uefau17.com

Erick Thohir: 3 Hari Lalu Saya Ngobrol dengan Dirut BSI Soal IT, Eh Tiba-tiba Terjadi Serangan - Bisnis

, Jakarta - Layanan perbankan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengalami kendala sejak Senin 8 Mei 2023. Menteri BUMN Erick Thohir mengakui kalau ada serangan siber yang masuk ke sistem BSI.

Kendati begitu, Erick Thohir ingin memastikan lebih jauh mengenai penyebab dari laporan BSI error tersebut. Utamanya mengenai kesiapan sistem dalam layanan BSI kepada nasabah.

"Laporannya seperti itu. Tapi kan kembali lebih baik kita cek jangan sampai dibilang serangan, tapi awalanya tidak siap. Tetapi kemarin saya sudah cek dengan tim kami memang ada serangan seperti itu," ujar Erick Thohir di Labuan Bajo, Rabu (10/5/2023).

Erick Thohir mengatakan, BSI saat ini tengah memulihkan sistem layanan. Menurutnya, itu jadi respons BSI setelah diketahui ada kendalan dalam sistemnya.

"Apa yang dilakukan BSI kemarin memang dalam transisi perbaikan sistem daripada tentu IT-nya, tapi juga ada serangan, saya bukan ahlinya disebutin three point apalah itu, sehingga mereka down hampir satu hari kalau tidak salah," ungkapnya.

"Tapi saya tahu, saya pantau, pak Dirut dan timnya ada di sana dan terbukti kemarin pagi apa sore kalau nggak salah, itu sistem ATM-nya mulai jalan," sambung Erick.

Untuk diketahui, sejumlah layanan BSI mulai berangsur pulih mulai Selasa 9 Mei 2023. Mulai dari sistem transaksi melalui ATM Bersama dan ATM BSI sendiri. Namun, nasabah mengakui masih menemukan sejumlah kendala dalam menggunakan aplikasi BSI Mobile.

Bahas Penguatan IT

Pada kesempatan itu, Erick Thohir mengaku sebelumnya sempat berbincang dengan Direktur Utama BSI Hery Gunardi. Salah satu bahasannya mengenai penguatan sistem teknologi informasi atau IT.

"Sebenarnya Dirut BSI baru saja ketemu saya 3 hari lalu, salah satunya diskusi mengenai IT ini, beliau yg membawa isu. Eh tiba-tiba terjadi (serangan sistem IT), ya memang sudah jalannya," kata dia.

Dia menyebut, perbaikan sistem IT jadi satu bagian yang tak terlepaskan dalam proses transformasi BSI.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebagian Layanan Pulih

Diberitakan sebelumnya, layanan Bank Syariah Indonesia (BSI) mengalami gangguan dalam beberapa waktu terakhir. Pihak BSI mengklaim sebagian layanan sudah mulai bisa digunakan kembali per Rabu, 10 Mei 2023 ini.

Sebelumnya, sejumlah nasabah mengeluhkan layanan BSI error untuk beberapa jenis layanan. Mulai dari transaksi antarbank, transaksi di ATM, hingga layanan di aplikasi BSI Mobile juga ikut error.

Melalui keterangan resminya, Corporate Secretary BSI Gunawan Arief Hartoyo mengatakan layanan transaksi antar bank tersebut telah dapat digunakan seluruh nasabah pada pukul 09.00 WIB. Diantaranya, layanan melalui jaringan ATM Bersama, Jalin, PRIMA, Mandiri H2H dan Visa.

“Alhamdulillah, layanan-layanan BSI secara bertahap sudah dapat beroperasi dengan normal Kembali sehingga nasabah bisa melakukan transaksi keuangan di jariangan BSI,” kata Gunawan dikutip Rabu (10/5/2023).

Sebelumnya, BSI juga mengumumkan bahwa layanan perbankan BSI sudah pulih secara bertahap dan nasabah dapat bertransaksi kembali di kantor cabang dan ATM.

"Perseroan pun berkomitmen untuk terus memulihkan layanan perbankan seceptnya agar nasabah dapat Kembali melakukan transaksi keuangan dengan nyaman dan aman," ungkapnya.

Menurut pantauan , hingga Rabu (10/5/2023) pagi, sekitar pukul 10.00 WIB, layanan transaksi di BSI Mobile masih belum bisa digunakan. Kendati, untuk masih ke aplikasi sudah busa dilakukan.

 

3 dari 3 halaman

Mulai Pulih

Diberitakan sebelumnya, Bank Syariah Indonesia atau BSI sempat mengalami gangguan yang mengakibatkan sejumlah nasabah kesulitan untuk melakukan transaksi. Melalui media sosial Twitter, sejumlah pengguna mengeluhkan gangguan tersebut karena menghambat aktivitas.

Adapun pihak BSImengonfirmasi bahwa tengah melakukan perbaikan sistem pada Senin (8/5/2023). Pihak BSI meminta maaf kepada para nasabah karena terhambat untuk melakukan transaksi.

"Kami sampaikan saat ini BSI tengah melakukan maintenance system dan akan kembali ke kondisi normal secepatnya. Kami menyampaikan permohonan maaf kepada nasabah atas ketidaknyamanannya dalam melakukan transaksi keuangan pada hari ini," tulis keterangan akun @bankbsi_id dikutip Selasa (9/5/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat