uefau17.com

Microsoft Rilis Xbox Series X dan Series S Model Baru, Ada Kapasitas 2TB - Tekno

, Jakarta - Microsoft baru saja memperkenalkan carian baru dari konsol game andalannya, Xbox Series X dan Series S. Mereka menghadirkan model penyimpanan baru hingga versi teranyar dari Xbox Series X.

Di acara Xbox Games Showcase, perusahaan meluncurkan beberapa judul game baru yang akan datang bersamaan dengan perkenalan varian Xbox baru.

Mengutip laporan Gizchina, Kamis (13/6/2024), Microsoft mengumumkan tiga konfigurasi konsol Xbox Series X/S baru yang akan hadir pada musim liburan mendatang.

Varian pertama yang diperkenalkan adalah Xbox Series X dengan penyimpanan 2TB. Pengumuman tersebut sontak jadi perhatian banyak pengguna. Penyimpanan baru ini menghadirkan kapasitas lebih lega untuk menyimpan lebih banyak judul game.

Xbox Series X 2TB juga akan hadir dalam versi Galaxy Black Limited Edition. Seri baru ini memiliki desain titik-titik kecil yang mengilustrasikan bintang di angkasa, beserta warna hijau di bagian stand dan sisi bawah controller.

Model 2TB dan warna Galaxy Black Xbox Series X akan dibanderol dengan harga USD 599 (sekitar Rp 9,7 juta) di AS.

Selain itu, Microsoft memperkenalkan Xbox Series X Digital Edition. Seri ini tidak hadir dengan pembaca CD Blu-Ray, sehingga pengguna perlu mengunduh game agar dapat bermain di konsol itu.

Xbox Series X Digital Edition akan hadir dengan penyimpanan 1TB dan warna Robot White yang menyelimuti sekeliling bodi konsol ini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Xbox Series S 1TB Juga Dirilis

Tak hanya varian baru Series X, Microsoft juga memperkenalkan Xbox Series S dengan kapasitas baru 1TB. Ini menjadi opsi menarik bagi pengguna yang ingin merasakan pengalaman konsol terbaru di harga lebih terjangkau.

Xbox Series S 1TB menawarkan varian “Robot White” dari Seri S, dengan desain serba putih yang bersih. Varian ini akan rilis dengan harga USD 349 (sekitar Rp 5,7 juta).

3 dari 4 halaman

Xbox Handheld Segera Hadir?

Sementara itu, Microsoft dilaporkan akan segera mengonfirmasi kehadiran konsol handheld Xbox pada Juni 2024. Informasi ini diketahui dari seorang leaker kenaaman asal Spanyol, eXtas1s.

Mengutip informasi dari Game Rant, Kamis (6/6/2024), berdasarkan bocoran, Microsoft dikabarkan akan memberikan konfirmasi soal konsol handheld Xbox pertama mereka dalam waktu dekat. Kabarnya, teaser perangkat ini akan diungkap di event Xbox Games Showcase yang digelar pada 9 Juni 2024.

Meski belum ada informasi resmi, rumor ini mengindindasikan kalau konsol handheld ini tidak akan menjadi bagian dari jajaran Xbox generasi berikutnya. Sebab, generasi terbaru dari konsol besutan Microsoft itu diperkirakan baru akan hadir pada 2028.

Untuk diketahui, rumor seputar konsol handheld Microsoft ini sudah beredar sejak awal 2024. Namun, banyak dari bocoran ketika itu menyebut kalau perangkat ini akan menjadi bagian dari konsol generasi Xbox terbaru, bukan hadir sebagai perangkat mandiri seperti laporan terkini.

Di sisi lain, CEO Microsoft Gaming Phil Spencer juga sempat memicu rumor soal konsol handheld Xbox di media sosial. Terlebih, laporan lain juga menyebut kalau Microsoft tengah bertransisi.

Perusahaan asal Amerika Serikat itu dilaporkan kini dalam proses transisi menuju 'every screen is an Xbox'. Dengan kata lain, konsol portabel Xbox ini akan merupakan bagian dari perubahan strategi tersebut.

4 dari 4 halaman

Microsoft Mulai Uji Coba Chatbot AI di Xbox

Tak hanya menghadirkan perangkat dengan spesifikasi gahar, Xbox juga akan mengimplemantasi teknologi terkini, salah satunya adalah penerapan kecerdasan buatan (AI).

Micorsoft sedang menguji coba fitur Virtual Agent untuk dukungan pelanggan Xbox. Layanan dukungan berbasis AI ini akan hadir sebagai karakter animasi virtual.

"Kami sedang menguji Agen Virtual Dukungan Xbox, purwarupa internal karakter animasi yang dapat dihubungi untuk menanyakan topik Dukungan Xbox, baik dengan suara atau teks," ucap Haiyan Zhang, General Manager Gaming AI di Xbox, sebagaimana dikutip CNET, Jumat (5/4/2024).

Microsoft menambahkan, karakter animasi tersebut akan mengambil informasi dari halaman Dukungan Xbox yang ada. Kemudian, ia akan memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan pemain.

Chatbot AI ini juga disebut dapat dapat memproses pengembalian dana untuk game yang dibeli. Kendati demikian, Microsoft belum mengumumkan kapan layanan ini akan diluncurkan. 

Langkah ini menandai taktik Microsoft memasukkan AI ke dalam produknya. Sebelumnya, Microsoft menambahkan kemampuan AI di mesin pencari Bing dan produk Office miliknya, berkat investasi dan kemitraannya dengan OpenAI.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat