uefau17.com

One UI 7 Jadi Update Android Terakhir untuk Sejumlah HP Samsung, Punya Kamu Termasuk? - Tekno

, Jakarta - Setiap tahunnya, beberapa HP Samsung akan mencapai masa akhirnya. Beberapa ponsel tersebut bakal mendapatkan update Android untuk terakhir kali. .

Di 2024, pembaruan One UI 7 berbasis Android 15 akan menjadi update untuk terakhir kalinya untuk beberapa smartphone Samsung.

Bagi yang belum tahu, setiap pembaruan Android, OS ini akan menghadirkan sejumlah pembaruan. Ada fitur baru, perbaikan sistem, serta perubahan antarmuka yang akan meningkatkan pengalaman pengguna.

Kendati demikian, beberapa ponsel, terutama HP Android keluaran lama, tidak bisa mendapatkan pembaruan Android terbaru. Sebab, perangkat keras yang ditanamkan sudah tidak mampu lagi menjalankan fitur Android terbaru.

Hal tersebut juga berdampak ke HP Samsung. Padahal, Samsung memiliki kebijakan pembaruan perangkat lunak yang lebih lama dari kebanyakan pabrikan ponsel lainnya.

Banyak perangkat Samsung Galaxy menerima hingga empat pembaruan OS Android. Jumlah itu lebih banyak dari apa yang ditawarkan oleh banyak produsen lain, yang biasanya menawarkan dua kali update OS.

Sebagai contoh, seri Galaxy S21 dan perangkat yang lebih baru sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan dukungan OS Android selama empat tahun.

Kebijakan ini memastikan pengguna mendapatkan manfaat dari dukungan yang diperluas dan akses ke fitur-fitur terbaru untuk jangka waktu yang lebih lama.

Pun demikian, seiring berjalannya waktu, ponsel lama tetaplah ponsel lama.

Ada perangkat yang tidak akan mendapatkan dukungan pembaruan software jika sudah terlalu usang, dan berikut daftar HP Samsung yang akan mendapatkan update One UI untuk terakhir kalinya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar HP Samsung yang Kebagian Update One UI 7 Android 15 Untuk Terakhir Kalinya

  • Galaxy S21
  • Galaxy S21+
  • Galaxy S21 Ultra
  • Galaxy Z Fold 3
  • Galaxy Z Flip 3
  • Galaxy A14
  • Galaxy A14 5G
  • Galaxy A05
  • Galaxy A05s
  • Galaxy M14 4G
  • Galaxy M14 5G
  • Galaxy F14 5G

Perangkat Samsung Galaxy seperti seri Galaxy S21, Z Fold 3, Z Flip 3, dan berbagai ponsel seri A, M, dan F akan menerima Android 15 sebagai pembaruan OS utama terakhirnya.

Untuk pengguna perangkat Samsung yang tercantum di atas, Android 15 (One UI 7) akan menghadirkan serangkaian fitur dan peningkatan baru.

Setelah pembaruan tersebut, perangkat diatas akan terus menerima patch keamanan selama beberapa bulan atau tahun lagi, tergantung kebijakan Samsung. 

3 dari 4 halaman

Samsung Sebar Undangan Galaxy Unpacked 2024 : Ajang Perkenalkan Lini Galaxy Z Series Baru

Di sisi lain, Samsung akhirnya resmi mengumumkan jadwal gelaran Galaxy Unpacked 2024. Seperti yang sudah dirumorkan sebelumnya, event Galaxy Unpacked kedua di tahun ini akan digelar bulan depan.

Informasi tersebut diketahui langsung dari undangan Samsung yang disebar ke sejumlah. Dalam undangan tersebut, Samsung mengungkap kalau Galaxy Unpacked kedua di 2024 akan digelar di Paris, Perancis.

"Samsung Electronics akan menyelenggarakan Galaxy Unpacked di Paris, di mana budaya ikonis dan tren terkini bertemu, menjadikannya lokasi sempurna untuk peluncuran inovasi terbaru kami," tulis perusahaan asal Korea Selatan itu dalam undangan yang disebar.

Nantinya, event Galaxy Unpacked ini akan bisa ditonton secara langsung di Indonesia pada 10 Juli 2024 pukul 20.00 WIB melalui situs resmi Samsung. Dalam event ini, perusahaan diketahui akan memperkenalkan deretan produk terbaru.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah kehadiran lini Galaxy Z Series terbaru. Namun tidak hanya itu, perusahaan juga akan menggebrak lewat Galaxy AI terbaru yang akan hadir di seluruh ekosistem Galaxy.

"Bersiaplah untuk menjelajahi keunggulan Galaxy AI yang kini disematkan ke dalam Galaxy Z Series terbaru dan seluruh ekosistem Galaxy," tulis Samsung melalui undangan tersebut.

Dalam event ini, Samsung dikabarkan akan meluncurkan deretan produk terbaru, seperti Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6. 

Tidak hanya smartphone, perusahaan turut memperkenalkan produk smartwatch terbaru mereka yakni Galaxy Watch 7 dan Galaxy Watch 7 Ultra. 

4 dari 4 halaman

Samsung Galaxy Watch 7 dan Watch Ultra: Debut di Paris dengan Prosesor Canggih dan Fitur Kebugaran Lengkap

Menurut laporan sebelumnya, Samsung Galaxy Watch 7 dan Watch Ultra akan menjadi salah satu perangkat yang kabarnya debut dalam ajang Galaxy Unpacked 2024 di Paris, pada 10 Juli mendatang.

Jelang acara tersebut digelar, bocoran informasi terkait dengan smartwatch baru milik Samsung tersebut mulai beredar di internet. Sebelumnya, dunia maya disajikan bocoran Galaxy Watch Ultra akan mengusung konektivitas LTE.

Kini, leaker kenamaan @IceUniverse membagikan bocoran informasi terbaru tentang Galaxy Watch 7 dan Watch Ultra milik Samsung tersebut.

Mengutip cuitan @IceUniverse via Gizchina, Selasa (25/6/2024), smartwatch baru Samsung ini akan dilengkapi dengan prosesor baru, yakni Exynos W1000.

Prosesor baru Samsung ini dibuat menggunakan arsitektur teknologi 3nm, dan diklaim menjanjikan peningkatan dalam hal efisiensi dan performa.

Disebutkan, arsitektur CPU ini dibuat dengan kombinasi Cortex-A78 dan Cortex-A55, dan memiliki kecepatan hingga 1.6GHz.

Samsung menyematkan chipset Mali-G68MP2 untuk GPU-nya, menjanjikan kemampuan grafis mumpuni. Konfigurasi chipset ini lebih tinggi ketimbang smartwatch Samsung generasi sebelumnya.

Diketahui, perusahaan asal  Korea tersebut memasangkan chip Exynos W920 di Galaxy Watch 4 dan Exynos W930 untuk lini Galaxy Watch 6.

Perusahaan tidak hanya menjanjikan peningkatan performa saja di Galaxy Watch 7 dan Galaxy Watch Ultra, tetapi juga kemampuan daya tahan baterai lebih lama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat