uefau17.com

Tol IKN Segmen SP Tempadung-Jembatan Pulau Balang Rampung Juni 2024 - Bisnis

, Jakarta PT Waskita Beton Precast Tbk dipercaya untuk menyuplai produk beton siap pakai (readymix) untuk beberapa ruas di proyek Jalan Tol IKN yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur sepanjang 74 km.

"WSBP menyuplai produk readymix untuk salah satu ruas jalan tol tersebut, yaitu Segmen SP Tempadung-Jembatan Pulau Balang, dari salah satu batching plant yang terletak di IKN," ujar Vice President of Corporate Secretary Waskita Beton Precast, Fandy Dewanto, Sabtu (27/4/2024).

Perseroan menyuplai sebanyak 23.866 m3 readymix yang terdiri atas beberapa tipe, yakni Fc 10, 20, 30, 35, dan 50. Readymix ini dikirimkan dari Batching Plant WSBP Tempadung menggunakan Truk Mixer.

Waskita Beton Precast sendiri telah mengantongi nilai kontrak baru Rp 41,48 miliar dari proyek ini. Hingga saat ini progres suplai Proyek Tol IKN Segmen SP Tempadung-Jembatan Pulau Balang telah mencapai 63 persen.

"Proyek ini ditargetkan selesai suplai pada bulan Juni 2024, sehingga dapat digunakan untuk mobilisasi masyarakat dari Kota Balikpapan yang akan menuju IKN," lanjut Fandy.

Untuk diketahui, keseluruhan jalan tol yang disuplai pembangunannya dengan produk WSBP memiliki panjang 40,67 km. Perseroan bertanggung jawab untuk menyuplai mulai dari Seksi 3A-2 Segmen Karangjoang-KKT Kariangau, Seksi 3B-2 Segmen KKT Kariangau-SP Tempadung, Seksi 5A Segmen SP Tempadung-Jembatan Pulau Balang, hingga Seksi 5B Segmen Jembatan Pulau Balang-SP Riko.

"Dengan adanya jalan tol ini, masyarakat pengguna dapat melakukan mobilisasi barang dan jasa secara efisien sehingga seluruh kegiatan dapat berjalan dengan lancar," pungkas Fandy.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bangun Konektivitas IKN, WSBP Suplai Spun Pile

PT Waskita Beton Precast Tbk terus dipercaya untuk berkontribusi dalam pembangunan mega proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara melalui suplai produk unggulannya. Selain proyek bangunan, WSBP juga menyuplai produk Precast terbaiknya untuk Proyek Jalan Tol IKN Seksi 3B-2 Segmen Kariangau-Sp. Tempadung.

WSBP menyuplai Spun Pile dari Precast Plant WSBP Karawang, Jawa Barat ke proyek ini sejak bulan Januari 2024 dengan menggunakan kapal tongkang. Adapun Spun Pile yang dikirimkan berjumlah 603 batang dengan spesifikasi diameter 800 middle dan panjang 6, 10, dan 12 meter.

"Precast Plant WSBP memiliki kapabilitas untuk mengirimkan produk-produk Precast unggulannya ke seluruh proyek yang dikerjakan dengan tetap memperhatikan prosedur pengiriman yang berlaku," ujar Fandy Dewanto, Vice President of Corporate Secretary WSBP, dalam keterangannya.

WSBP mengantongi Rp11,47 miliar untuk memproduksi dan mengirimkan produk Spun Pile ke Proyek Jalan Tol IKN Seksi 3B-2 Segmen Kariangau-Sp. Tempadung yang merupakan proyek milik WIKA-Waskita-Jakon-PP KSO.

“Hingga saat ini, WSBP telah menyelesaikan produksi Spun Pile dan pada April 2024 seluruh produk akan selesai dikirimkan,” lanjut Fandy.

Dengan dibangunnya Proyek Jalan Tol IKN Seksi 3B-2 Segmen Kariangau-Sp. Tempadung, WSBP berkontribusi untuk mendukung dan meningkatkan konektivitas wilayah Kalimantan Timur dalam menjangkau IKN Nusantara.

3 dari 3 halaman

Terus Berkontribusi

Sebagai informasi, WSBP memiliki dua Batching Plant untuk memproduksi Readymix yang juga disuplai ke proyek-proyek di IKN seperti Proyek Tol IKN Segmen SP. Tempadung - Jembatan Pulau Balang, Proyek Pembangunan IPAL KIPP IKN, Proyek Pembangunan Bangunan Gedung dan Kawasan Kementerian Koordinator 3, dan lain sebagainya.

“WSBP akan terus melihat berbagai peluang baru untuk berkontribusi meningkatkan mobilitas masyarakat, barang, dan jasa dalam rangka pertumbuhan dan perkembangan wilayah di Indonesia,” ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat