uefau17.com

Fakta Menarik Kevin Sanjaya, Pebulu Tangkis yang Memiliki Banyak Penggemar - Bola

, Jakarta - Kevin Sanjaya Sukamuljo adalah salah satu pemain bulu tangkis ganda putra Indonesia bersama Marcus Fernaldi Gideon. Pria kelahiran 2 Agustus ini berhasil meraih berbagai prestasi bergengsi dan mendapatkan medali, seperti di Bulu tangkis ganda putra di Pesta Olahraga Asia 2018, Bulu tangkis ganda putra Asian Games 2018.

Nama Kevin Sanjaya sebenarnya sudah sering diperbincangkan sejak masih bersaing di level Junior U19. Salah satu prestasi nya pada saat itu adalah menjadi finalis World Junior Championship 2013 ganda campuran bersama Masita Mahmudin.

Selain dikenal sebagai pemain bulu tangkis Indonesia, ternyata atlet klub PB Djarum itu memiliki beberapa fakta menarik. Berikut fakta-fakta menarik Kevin Sanjaya yang dikutip dari berbagai sumber:

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Sempat Bermain Ganda Campuran

Sebelum bermain di ganda putra, pemain bulu tangkis yang memiliki julukan tangan petir itu pernah bermain di ganda campuran. Kevin juga sempat mengalami pergantian pasangan antara lain, Greysia Polii, Ni Ketut Mahadewi Istarani, Della Destiara Haris, dan Masita Mahmudin.

Ketika bermain bersama Greysia Polii, mereka mampu mengalahkan ganda campuran peringkat satu dunia, Zhang Nan/Zhao Yunlei pada 2014 lalu. Kemenangan ini membuat nama Kevin Sanjaya yang sebelumnya dianggap merupakan pemain lapis kedua langsung dikenal oleh publik.

3 dari 7 halaman

2. Memiliki Target Olimpiade Tokyo

Mendapatkan medali di Olimpiade Tokyo adalah target tertinggi dalam dunia bulu tangkis. Olimpiade ini menjadi sangat bergengsi karena digelar empat tahun sekali dan hanya pemain peringkat atas yang dapat mengikutinya.

Targetnya pun tercapai untuk bermain di Olimpiade Tokyo 2020, namun sayangnya The Minions gagal saat melawan wakil dari Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

4 dari 7 halaman

3. Dicurangi Wasit

Saat kejuaraan Asia di tahun 2013 lalu, Kevin mengalami kejadian yang tidak menyenangkan pada saat bermain di laga semifinal perorangan ganda putra, bersama pasangannya Arya Maulana. Ketika itu Kevin/Arya sedang melawan wakil Tiongkok Li Junhui/Liu Yuchen, sempat dicurangi wasit yang memimpin pertandingan. Terdapat empat kali servis mereka dinyatakan fault.

Pelatih Tiongkok juga mengatakan bahwa ada kesalahan wasit, sehingga Kevin/Arya harus mengakui kekalahan di pertandingan tersebut.

5 dari 7 halaman

4. Pemecah Rekor Poin BWF

The Minions adalah julukan bagi pasangan ganda putra Kevin/Marcus, mereka berhasil memecahkan rekor utama pada 2017 hingga saat ini. Pada 2017, Kevin/Marcus berhasil meraih tujuh gelar juara superseries. Kemudian di tahun berikutnya The Minions sukses meraih delapan gelar BWF World Tour dan membawa pulang satu medali emas Asian Games 2018.

Pencapaian itu membuat mereka berada di peringkat satu dunia ganda putra. Kevin/Marcus berhasil memecahkan rekor sebagai ganda putra pertama yang berhasil mengumpulkan poin di atas 100.000 dalam sejarah BWF.

6 dari 7 halaman

5. Memiliki Banyak Penggemar

Kevin Sanjaya dikenal tidak hanya sebatas prestasinya di lapangan, namun ia mampu memikat publik dengan wajahnya yang dianggap tampan.Saat ini Kevin Sanjaya digandrungi banyak penggemar, terutama para wanita, termasuk salah satu atlet putri Tiongkok, Wang Xinyuan. Pada saat Perhelatan kejuaraan Asia 2013, banyak yang ingin berfoto dengannya, termasuk Wang Xinyuan.

Selain Wang Xinyuan, empat pebulu tangkis cantik ini ternyata juga penggemar berat Kevin Sanjaya, di antaranya, Ng Weng Chi, Gronya Somerville, Gabrielle Adcock dan Ratchanok Intanon.

 

Penulis: Vania Dinda Marella

7 dari 7 halaman

Infografis Prestasi Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis BWF

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat