uefau17.com

Tantang Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia Mulai Pilih-Pilih Pemain - Bola

, Jakarta Timnas Indonesia mulai pilih-pilih pemain untuk menjadi bagian dari skuad Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada November. Pasukan Garuda diagendakan melakoni dua laga tandang Grup F melawan Irak dan Filipina pertengahan bulan depan. 

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia memang sudah resmi tergabung dalam Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 bersama tiga negara lain, yakni Irak, Filipina, dan Vietnam. 

Kepastian itu didapat setelah anak-anak asuh Shin Tae-yong menang agregat 12-0 atas Brunei Darussalam dalam dua leg pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde pertama yang digelar di Jakarta dan Brunei pertengahan Oktober lalu. 

Adapun setelah ini, Timnas Indonesia dijadwalkan melanjutkan perjuangan di kandang Irak dan Filipina. Duel melawan Timnas Irak bakal lebih dulu digelar pada 16 November 2023, diikuti pertandingan melawan Filipina lima hari berselang. 

Skuad racikan Shin Tae-yong berharap dapat meneruskan tren positifnya di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Maklum, Timnas Indonesia memang sudah digadang-gadang punya ambisi besar untuk tembus ke putaran final kompetisi sepak bola akbar internasional. 

Hanya saja yang jadi catatan, pasukan Merah Putih harus siap mengarungi jalan lebih terjal di putaran kedua kualifikasi. Pasalnya, negara-negara yang tergabung dalam Grup F notabene punya kualitas permainan tangguh, utamanya Irak serta Vietnam.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pelatih Timnas Indonesia Pantau Pemain dari Liga 1

Guna mempersiapkan tim jelang menyambut Kualifikasi Piala Dunia 2026, staf pelatih Timnas Indonesia saat ini sudah mulai melancarkan aksi pilih-pilih penggawa. 

Salah satu cara yang dilakukan Shin Tae-yong bersama jajarannya ialah dengan memantau pertandingan Liga 1 guna menemukan sosok potensial untuk  dipanggil memperkuat Skuad Garuda. 

"Ya, (kami) masih bisa melihat (pemain) di pertandingan-pertandingan (Liga 1) selanjutnya," ungkap asisten pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto saat ditemui awak media di Jakarta, Kamis (26/10/2023). 

"Kami tidak hanya melihat dari satu pertandingan saja, termasuk nanti di pertandingan pekan terakhir. Itu menjadi (ajang) pemantauan dari coaching staff untuk menentukan pemain yang akan dipakai melawan Irak nanti," sambung dia.

3 dari 4 halaman

Ada Potensi Perubahan Skuad Timnas Indonesia

Lebih lanjut, Nova Arianto juga tak menutup peluang adanya perubahan susunan skuad yang dilakukan staf pelatih jelang laga Timnas Indonesia melawan Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Nova mengeklaim strategi itu bisa saja digunakan apabila mempertimvangkan adanya sejumlah pemain yang tidak berada dalam kondisi baik usai menjalani kompetisi bersama klub masing-masing. 

"Lihat situasi di kompetisi, pemain yg akan kami panggil apakah dalam kondisi baik atau tidak. Yang tampil maksimal dalam kompetisi akan menjadi penilaian dari tim pelatih," papar Nova. 

"Semua pemain punya peluang dipanggil. Kami akan lihat kondisi semua pemain, apakah baik untuk lawan Irak dan Filipina," sambung asisten pelatih Timnas Indonesia.

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Putaran 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kamis, 16 November 2023

Irak vs Timnas Indonesia

 

Selasa, 21 November 2023

Filipina vs Timnas Indonesia

 

Kamis, 21 Maret 2024

Timnas Indonesia vs Vietnam

 

Selasa, 26 Maret 2024

Vietnam vs Timnas Indonesia

 

Kamis, 6 Juni 2024

Timnas Indonesia vs Irak

 

Selasa, 11 Juni 2023

Timnas Indonesia vs Filipina

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat