uefau17.com

Xavi Bantah Barcelona Bakal Pulangkan Pierre-Emerick Aubameyang - Bola

, Jakarta Manajer Barcelona Xavi Hernandez membantah kabar yang menyebut Blaugrana berniat memulangkan Pierre-Emerick Aubameyang ke Camp Nou.

Sekadar informasi, Aubameyang memang belakangan mulai dikaitkan dengan Barcelona. Eks pemain Arsenal itu konon tak bahagia berkarier di Stamford Bridge bersama Chelsea.

Padahal ia belum lama menghabiskan waktu dengan sang raksasa Liga Inggris, usai didatangkan dari Barca pada bursa transfer musim panas lalu.

Melansir laporan Metro, Xavi kala itu sebenarnya tak berencana menguangkan anak asuhnya. Aubameyang dipandang penting lantaran berhasil menyumbangkan gol yang membantu Blaugrana mengamankan tempat di Liga Champions.

Sayang situasi keuangan Barcelona sedang tidak baik. Kubu Catalan butuh dana tambahan. Alhasil, pihak klub memutuskan untuk menjual Aubameyang pada pengujung jendela transfer.

Kepindahan ke Chelsea sejatinya tak terlalu merugikan buat pemain berusia 33 tahun. Ia justru mendapat kesempatan reuni dengan Thomas Tuchel. Performa Aubameyang juga cukup menjanjikan di awal kedatangannya.

Metro mencatat mantan pemain Borussia Dortmund mampu melesakkan gol dalam tiga pertandingan berturut-turut bersama The Blues.

Malang, situasi itu  tak bertahan lama. Tuchel didepak dari Stamford Bridge lantaran gagal mengantar Chelsea tampil menjanjikan pada awal musim ini.

Graham Potter ditunjuk sebagai pengganti. Namun, penampilan Aubameyang malah turun drastis di bawah kepemimpinan manajer asal Inggris. Sang pemain juga tak terlalu menjadi kesayangan Potter selama menukangi The Blues.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diincar Klub Spanyol

Buntut dari situasinya yang kurang baik di Chelsea, Aubameyang mulai dihubung-hubungkan dengan kepindahan ke klub lain. Sejumlah tim Spanyol konon berminat menyewa pesepak bola yang pernah membela Borussia Dortmund itu.

Atletico Madrid menjadi salah satunya. Los Rojiblancos memang butuh suntikan pemain lantaran Joao Felix bakal dilepas dengan status pinjaman ke Chelsea.

Sekadar informasi, Felix ditargetkan menjalani karier enam bulan di Stamford Bridge. Pemilik The Blues Todd Boehly konon bersedia menyegel kesepakatan senilai 10 juta poundsterling, yang tidak termasuk opsi pembelian.

Adapun klub kedua yang digadang-gadang menaruh hati pada Aubameyang adalah Barcelona. Sang raksasa Catalan sempat dirumorkan tertarik mendatangkan kembali mantan pemainnya ke Camp Nou. Manajer Barca bahkan disebut sudah berkontak dengan Aubameyang.

3 dari 4 halaman

Komentar Xavi

Di tengah beredarnya kabar ini, Xavi pun angkat bicara. Eks juru taktik Al Sadd itu mengisyaratkan pihaknya tak bakal memboyong Aubameyang kembali ke Spanyol. Pasalnya, mereka enggan menambah komposisi skuad dalam beberapa minggu mendatang.

“Kami senang dengan skuad (Barcelona). Pada prinsipnya, tidak akan ada perubahan. Belum ada meeting (pertemuan terkait hal ini),” ujar Xavi, seperti dilansir dari Metro.

“Soal Depay? Kami tidak tahu apa-apa. Kami akan melihat yang terjadi. Saya sudah memberi tahu dewan bahwa saya akan senang jika skuad (Barcelona) tetap seperti ini,” sambungnya saat ditanya perihal Depay yang dirumorkan menjadi incaran MU.

4 dari 4 halaman

Regulasi Spanyol

Terlepas dari pendapat Xavi, Aubameyang memang nampaknya bakal sulit kembali ke Barcelona pada bursa transfer Januari. Sang pemain setidaknya harus menunggu hingga akhir musim agar bisa dipulangkan ke Camp Nou.

Melansir laporan Metro, La Liga memiliki regulasi yang berpotensi menghambat pergerakan Aubameyang dan Barca. Aturan tersebut melarang pemain didaftarkan dua kali oleh klub yang sama dalam satu musim.

“Pemain yang lisensinya dibatalkan tidak boleh memperoleh lisensi di tim yang sama dari klub yang sudah dikaitkan sebelumnya dalam satu musim,” bunyi pasal 141.5 peraturan Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), seperti dikutip dari Metro.

Kepindahan ke klub lain di luar Barcelona pun nyaris mustahil bagi Aubameyang. Jurnalis Fabrizio Romano mengeklaim aturan FIFA hanya mengizinkan seorang pemain berseragam maksimal dua klub dalam satu musim yang sama.

“Aubameyang tidak bisa bermain untuk klub selain Barcelona dan Chelsea akibat aturan FIFA. (Hal ini) 100 persen sudah dikonfirmasi,” tulis Romano melalui cuitannya di Twitter pada Rabu (11/1/2023) kemarin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat