uefau17.com

Skuad Timnas Indonesia Jadi yang Termahal ke-11 di Asia, Thailand dan Malaysia Kalah Jauh - Bisnis

, Jakarta Skuad Timnas Indonesia tengah menjadi perbincangan dunia. Rentetan kemenangan di kancah Piala Asia dan Kualifikasi Piala Dunia 2026 menjadikan peringkat FIFA Timnas Indonesia melejit.

Meningkatnya kekuatan Timnas Indonesia ini bahkan membuat musuh bebuyutan yaitu Timnas Vietnam tak berkutik lagi tiao kali melawan Indonesia.

Sebut saja Thom Haye, Jay Idzes dan sejumlah pemain naturalisasi lainnya menjadi salah satu kekuatan baru Timnas Indonesia. Maklum saja, mereka semua selama ini bermain di kancah sepak bola eropa.

Kekuatan Timnas Indonesia yang baru kali ini menjadikan skuad Garuda menduduki peringkat ke-11 di Asia sebagai skuad yang memiliki pasaran pemain termahal.

Dikutip dari data Transfermarkt, Selasa (2/4/2024), harga pasaran Timnas Indonesia mencapai Rp 222 miliar.

Nilai pasaran Timnas Indonesia unggul jauh dari negara tetangga seperti Thailand di peringkat 15 dengan nilai pasar Rp 174 miliar dan Malaysia yang berada di peringkat 20 dengan nilai pasar Rp 117 miliar.

Nilai pasar Indonesia kalah tipis dibanding Timnas Yordania yang berada di peringkat 10 dengan nilai pasar Rp 292 miliar.

Skuad termahal di Asia masih diduduki oleh Timnas Jepang dengan nilai pasar mencapai Rp 5,5 triliun. Disusul Korea Selatan di peringkat ke-2 dengan nilai pasar Rp 3,3 triliun.

Berikut daftar Skuad Termahal di Asia

  1. Jepang - Rp 5,5 triliun
  2. Korea Selatan - Rp 3,3 triliun
  3. Iran - Rp 893 miliar
  4. Australia - Rp 712 miliar
  5. UEA - Rp 565 miliar
  6. Uzbekistan - Rp 471 miliar
  7. Arab Saudi - Rp 410 miliar
  8. Qatar - Rp 325 miliar
  9. Suriah - Rp 294 miliar
  10. Yordania - Rp 292 miliar
  11. Indonesia - Rp 222 miliar
  12. Irak - Rp 218 miliar
  13. China - Rp 191 miliar
  14. Bahrain - Rp 174 miliar
  15. Thailand - Rp 174 miliar
  16. Oman - Rp 157 miliar
  17. Tajikistan - Rp 145 miliar
  18. Lebanon - Rp 132 miliar
  19. Palestina - Rp 122 miliar
  20. Malaysia - Rp 117 miliar

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jersey Timnas Indonesia akan Dirombak dan Diganti Desain baru oleh Erspo

Hujatan warganet akan desain jersey baru timnas Indonesia buatan sponsor apparel anyar, Erspo, membuahkan hasil. Erspo menyatakan akan mengganti jersey timnas Indonesia, namun baru akan diluncurkan pada Agustus nanti.

Seperti diketahui jersey baru timnas Indonesia diluncurkan pada 18 Maret 2024. Erspo terpilih menyediakan perlengkapan tanding timnas menggantikan Mills yang sudah habis kontrak dengan PSSI.

Erspo langsung memperkenalkan jersey tanding home and away serta latihan. Jersey home berwarna merah-merah, sedangkan away putih-putih. Kostum tanding ini langsung dipakai timnas Indonesia pada dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Vietnam.

ntuk jersey home, Erspo membuat jersey yang terinspirasi kesuksesan timnas Indonesia saat mengalahkan Jepang tahun 1981. Namun jersey baru ini mendapat respons negatif di media sosial. Banyak yang mencibir desainnya. Bahkan ada yang menilainya mirip persis dengan jersey timnas Singapura atau seragam olahraga anak SD.

Erspo lantas menanggapi berbagai kritik itu dengan berjanji untuk bekerja sama dengan berbagai pihak dan mengeluarkan desain anyar pada pertengahan 2024.

“Kami menyampaikan terima kasih atas seluruh kritik dan masukan yang diberikan, khususnya dari para penggemar sepak bola di tanah air. Karena itu, untuk desain berikutnya yang rencananya akan mulai diluncurkan pada pertengahan tahun ini, Erspo siap menjalin kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan sepak bola agar apparel resmi timnas Indonesia semakin baik dan terus menjadi kebanggaan kita semua,” kata CEO sekaligus pendiri Erspo Muhammad Sadad, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima pewarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat