikan dua putaran fase grup. Laga pamungkas babak tersebut akan bergulir mulai Kamis (16/8/2023).

Sejumlah tim akan berjuang keras karena nasib mereka di kompetisi jadi pertaruhan. Termasuk tuan rumah Timnas Indonesia U-17 di Grup A.

Garuda Asia sudah mengantongi dua poin setelah bermain imbang melawan Ekuador dan Panama. Menempati peringkat tiga klasemen dengan perolehan dua poin, mereka bakal melakoni duel pamungkas kontra Maroko, Kamis (16/11/2023). 

Membandingkan dengan penghuni urutan tiga dari grup lain, pasukan Bima Sakti saat ini menduduki posisi empat alias batas terakhir. Artinya, timnas U-17 Indonesia bakal lolos ke perdelapan final jika kondisi ini tidak berubah setelah putaran grup tuntas.

Namun, situasi bisa berubah tergantung hasil pertandingan pamungkas. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi Indonesia untuk melaju ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023. Berikut deskripsinya:

Menang atas Maroko

Timnas Indonesia U-17 lolos ke babak 16 besar. Anak asuh Bima Sakti setidaknya menempati peringkat dua Grup A. Mereka bisa jadi juara grup tergantung hasil duel Ekuador vs Panama.

Imbang Lawan Maroko

Timnas Indonesia akan disalip Panama jika memenangkan laga melawan Ekuador. Jika Panama gagal mengalahkan Ekuador, Indonesia tetap berada di peringkat tiga. Arkhan Kaka dan kawan-kawan lalu mengadu rekor melawan peringkat tiga dari lima grup lain, untuk memperebutkan empat tiket yang tersedia.

Kalah dari Maroko

Timnas Indonesia bakal disikut Panama kalau memenangkan duel Ekuador. Jika Panama gagal mengalahkan Ekuador, Indonesia tetap berada di peringkat tiga. Arkhan Kaka dan kawan-kawan lalu mengadu rekor melawan peringkat tiga dari lima grup lain, untuk memperebutkan empat tiket yang tersedia.

Namun, rapor timnas U-17 Indonesia menjadi lebih buruk. Mereka perlu berharap laga Burkina Faso vs Korea Selatan (Grup E) berakhir imbang. Selain itu, Selandia Baru dan Meksiko juga mesti bermain seri. Ditambah skor kekalahan dari Maroko tidak lebih buruk dari rapor Meksiko (gol -2). 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Grup A Piala Dunia U-17 2023 Belum Punya Wakil di 16 Besar

Grup A jadi satu-satunya grup yang belum mengirim wakil ke babak 16 besar. Ekuador berada di puncak dengan raihan empat poin, menyusul Maroko yang memiliki tiga angka. Sementara Panama mengoleksi satu nilai di posisi buncit.

Indonesia bakal lolos jika sukses menaklukkan Maroko. Di luar hasil itu posisi Garuda Asia berada di ujung tanduk.

Posisi sulit ini tidak lepas dari kegagalan timnas U-17 mencapai target meraih kemenangan atas Panama. Faktanya, mereka sempat menghadapi situasi sulit pada babak pertama. Panama terus menekan dan Indonesia kesulitan keluar dari tekanan itu.

“Saya sampaikan ke pemain bahwa di awal kami mau menang. Tapi, kalau tidak bisa menang, minimal seri. Jangan sampai kalah. Babak pertama mereka mendapat tekanan yang luar biasa dari pemain Panama sampai mereka bikin gol," ujar pelatih Indonesia Bima Sakti.

3 dari 3 halaman

Daftar Negara yang Sudah Lolos ke 16 Besar Piala Dunia U-17 2023

Spanyol U-17 jadi tim pertama yang melaju ke 16 besar, Senin (13/11/2023). Tim Matador muda memesan tempat di 16 besar usai meraih kemenangan kedua Grup B dengan membekuk Mali 1-0.

Senegal kemudian mengikuti setelah menaklukkan Polandia 4-1, Selasa (14/11/2023) sore WIB. Seperti Spanyol, mereka juga membukukan enam poin dari dua duel Grup D yang dilakoni.

Menyusul Inggris U-17 yang mengalahkan Iran 2-1 pada malam hari yang sama. Reiss-Alexander Russell-Denny dan kawan-kawan juga berjaya untuk kali kedua pada persaingan Grup C.

Daftar itu kini bertambah menyusul berakhirnya pertandingan yang berlangsung Rabu (15/11/2023). Amerika Serikat (vs Burkina Faso) dan Prancis U-17 (vs Korea Selatan) ikut melaju ke perdelapan final kompetisi usai menaklukkan lawan masing-masing di Grup E. Sementara dari Grup F dan Jerman (vs Selandia Baru) juga tidak mau ketinggalan setelah memetik hasil serupa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat