uefau17.com

CEO Nvidia Jensen Huang Dicap ‘Galak’ oleh Karyawan, Ini Tanggapan Ahli - Bisnis

, Jakarta - CEO Nvidia, Jensen Huang tahu sosoknya adalah bos yang tegas dan tidak menyesalinya. Dalam sebuah wawancara di "60 Minutes," karyawan di kantor pusat Nvidia di Santa Clara mengatakan kepada koresponden Bill Whitaker pengusaha ini "banyak menuntut," "perfeksionis," dan "tidak mudah diajak bekerja sama."

Jensen Huang, yang ikut mendirikan perusahaan pembuat chip tersebut pada 1993 yang kini bernilai lebih dari USD 2 triliun, mengatakan hal tersebut menggambarkan dirinya dengan "sempurna."

"Seharusnya memang seperti itu. Jika Anda ingin melakukan hal-hal yang luar biasa, memang tidak mudah," katanya kepada Whitaker sebagaimana yang dikutip dari CNBC, Rabu (15/5/2024).

Ini bukan pertama kalinya gaya kepemimpinan Huang menjadi sorotan. Dia sebelumnya mengatakan  memiliki "50 bawahan langsung" untuk mengurangi birokrasi yang tidak perlu di perusahaan. Kebanyakan CEO memiliki sekitar 10 bawahan langsung.  

Dia mengharapkan para eksekutif senior untuk bekerja secara mandiri dengan sedikit bimbingan dan memanjakan.

Di era di mana pemimpin harus memiliki empati, taktik Huang mungkin sedikit kontroversial, tetapi para ahli mengatakan Anda harus tidak kenal lelah untuk menjalankan salah satu perusahaan terbesar di dunia.

"Dia adalah seorang yang kejam," kata profesor perilaku organisasi di Trinity Business School, Wladislaw Rivkin.

"Dia adalah pemimpin perusahaan bernilai triliunan dolar Amerika Serikat dan sudah melalui perjalanan yang berliku selama memimpin karena banyak perusahaan teknologi yang bernilai triliunan atau miliaran dolar Amerika Serikat,"

Banyak perusahaan kecil yang bangkrut, tetapi Nvidia "selamat," kata Rivkin. Ia menambahkan, Anda harus "tahan banting" untuk beroperasi di level tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

CEO Harus 'Tahan Banting' Agar Perusahaannya Bertahan

Selain itu, masa kerja Huang di Silicon Valley telah berlangsung selama lebih dari tiga dekade yang merupakan hal yang "sangat langka," menurut profesor perilaku organisasi dan kepemimpinan di Imperial College Business School, Sankalp Chaturvedi.

Para pekerja di perusahaan ternama seperti Nvidia bisa saja pindah, tetapi "mereka memilih untuk bertahan selama mungkin," ujar Chaturvedi, yang menunjukkan Huang tidak melakukan hal yang salah.

Huang Jalankan Nvidia Layaknya Sebuah 'Mesin'

Latar belakang imigran Huang berperan dalam membentuk gaya kepemimpinannya, kata para pakar perilaku.

Miliarder ini lahir di Taiwan pada 1963 dan kemudian dikirim ke Amerika Serikat (AS) oleh orangtuanya saat ia berusia sembilan tahun, meskipun ia tidak bisa berbahasa Inggris.

Ia menghabiskan beberapa waktu di sekolah asrama di mana ia terus menerus di-bully. Sebagai seorang remaja, dia mengambil pekerjaan paruh waktu dan bekerja sebagai pencuci piring di restoran Denny's, dan bahkan membersihkan toilet.

Huang sekarang menunjukkan gaya kepemimpinan "berorientasi pada tugas" yang mengutamakan penyelesaian tugas, menetapkan tujuan yang ambisius, dan memantau kinerja, kata Rivkin.

Hal ini mencerminkan latar belakang imigran dan etos kerja di mana terdapat keyakinan bahwa "untuk maju, Anda harus bekerja keras," tambahnya.

3 dari 5 halaman

Menantang Karyawan

Pemimpin yang berorientasi pada tugas dapat menjadi "efektif" karena mereka cenderung menantang karyawan mereka, kata Rivkin.

"Kami memiliki cukup banyak bukti, baik dalam kepemimpinan, maupun dalam penelitian motivasi bahwa tantangan dapat memotivasi orang dan mengeluarkan kinerja puncak," menurut Rivkin.

Keharusan untuk "berjuang keras" sejak usia muda juga mengindikasikan bahwa ia lebih suka mengerahkan kontrol yang tinggi terhadap setiap aspek perusahaan, jelas Chaturvedi.

"Dia memahami organisasinya sebagai sebuah mesin, memikirkan rencana, memikirkan ekonomi," kata Chaturvedi.

Meskipun pendekatan ini telah membuahkan hasil selama beberapa dekade, Huang mungkin mengesampingkan sifat-sifat kepemimpinan penting lainnya.

Huang Berorientasi pada Tugas yang Memang Efektif, tapi Satu Hal Ini Harus Dikorbankan

Pemimpin yang berorientasi pada tugas dapat menjadi "efektif" karena mereka cenderung menantang karyawan mereka, kata Rivkin.

"Kami memiliki cukup banyak bukti, baik dalam kepemimpinan, maupun dalam penelitian motivasi bahwa tantangan dapat memotivasi orang dan mengeluarkan kinerja puncak," menurut Rivkin.

Keharusan untuk "berjuang keras" sejak usia muda juga mengindikasikan ia lebih suka mengerahkan kontrol yang tinggi terhadap setiap aspek perusahaan, jelas Chaturvedi.

"Dia memahami organisasinya sebagai sebuah mesin, memikirkan rencana, memikirkan ekonomi," kata Chaturvedi.

Meskipun pendekatan ini telah membuahkan hasil selama beberapa dekade, Huang mungkin mengesampingkan sifat-sifat kepemimpinan penting lainnya.

4 dari 5 halaman

Kepemimpinan yang Berempati Itu 'Melelahkan'

Intinya, mereka percaya gaya kepemimpinan Huang dapat lebih ditingkatkan.

"Saya pikir menjaga kesejahteraan orang, mengakui orang sebagai manusia, dan bukan hanya sebagai pekerja, dapat menjadi sesuatu yang dapat dipertimbangkan," kata Rivkin.

Namun, menjadi pemimpin yang berfokus pada manusia dan memenuhi kebutuhan pekerja "sangat melelahkan" katanya.

Hal ini membutuhkan kemampuan mengingat nama-nama orang dan menjaga hubungan dengan banyak orang, tambah Chaturvedi.

"Berorientasi pada tugas membutuhkan lebih sedikit energi karena Anda memberikan tugas, menetapkan tenggat waktu, mengatur target, memeriksanya, dan selesai. Anda tidak peduli siapa yang mengerjakan tugas tersebut," kata Rivkin.

5 dari 5 halaman

Satu Hal Lagi yang Menjadi Kekurangan Kepemimpinan Huang di Nvidia

Satu hal yang sangat kurang bagi Huang dengan 50 bawahan yang harus ia kelola adalah waktu.

"Kita semua memiliki waktu 24 jam dalam sehari dan semakin banyak bawahan yang kita miliki, semakin sulit untuk berkoordinasi," kata Chaturvedi.

"Saya bisa katakan dengan pasti bahwa dia pasti kesulitan untuk mengelola bawahan langsung sebanyak itu," tambah Chaturvedi.

"Dia mencoba mengendalikan setiap bagian operasi dan tidak mengkoordinasikan kekuatannya, dan di situlah letak masalahnya."

Banyak orang yang ingin bekerja di Nvidia, sehingga gaya kepemimpinan Huang yang keras dan tegas sejauh ini berhasil, karena akan selalu ada talenta-talenta baru yang masuk ke perusahaan ini, menurut Rivkin.

"Jika perusahaan Anda kesulitan untuk merekrut karyawan berbakat, yang mana hal ini berlaku di sebagian besar perusahaan di pasar, maka saya rasa akan sulit untuk memimpin dengan gaya kepemimpinan yang kejam seperti itu, karena orang-orang punya pilihan dan jika mereka melihat dari sudut pandang karyawan, maka mereka akan mencari kesempatan lain," ujar Rivkin.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat