uefau17.com

Nvidia Geser Microsoft, Kini Jadi Perusahaan Paling Berharga di Dunia - Saham

, Jakarta - Nvidia kini menjadi perusahaan paling berharga di dunia. Kenaikan harga saham Nvidia pada perdagangan Selasa, 18 Juni 2024 telah mengangkat kapitalisasi pasarnya hingga lewati Microsoft.

Mengutip CNBC, Rabu (19/6/2024), harga saham Nvidia naik 3,51 persen ke posisi USD 135,58. Kenaikan harga saham Nvidia mendorong kapitalisasi pasar perusahaan menjadi USD 3,34 triliun melampaui Microsoft yang kini bernilai USD 3,32 triliun. Di sisi lain, saham Apple turun 1,1 persen sehingga kapitalisasi pasar saham produsen iPhone tercatat USD 3,29 triliun.

Awal Juni 2024, kapitalisasi pasar saham Nvidia mencapai USD 3 triliun untuk pertama kalinya, dan melampaui Apple. Saham Nvidia melambung lebih dari 170 persen sepanjang 2024, dan naik satu tingkat setelah melaporkan laba kuartal I 2024 pada Mei 2024.

Saham Nvidia telah melonjak sembilan kali lipat sejak akhir 2022. Kenaikan harga saham Nvidia tersebut seiring euforia kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Nvidia menguasai sekitar 80 persen pangsa pasar untuk chip AI yang digunakan di pusat data, bisnis yang berkembang pesat seiring dengan OpenAI, Microsoft, Alphabet, Amazon, Meta dan perusahaan lain yang berlomba-lomba membeli prosesor yang dibutuhkan untuk membangun model AI dan menjalankan beban kerja yang semakin besar.

Pada kuartal terakhir, pendapatan bisnis pusat data Nvidia naik 427 persen dari tahun sebelumnya menjadi USD 22,6 miliar yang mencakup sekitar 86 persen dari total penjualan perusahaan produsen chip tersebut.

Didirikan pada 1991, Nvidia habiskan beberapa dekade pertamanya terutama sebagai perusahaan perangkat keras yang menjual chip bagi gamer untuk menjalankan game 3D. Perusahaan ini juga berkecimpung dalam chip penambangan kripto dan langganan cloud gaming.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apakah Nvidia jadi Perusahaan Paling Berharga di Dunia?

Namun, selama dua tahun terakhir, saham Nvidia meroket seiring wall street mulai menyadari teknologi perusahaan tersebut sebagai mesin di balik ledakan AI yang tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Reli saham Nvidia telah mengangkat kekayaan bersih salah satu pendiri sekaligus CEO Nvidia Jensen Huang menjadi sekitar USD 117 miliar. Hal itu menjadikannya sebagai orang terkaya ke-11 di dunia, berdasarkan Forbes.

Saham Microsoft naik sekitar 20% sepanjang 2024. Raksasa perangkat lunak itu juga telah menjadi penerima manfaat utama dari ledakan AI, setelah mengambil saham signifikan di OpenAI dan mengintegrasikan model AI perusahaan rintisan itu ke dalam produk-produknya yang paling penting, termasuk Office dan Windows.

Microsoft adalah salah satu pembeli terbesar unit pemrosesan grafis (GPU) Nvidia untuk layanan cloud Azure-nya. Perusahaan itu baru saja merilis laptop generasi baru yang dirancang untuk menjalankan model AI-nya, yang disebut Copilot+.

Nvidia adalah pendatang baru dalam gelar perusahaan AS paling berharga. Selama beberapa tahun terakhir, Apple dan Microsoft telah saling bersaing memperebutkan gelar tersebut.

 

 

3 dari 4 halaman

Nvidia Lakukan Stock Split

Lonjakan saham Nvidia begitu cepat sehingga perusahaan itu belum ditambahkan ke Dow Jones Industrial Average, patokan saham dari 30 perusahaan AS paling berharga. Bersamaan dengan rilis pendapatannya bulan lalu, Nvidia mengumumkan stock split atau pemecahan nilai nominal saham 10 untuk 1, yang mulai berlaku pada 7 Juni.

Pembagian saham tersebut memberi Nvidia peluang yang lebih baik untuk ditambahkan ke Dow, yang merupakan indeks dengan bobot harga, yang berarti perusahaan dengan harga saham yang lebih tinggi bukan kapitalisasi pasar ​​memiliki pengaruh yang lebih besar pada tolok ukur.

4 dari 4 halaman

Apakah Nvidia Perusahaan Terbesar di Dunia?

Seiring kenaikan harga saham Nvidia, kapitalisasi pasar saham Nvidia ditutup sekitar USD 3,34 triliun pada Selasa, 18 Juni 2024 melampaui kapitalisasi pasar Microsoft sebesar USD 3,32 triliun. Selanjutnya Apple menjadi perusahaan paling bernilai ketiga di Amerika Serikat dengan kapitalisasi pasar USD 3,27 triliun.

Saham Nvidia ditutup naik 3,5 persen. Sedangkan saham Microsoft dan Apple masing-masing merosot 0,5 persen dan 1,1 persen. Pada awal Juni 2024, Nvidia bergabung dengan raksasa teknologi lainnya untuk menjadi satu-satunya perusahaan AS yang melampaui kapitalisasi pasar sebesar USD 3 triliun, demikian mengutip CNN.

Saham produsen chip itu telah meningkat selama 1,5 tahun terakhir. Chip Nvidia tak tertandingi dalam memproduksi prosesor yang mendukung sistem kecerdasan buatan termasuk AI generative, teknologi yang mendukung ChatGPT milik OpenAI yang dapat membuat teks, gambar dan media lainnya.

Adapun Nvidia adalah pemimpin dari saham magnificent seven yang telah mendorong sebagian besar kenaikan harga saham di wall street seiring euforia kecerdasan buatan atau AI. Saham Nvidia naik 174 persen pada 2024 dan merupakan yang berkinerja terbaik di indeks S&P 500 pada 2023.

Nvidia yang menggeser Microsoft sebagai perusahaan paling berharga terjadi saat perusahaan yang dipimpin Jensen Huang bersaing mendapatkan posisi teratas. Apple pada 13 Juni 2024 menjadi perusahaan AS paling berharga karena pengumuman yang dibuat pada Worldwide Developers Conference tahunan membuat saham Apple naik. Kapitalisasi pasar saham produsen iPhone itu turun kembali di bawah Microsoft sehari kemudian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat