uefau17.com

Intip Tips Merawat Berlian dari Chelsea Islan - Bisnis

, Jakarta - Jajaki bisnis perhiasan sebagai Co Founder Sol et Terre, Chelsea Islan membagikan tips untuk merawat berlian agar keindahannya tetap terjaga. Menurut Chelsea salah satu tipsnya adalah dengan membersihkan berlian. 

“Di Sol et Terre sendiri, kami menawarkan untuk cuci, jadi kita bisa membersihkan karena kan memang harus dirawat, tidak bisa hanya ditinggalkan aja. Jika terlalu lama ditaruh di tempat tertutup juga tidak bisa bersinar seperti seharusnya dan bisa kotor serta berdebu,” kata Chelsea dalam acara  Money Buzz, Selasa (28/11/2023).

Chelsea menambahkan, ada beberapa bagian dalam berlian yang sulit untuk dibersihkan sendiri. Sehingga, Sol et Terre memberikan jasa pembersihan berlian

"Jadi sebenarnya dari kami sendiri menawarkan itu, jadi bisa kapanpun balik secara lifetime untuk membersihkan berlian,” lanjut Chelsea.

Chelsea,menjajaki bisnis berlian Sol et Terre, bersama salah satu desainer perhiasan, Veronica Pranata pada Oktober 2023. Perusahaan ini berfokus pada berlian dengan jenis Lab Grown atau berlian yang dihasilkan dari laboratorium. 

Berlian Lab Grown menjadi salah satu terobosan dan alternatif dari berlian hasil tambang karena lebih ramah lingkungan. Dibandingkan dengan berlian hasil tambang, yang menurut Chelsea prosesnya memiliki dampak buruk bagi ekosistem dan menghancurkan lingkungan. 

Perbedaan berlian Lab Grown dengan berlian hasil pertambangan yang di mana menurutnya lebih banyak kesamaan dibandingkan perbedaan. Secara visual berlian Lab Grown mirip dengan berlian hasil tambang, yang membedakan hanya asalnya. 

Berlian hasil tambang didapat dari proses pertambangan, sedangkan berlian Lab Grown dibuat di laboratorium. Kandungan kimia dari berlian Lab Grown juga sama dengan berlian hasil tambang. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Chelsea Islan Jajaki Bisnis Berlian Ramah Lingkungan

Sebelumnya diberitakan,  Chelsea Islan menjajaki bisnis berlian lab grown, Sol et Terre, bersama salah satu desainer perhiasan, Veronica Pranata pada Oktober 2023.  Perusahaan ini fokus pada berlian dengan jenis Lab Grown atau berlian yang dihasilkan dari laboratorium.

Chelsea mengungkapkan alasan dirinya jajaki industri perhiasan adalah ingin membuat sesuatu yang baru yang memang belum banyak diketahui di Indonesia yaitu tentang Lab Grown Diamond. 

"Ketika membuat ini, kita percaya bisa menjadi masa depan dan solusi untuk krisis iklim, untuk perubahan semua yang saat ini sedang terjadi yaitu polusi, pemanasan global. Ini adalah salah satu bentuk di mana kita bisa berkontribusi. Jadi sebagai anak muda, kita bisa berkomitmen untuk melestarikan lingkungan kita," kata Chelsea Islan dalam acara  Money Buzz, Selasa (28/11/2023).

Chelsea menuturkan, berlian Lab Grown menjadi salah satu terobosan dan alternatif dari berlian hasil tambang karena lebih ramah lingkungan. Dalam pertambangan berlian prosesnya memiliki dampak buruk bagi ekosistem dan menghancurkan lingkungan. 

"Yang lebih parah adalah child labor ketika anak kecil yang dipaksa untuk bekerja dalam pertambangan jadi di situ memang terjadi di Rwanda, Afrika, India bahkan sampai detik ini masih terjadi," ujar Chelsea.

Chelsea menambahkan anak-anak yang bekerja di pertambangan ini dipotong jarinya dan akan diberi hukuman jika ketahuan mencuri berlian hasil pertambangan. Menurut Chelsea, industri pertambangan tidak seharusnya seperti itu. 

"Industri pertambangan harusnya tidak memperlakukan manusia seperti demikian rupa. Selain juga merusak dan menghancurkan banyak sekali. Berapa hektar yang sudah dikeruk untuk pertambangan itu yang bisa menjadi rumah untuk para hewan para keanekaragaman hayati," pungkasnya. 

 

3 dari 3 halaman

Mengenal Bisnis Berlian Ramah Lingkungan Milik Chelsea Islan

Sebelumnya diberitakan, salah satu Co Founder Sol et Terre Sustainable Jewelry, Veronica Pranata membagikan target pasar perusahaan perhiasannya yang baru didirikan pada Oktober 2023. Perusahaan ini fokus pada berlian dengan jenis Lab Grown atau berlian yang dihasilkan dari laboratorium.

Veronica menjelaskan, umumnya wanita akan mendapat berlian saat kecil dari orangtuanya, setelah itu akan mendapatkan berlian ketika menikah. 

Setelah menikah, umumnya wanita tidak akan membeli berlian hingga pada kisaran umur 50 tahun ketika mereka mempunyai cukup uang untuk berinvestasi pada diri sendiri dengan membeli berlian untuk kesenangan diri. 

"Selama tahun-tahun itu mereka tidak membeli berlian, bukannya mereka tidak mau cantik tetapi harga berlian yang tidak masuk akal. Jadi kita hadir untuk menyasar wanita pada umur-umur tersebut,” kata Veronica  dalam acara  Money Buzz, Selasa (28/11/2023).

Perusahaan ini merupakan kerja sama Veronica  bersama selebritas ternama Indonesia, Chelsea Islan. Pada kesempatan yang sama, Chelsea menjelaskan berlian Lab Grown menjadi salah satu terobosan dan alternatif dari berlian hasil tambang karena lebih ramah lingkungan. Dalam pertambangan berlian prosesnya memiliki dampak buruk bagi ekosistem dan menghancurkan lingkungan. 

Perbedaan berlian Lab Grown dengan berlian hasil pertambangan yang di mana menurut dia lebih banyak kesamaan dibandingkan perbedaan. Secara visual berlian Lab Grown mirip dengan berlian hasil tambang, yang membedakan hanya asalnya. 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat