uefau17.com

Laba Bersih Naik 30 Persen, Infomedia Fokus Tingkatkan AI hingga Robotik - Tekno

, Jakarta - Anak usaha Telkom Indonesia, Infomedia, mengumumkan berhasil membukukan laba bersih sebesar 217% atau naik 30% dengan revenue perusahaan sebesar 122% dan EBITDA 109% dari target perusahaan pada 2023.

Pencapaian ini didorong dari pertumbuhan bisnis perusahaan melalui digital customer relationship management (CRM) dan shared service operation (SSO).

Direktur Utama Infomedia, Eddy Sofryano, mengatakan kinerja Infomedia sepanjang 2023 secara aktif merespons kebutuhan pasar melalui penerapan strategi dalam menciptakan produk dan teknologi yang inovatif untuk menambah value bagi pelanggan.

"Salah satunya dengan meningkatkan kapabilitas 3A: kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), Automation (robotik), dan Analytics untuk membangun portofolio digital Business Process Outsourcing (BPO) yang semakin mumpuni di pasar,” kata Eddy melalui keterangannya, Jumat (31/5/2024).

Melalui penguatan kapabilitas digital dengan teknologi 3A, terutama AI, Infomedia memastikan peningkatan kualitas customer experience yang dihadirkan dalam penyediaan operational perusahaan.

Operasional Infomedia mencatatkan pertumbuhan interaksi signifikan pada digital channel dengan peningkatan interaksi digital CRM sebesar 28% dan transaksi digital SSO tumbuh 18% dari tahun sebelumnya.

Prediksi market size industri BPO yang mencapai Rp 21 triliun pada 2026 semakin memberikan optimisme bagi perusahaan untuk terus melaju di sektor CRM dan SSO dengan memanfaatkan beragam inovasi yang dikembangkan.

Tren teknologi AI, Automation, dan Analytics telah menjadi perhatian khusus Infomedia dalam strategi pengembangan bisnis, baik melalui pembangunan kapabilitas internal maupun melalui partnership strategis yang dibangun perusahaan.

Dalam portofolio CRM, penguatan kapabilitas 3A terimplementasi dalam pengelolaan saluran pelanggan melalui AI Contact Center hingga pengelolaan dokumen.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

AI Contact Center

Sedangkan pada portofolio Shared Service, penggunaan 3A telah terimplementasi melalui otomatisasi pengelolaan proses bisnis pada fungsi keuangan, seperti: pengelolaan invoice to pay, pengelolaan dokumen billing & collection, maupun pada fungsi rekrutmen dan pengelolaan SDM perusahaan.

Meskipun masih dalam tahap awal implementasi, percepatan proses dan keakuratan yang meningkat menjadi benefit yang dirasakan pelanggan.

Dalam proses CRM, adanya AI Contact Center mampu memberikan respon yang lebih cepat pada perusahaan pelayanan publik dengan tingkat interaksi yang sangat tinggi.

Jumlah interaksi yang dikelola agent dapat dibatasi hanya pada interaksi yang memerlukan eskalasi khusus, di mana interaksi spam dapat dikurangi hingga 100%, interaksi standar dengan pertanyaan yang terstruktur dapat direspons robot dengan cepat, sehingga produktivitas agen meningkat seiring dengan kualitas interaksi yang tereskalasi dengan baik.

Eddy melanjutkan, melalui jumlah SDM yang sama, besaran trafik yang dikelola Infomedia dapat meningkat hingga 30% dan produktivitas agent meningkat hingga 20%.

3 dari 4 halaman

Pertumbuhan Bisnis Berwawasan Lingkungan

Menjangkau benefit lebih dari optimalisasi proses bisnis, penggunaan teknologi 3A juga mampu menekan tingkat penggunaan kertas dan mobilisasi transportasi secara optimal dengan pengelolaan proses bisnis digital yang kian lengkap dan menyeluruh.

Di antara penerapan tersebut adalah inovasi penggunaan teknologi Optical Character Recognition (OCR) berbasis AI pada proses bisnis perusahaan melalui solusi Doc.AI.

Doc.AI didesain sebagai solusi pemrosesan dokumen cerdas yang mampu mengotomatisasi proses ekstraksi data, klasifikasi, serta melakukan verifikasi autentifikasi dokumen dan mendapatkan wawasan lebih dalam dari informasi data baik yang terstruktur maupun yang tidak terstruktur.

Doc.AI menjadi salah satu leading solusi dari Infomedia yang dapat diterapkan di berbagai sektor industri.

Kemampuan Doc.AI dalam melakukan pemrosesan dokumen secara cerdas juga telah terimplementasi dalam pengelolaan proses rekrutmen masal yang dilakukan Infomedia untuk perusahaan milik negara.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (/Gotri/Abdillah)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat