uefau17.com

Barcelona Bakal Larang Turis Asing Sewa Apartemen Mulai 2028, Ini Alasannya - Global

, Barcelona - Barcelona, tujuan liburan utama Spanyol, mengumumkan pada Jumat ​(21/6/2024) akan melarang penyewaan apartemen bagi wisatawan pada tahun 2028. Ini merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan lonjakan biaya perumahan dan membuat kota tersebut layak huni bagi penduduknya.

Wali Kota sayap kiri kota itu, Jaume Collboni, mengatakan bahwa pada November 2028, Barcelona akan mencabut izin 10.101 apartemen yang saat ini disetujui untuk disewa dalam jangka pendek.

"Kami menghadapi apa yang kami yakini sebagai masalah terbesar Barcelona," kata Collboni pada acara pemerintah kota, seperti dilansir CNN, Rabu (26/6/2024).

"10.000 apartemen itu akan digunakan oleh penduduk kota atau akan dipasarkan untuk disewakan atau dijual," kata Collboni tentang tindakan tersebut.

Collboni mengatakan bahwa meningkatnya harga sewa jangka pendek di Barcelona, ​​kota yang paling banyak dikunjungi oleh turis asing di Spanyol, menyebabkan beberapa penduduk tidak mampu membeli apartemen setelah harga sewa naik 68 persen dalam 10 tahun terakhir dan biaya pembelian rumah naik 38 persen.

"Akses terhadap perumahan telah menjadi pendorong kesenjangan, khususnya bagi kaum muda," tambah Collboni. 

Pemerintah nasional menikmati manfaat ekonomi dari pariwisata. Namun, karena penduduk lokal tidak dihargai di beberapa tempat, gentrifikasi dan preferensi pemilik terhadap persewaan wisata yang menguntungkan semakin menjadi topik hangat di seluruh Eropa.

Pemerintah daerah telah mengumumkan pembatasan sewa jangka pendek di tempat-tempat populer seperti Kepulauan Canary, Lisbon, dan Berlin di Spanyol dalam dekade terakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Demi Akses Perumahan Terjangkau

Menteri Perumahan Sosialis Spanyol, Isabel Rodriguez, mengatakan dia mendukung keputusan tersebut.

"Ini tentang melakukan semua upaya yang diperlukan untuk menjamin akses terhadap perumahan yang terjangkau," tulisnya di X.

Platform penyewaan tempat tinggal Airbnb, yang menampung sejumlah besar listing di Barcelona, ​​​​tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait ini.

3 dari 3 halaman

Tanggapan Asosiasi Apartemen

Keputusan tersebut menuai tanggapan dari asosiasi apartemen. 

"Collboni membuat kesalahan yang akan menyebabkan (lebih tinggi) kemiskinan dan pengangguran," kata asosiasi apartemen wisata Barcelona, ​​APARTUR, dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa larangan tersebut akan memicu peningkatan apartemen wisata ilegal.

Di sisi lain, hotel-hotel akan mendapat manfaat dari langkah ini. Pembukaan hotel-hotel baru di kawasan paling populer di kota itu dilarang oleh partai sayap kiri yang memerintah Barcelona antara tahun 2015 dan 2023, namun Collboni telah mengisyaratkan bahwa ia dapat melonggarkan pembatasan tersebut.

Pemerintah daerah Barcelona mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka akan mempertahankan sistem inspeksi yang "kuat" untuk mendeteksi potensi apartemen wisata ilegal setelah larangan tersebut diberlakukan.

Tidak ada apartemen wisata baru yang diizinkan di kota ini dalam beberapa tahun terakhir. Pemerintah daerah telah memerintahkan penutupan 9.700 apartemen wisata ilegal sejak tahun 2016 dan hampir 3.500 apartemen telah dipulihkan untuk digunakan sebagai perumahan utama bagi penduduk setempat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat