uefau17.com

Jika Dapat Kembali Putar Waktu, CEO Nvidia Jensen Huang Punya 1 Pesan saat Masih Muda - Bisnis

, Jakarta - Jensen Huang dulu khawatir tidak memiliki cukup waktu untuk mewujudkan semua yang diinginkannya.

Saat ini, CEO dan salah satu pendiri Nvidia ini berharap dia tidak terlalu mengkhawatirkan hal tersebut saat ia masih muda. “Ada banyak waktu. Jika Anda memprioritaskan diri dengan benar dan memastikan bahwa Anda tidak membiarkan [Microsoft] Outlook menjadi pengendali waktu Anda, ada banyak waktu,” ujar CEO Nvidia Jensen Huang sebagaimana yang dikutip dari CNBC, Rabu (4/06/2024).

Huang yang lebih muda mungkin tidak akan setuju dengannya, tetapi ia menambahkan seseorang seharusnya dapat melakukan semua yang mereka inginkan jika dapat “memprioritaskan waktu dengan sangat hati-hati.”

Huang menyarankan agar Anda memiliki strategi untuk mengidentifikasi dan fokus pada hal-hal terpenting yang membutuhkan perhatian Anda di tempat kerja dan di rumah. "Jangan lakukan semuanya," kata Huang.

"Prioritaskan hidup Anda lebih dari sekedar bekerja sehari-hari. Jangan biarkan jadwal rapat dan bekerja yang ditulis di Outlook mengendalikan apa yang Anda lakukan setiap hari."

Penelitian menunjukkan mempelajari cara memprioritaskan tanggung jawab, baik di tempat kerja maupun di waktu luang, bisa membuat Anda lebih produktif dan menciptakan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih memuaskan.

Huang mengharapkan karyawannya untuk mengikuti langkah tersebut. Karyawan Nvidia dilaporkan diminta untuk menuliskan prioritas utama mereka dalam email kepada manajer mereka dan Huang setiap minggunya untuk meningkatkan fokus dan produktivitas mereka. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sosok Jensen Huang di Mata Karyawan Nvidia

Jensen Huang membangun perusahaan teknologi raksasa di dunia senilai hampir USD 2,7 triliun setelah meluncurkannya dari gerai Denny's pada 1993, menggambarkan dirinya sebagai seorang yang "perfeksionis" dan atasan yang “banyak menuntut” yang “tidak mudah untuk diajak bekerja sama.” Jadi, mungkin tidak mengherankan jika dia mengatakan bahwa dia pernah khawatir tidak memiliki cukup waktu dalam sehari.

Namun, jika ia masih muda, ia mungkin tidak terlalu khawatir dengan waktu. Huang bercanda tentang tidak tidur untuk mendapatkan lebih banyak waktu mempersiapkan pidatonya di Universitas Stanford pada 2003.

“Itu selalu menjadi pilihan yang baik: Anda akan memiliki lebih banyak waktu jika tidak tidur,” ujarnya saat itu.

 

 

3 dari 4 halaman

Manajemen Waktu yang Baik Jadi Kunci Kesuksesan

Tidur atau tidak, Huang memahami pentingnya mengendalikan waktunya sendiri. "Sebagai seorang CEO, waktu tidak menjadi milik Anda, sehingga harus memiliki disiplin untuk membuatnya menjadi milik Anda,” katanya pada tahun 2003.

"Saya sering datang ke kantor dan mengatakan kepada admin saya untuk mengosongkan kalender saya sehingga saya bisa memiliki waktu itu kembali."

Huang bukanlah satu-satunya orang sukses yang bekerja dengan cara seperti itu. "Anda harus benar-benar fokus pada kalender Anda,” kata CEO divisi Asset & Wealth Management J.P. Morgan, Mary Callahan Erdoes.

"Kecuali Anda bisa tetap fokus pada hal itu secara teratur, maka hal itu akan menghancurkan Anda, dan itu bukanlah cara untuk tetap teratur dan berada di atas segalanya," kata dia.

 

 

4 dari 4 halaman

Keseharian Jensen Huang saat Bekerja

Financial Times melaporkan pada 2020 kalau Huang memulai hari-harinya pada pukul 4 pagi untuk berolahraga dan menghabiskan waktu bersama keluarga sebelum memulai hari kerja selama 14 jam.

Di tempat kerja, dia mengatakan fokus pada hal-hal yang dapat memberikan dampak positif terbesar bagi Nvidia dan karyawannya, termasuk " perencanaan dan strategi produk” serta mendapatkan umpan balik dari pelanggan. 

Huang juga suka bertemu dengan para karyawannya, terkadang makan di kantin Nvidia, sehingga ia bisa memprioritaskan apa yang ia anggap sebagai “fungsi pekerjaan No. 1, dan apa yang saya yakini sebagai tanggung jawab terpenting yang saya miliki, yaitu menjadi pengurus perusahaan,” ujarnya dalam sebuah wawancara di tahun 2003.

“Saya mencoba menghabiskan waktu saya, sebanyak yang saya bisa, untuk hal-hal yang saya yakini akan memberikan pengaruh jangka panjang bagi perusahaan kami,” kata Huang.

 

 

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat