uefau17.com

Membandingkan Diri dengan Rekan Kerja Bisa Toxic, Begini Tips Keluar dari Zona Bahaya Itu - Bisnis

, Jakarta Cepatnya rekan kerja mendapat promosi terkadang seringkali menjadi faktor membanding-bandingkan diri. Secara tidak langsung itu bisa berbahaya dan menjadi toxic atau beracun.

Seperti kisah Chris Capossela ketika bergabung dengan Microsoft pada tahun 1991, salah satu hal pertama yang dia perhatikan adalah seberapa cepat rekan kerjanya dipromosikan daripada dia.

Pada awalnya, dia mengabaikan berita tentang promosi. Saat itu dia adalah seorang manajer pemasaran, sementara teman kerjanya adalah insinyur dan perancang produk, dan tim mereka bekerja dengan kecepatan yang berbeda.

Kemudian dia berganti pekerjaan dalam waktu satu tahun, menjadi manajer produk di tim produk database desktop Microsoft, tetapi langkah lateral tidak menenangkan rasa gelisah yang mendalam dan sindrom penipu yang mulai merayap masuk.

“Saya melihat teman sekamar saya, yang juga bekerja di Microsoft, ditawari pekerjaan dan promosi bergaji lebih tinggi lebih cepat dari saya dan itu membuat saya bertanya-tanya, ‘Astaga, apakah saya melakukan sesuatu yang salah?’” katanya dilansir dari CNBC, Kamis (6/10/2022).

Namun, dia memutuskan untuk mengejar pekerjaan di Microsoft sesuai apa yang dia suka, bahkan rela bila mendapatkan gaji yang lebih besar atau jabatan yang lebih senior.

Selama berjalan hampir 31 tahun dengan beberapa pergantian pekerjaan, Capossela yang kini berusia 53 tahun menjadi kepala pemasaran Microsoft. Dia tidak akan berhasil sampai ke C-Suite, katanya, tanpa terlebih dahulu belajar bagaimana melawan sindrom penipu dan membiarkan gairah, bukan daya saing atau harapan orang lain, membimbing kariernya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Membandingkan Diri di Tempat Kerja Itu Toxic

Salah satu pelajaran terpenting yang telah dipelajari Capossela dalam kariernya di Microsoft adalah bahwa tidak ada jalan yang jelas menuju kesuksesan.

“Anda akan bergerak dengan kecepatan yang berbeda dari orang ke kiri dan ke kanan Anda, tetapi jika Anda menghabiskan seluruh waktu Anda melihat ke kiri dan ke kanan dan membandingkan diri Anda dengan kelompok sebaya Anda, Anda akan kehilangan kesempatan. karir organik yang hebat yang kaya dan penuh pembelajaran,” katanya. “Sangat beracun dan berbahaya untuk melakukan itu.”

Langkah karier lateral bisa sama berharganya dengan kemajuan vertikal, tambahnya.

Dia bercerita, “Saya tidak pernah menjadi orang yang memiliki rencana lima tahun atau 10 tahun … ketika saya pertama kali mulai di Microsoft, saya hanya mengikuti naluri saya dan mengambil pekerjaan keren yang memenuhi syarat untuk saya. Tetapi dalam jangka panjang, gerakan lateral dan mengambil posisi di tim yang berbeda benar-benar dapat membuahkan hasil karena itu memberi Anda perspektif yang lebih luas tentang industri atau perusahaan Anda yang akan membuat Anda menjadi pekerja yang lebih berharga di masa depan.”

Anda tidak perlu berganti pekerjaan untuk mendapatkan keuntungan dari perpindahan karier sampingan. Baik itu menunjukkan minat pada apa yang dilakukan tim lain dalam organisasi, mempelajari tanggung jawab pekerjaan yang berbeda, dan bersedia mengambil peluang di luar lingkup sempit dari apa yang ada pada diri Anda.

Deskripsi peran hingga jumlah yang dapat Anda kelola adalah cara yang bagus untuk menantang diri sendiri dan memposisikan diri untuk langkah selanjutnya dalam karier, menurut Capossela.

 

3 dari 3 halaman

Dengan Semangat Bisa Kerja Maksimal

Orang-orang paling sukses tidak terpaku pada lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mencapai gelar tertentu, kata Capossela.

“Jangan jatuh ke dalam perangkap berpikir, ‘Jika saya bukan seorang manajer dalam 10 tahun, saya gagal’ atau tonggak yang berbeda,” katanya.

“Saya tidak menemukan bahwa orang-orang yang memiliki karier panjang yang mereka senangi berpikir seperti itu … sebaliknya, mereka fokus pada bagaimana mereka dapat menambah nilai bagi tim mereka hari ini dan bagaimana mereka dapat belajar dan tumbuh dalam peran mereka saat ini,” sambungnya.

Tidak ada rahasia untuk naik tangga karier perusahaan, tetapi Capossela menekankan bahwa Anda akan lebih percaya diri dan sukses di tempat kerja jika Anda menyelaraskan pengejaran profesional dengan hasrat Anda.

“Anda akan melakukan pekerjaan terbaik Anda ketika Anda paling bersemangat tentang hal itu dan tidak menghabiskan seluruh energi Anda mempertanyakan apakah pekerjaan itu akan menguntungkan lintasan karir Anda dalam jangka panjang dan apa yang orang lain lakukan,” katanya.

“Saran nomor satu saya adalah untuk selalu mengambil pekerjaan yang paling Anda sukai, karena di situlah Anda akan menjadi yang terbaik, dan ketika orang lain melihat Anda dalam kondisi terbaik, kemungkinan besar akan mengarah pada peluang besar lainnya,” ujarnya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat