uefau17.com

Intip Deretan Saham Unggulan di Portfolio Bill Gates - Saham

, Jakarta Meski memegang posisi di banyak perusahaan, miliarder Bill Gates hanya lima yang mewakili sebagian besar portofolionya. Sementara beberapa miliarder lebih suka menghindari sorotan, Bill Gates memiliki pandangan yang berbeda.

Gates sendiri banyak dikenal sebagai sebagai salah satu pendiri dan mantan CEO Microsoft. Dia saat ini memiliki kekayaan sekitar USD 131 miliar, menjadikannya orang terkaya kesembilan di dunia menurut Forbes. Namun, dalam perjanjian yang dibuat dengan Warren Buffett, Gates menandatangani The Giving Pledge dan mengatakan bahwa dia akhirnya berencana untuk menyumbangkan hampir seluruh kekayaannya untuk tujuan amal.

Bill & Melinda Gates Foundation yang segera menjadi The Gates Foundation, adalah wadah yang diciptakan untuk mendukung usaha amal tersebut. Tujuannya, yakni untuk menciptakan dunia di mana setiap orang mempunyai kesempatan untuk menjalani kehidupan yang sehat dan produktif.

Untuk mencapai tujuan tersebut, yayasan ini telah mengeluarkan hampir USD 54 miliar sejak 2000, dalam upayanya untuk mengatasi masalah yang paling sulit dan paling penting, termasuk penyakit dan kemiskinan di seluruh dunia.

Perwalian yayasan ini memiliki saham di lusinan perusahaan dalam portofolionya. Melansir The Motley Fool, Selasa (18/6/2024), sebagian besar atau 87% portfolio yayasan tersebut hanya terdiri dari lima saham ini:

1. Microsoft 35%

Gates Foundation memiliki sekitar 36,5 juta saham senilai USD 15,47 miliar. Gates Foundation mengantongi pendapatan dari dividen yang telah dibayarkan Microsoft secara konsisten sejak 2004 sekaligus meningkatkan pembayarannya setiap tahun sejak 2011. Selain itu, rasio pembayarannya yang saat ini kurang dari 25%, menjadi sinyal adanya banyak ruang untuk pertumbuhan dividen di tahun-tahun mendatang.

2. Berkshire Hathaway 16%

Kepemilikan terbesar kedua adalah pada saham Berkshire Hathaway, sebagian besar berkat janji CEO miliarder Warren Buffett untuk menyumbangkan kekayaannya yang besar untuk amal. Dalam 16 tahun yang berakhir pada tahun 2022, kontribusi Buffett berjumlah USD 36 miliar. Hasilnya, Gates Foundation saat ini memiliki lebih dari 17,3 juta saham Berkshire dengan nilai hampir USD 7,1 miliar.

Bisnis Berkshire Hathaway yang mencakup 67 anak perusahaan dan kepemilikan saham di lebih dari tiga lusin perusahaan lainnya, memberikan diversifikasi instan, yang menjadikannya sarana investasi yang menarik hingga dana dibutuhkan. Tahun lalu, Berkshire menghasilkan pendapatan yang tumbuh 20% yoy menjadi USD 364 miliar dan laba bersih USD 97 miliar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Waste Management 16%

Kesamaan lain yang dimiliki Buffett dan Gates adalah apresiasi terhadap perusahaan-perusahaan dengan bisnis yang berulang dan dapat diprediksi, dan Waste Management adalah pilihannya. Mengamini peribahasa yang mengatakan sampah satu orang adalah harta bagi orang lain, mungkin menjadi alasan mengapa Gates Trust memiliki lebih dari 35,2 juta saham senilai USD 7,1 miliar.

Pengumpulan sampah dan daur ulang adalah andalan bisnisnya, yang terus berlanjut terlepas dari kondisi perekonomian. Hal ini membantu perusahaan mencapai hasil yang kuat dan margin yang lebih tinggi meskipun terjadi penurunan baru-baru ini.

Waste Management juga ingin diperluas. Perusahaan baru-baru ini mengumumkan niatnya untuk mengakuisisi penyedia layanan limbah medis Stericycle senilai USD 7,2 miliar. Hal ini akan membantu perusahaan memperluas jangkauannya dalam solusi lingkungan.

Dividen yang solid dari perusahaan ini juga dapat diandalkan. Waste Management telah meningkatkan rasio pembayarannya selama 15 tahun berturut-turut, dengan hasil saat ini sebesar 1,5%. Dan dengan rasio pembayaran kurang dari 47%, terdapat banyak ruang bagi peningkatan tersebut untuk terus berlanjut.

 

3 dari 4 halaman

4. Kereta Api Nasional Kanada (Canadian National Railway) 15%

Gates dan Buffett juga sama-sama mengapresiasi jalur kereta api. Ketika Berkshire Hathaway mengakuisisi Burlington Northern Santa Fe pada tahun 2009, Buffett mengatakan bahwa kereta api mengangkut barang dengan cara yang sangat hemat biaya, ramah lingkungan, dan melepaskan polutan yang jauh lebih sedikit ke atmosfer.

Mengingat hubungan jangka panjang dan pandangan serupa, tidak mengherankan jika Gates Trust memiliki 54,8 juta saham Canadian National Railway (CNI 0,11%) senilai hampir USD 6,97 miliar.

Canadian National memiliki keunggulan sebagai satu-satunya jalur kereta api lintas benua di Amerika Utara yang menghubungkan Pantai Pasifik, Pantai Atlantik, dan Teluk Meksiko. Selain itu, jalur kereta api empat kali lebih hemat bahan bakar dibandingkan truk jalan raya, sehingga mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 75%.

Meskipun ada kelemahan baru-baru ini, membaiknya perekonomian dan peningkatan volume lalu lintas kereta api menjadi pertanda baik bagi keberhasilan jangka panjang perusahaan. Perusahaan juga membayar dividen dengan rekam jejak yang solid dan konsisten sejak 2011. Saat ini imbal hasil yang dimilikinya sebesar 1,9% dengan rasio pembayarannya sebesar 38%, merupakan definisi berkelanjutan dengan potensi keuntungan yang besar.

 

4 dari 4 halaman

5. Caterpillar 5%

Sebagai penyedia peralatan konstruksi dan pertambangan terkemuka di dunia, Caterpillar telah terbebani dalam beberapa bulan terakhir oleh ketidakpastian perekonomian. Namun kekuatan perseroan terletak pada keberagaman lini bisnisnya, yang juga mencakup turbin gas industri, lokomotif diesel-listrik, serta mesin diesel dan gas alam. Gates Trust memiliki lebih dari 7,3 juta saham senilai lebih dari USD 2,4 miliar.

Meskipun penjualan Caterpillar saat ini stabil dari tahun ke tahun, pengendalian biaya meningkatkan margin, membantu meningkatkan profitabilitasnya.

Caterpillar juga menjanjikan dividen yang menarik, membantu meningkatkan imbal hasil Gates Foundation. Perusahaan telah membayar dividen setiap tahun sejak didirikan pada 1925, pembayaran kuartalan setiap tahun sejak tahun 1933, dan meningkat setiap tahun selama 30 tahun ke belakang. Dividen tersebut memiliki imbal hasil saat ini sebesar 1,6%, dan dengan rasio pembayaran hanya 23%, terdapat banyak peluang untuk kenaikan lebih lanjut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat