uefau17.com

Samsung Galaxy Tab S9 dan Galaxy Tab S9 Plus Dapat Update One UI 6 Berbasis Android 14 - Tekno

, Jakarta - Samsung dalam beberapa waktu belakangan terus menggulirkan update One UI 6 berbasis ke Android 14 ke deretan perangkatnya. Kini, giliran Samsung Galaxy Tab S9 dan Galaxy Tab 9 Plus yang mendapatkan update One UI terbaru itu. 

Untuk diketahui, Galaxy Tab S9 hadir dengan Android 13 saat pertama kali meluncur. Mengutip GSM Arena, Sabtu (30/12/2023), sejauh ini peluncuran pembaruan One UI 6 untuk Galaxy Tab S9 ini hanya terjadi di Turki dan Australia.

Kendati demikian, ada kemungkinan update ini akan digulirkan ke lebih banyak negara dan wilayah dalam beberapa waktu mendatang. 

Update untuk Galaxy Tab S9 dan Galaxy Tab S9 Plus ini hadir dengan kode X610XXU1BWK9/X610OJM1BWKA dan berukuran sekitar 2GB. Bersama dengan update ini, Samsung juga menyertakan patch keamanan 1 November 2023. 

Selain patch keamanan, pembaruan ini juga menghadirkan mode DeX baru, semacam gabungan dari DeX lama dan One UI biasa. Ada pula desain baru untuk panel kontrol.

Adapun untuk mengetahui cara memperbarui Samsung Galaxy Tab S9 ke One UI 6, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan.

  • Pastikan kamu memiliki daya baterai lebih dari 50 persen untuk menghindari gangguan proses update.
  • Pastikan kamu memiliki koneksi Wi-Fi atau seluler yang stabil untuk mengunduh pembaruan besar 2,7 GB ini.
  • Buka menu Pengaturan > Pilih Pembaruan perangkat lunak > Unduh dan instal untuk memeriksa pembaruan.

Sama seperti update yang lainnya, Samsung kemungkinan akan menggulirkan pembaruan ini secara bertahap. Jika belum bisa mendapatkannya sekarang, kamu bisa memeriksanya kembali dalam beberapa hari mendatang. 

Sebagai informasi, One UI 6 merupakan One UI terbaru dari Samsung yang berbasis Android 14. Hadir sebagai update besar-besaran, Samsung menghadirkan deretan fitur baru untuk para penggunanya. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A9 dan Galaxy Tab A9 Plus

Sebelumnya, Samsung telah mengumumkan kehadiran dua tablet terbaru dari jajaran A Series mereka, Samsung Galaxy Tab A9 dan Galaxy Tab A9 Plus di Indonesia.

Galaxy Tab A9 hadir dengan layar 8,7 inci, sementara Galaxy Tab A9 Plus mengusung layar berukuran 11 inci. Sementara pada Galaxy Tab A9 Plus, pengguna dapat menikmati refresh rate 90Hz, di mana Tab A9 datang dengan 60Hz.

 Galaxy Tab A9 hadir dengan dimensi 124.7 x 211.0 x 8.0 mm, dan bobot 332g (Wi-Fi) serta 333g (LTE). Untuk Galaxy Tab A9 Plus berdimensi 168.7 x 257.1 x 6.9 mm, dengan bobot 480g (Wi-Fi), 491g (5G).

Samsung menghadirkan hanya satu opsi memori dan penyimpanan untuk Galaxy Tab A9, yaitu sebesar 4GB + 64GB, baik pada opsi varian WiFi atau 5G. Namun untuk Tab A9 Plus, terdapat dua varian yaitu 4GB + 64GB pada perangkat varian WiFi, dan 8GB + 128GB untuk versi 5G.

Bicara soal kapasitas daya, Galaxy Tab A9 datang dengan baterai sebesar 5.100 mAh, sementara Galaxy Tab A9 Plus membawa baterai berkapasitas 7.040 mAh.

Kedua tablet ini sama-sama punya kamera belakang berukuran 8MP. Bedanya, kamera depan Tab A9 menggunakan 2MP, sementara Tab A9 Plus memakai 5MP.

Dalam siaran persnya, Kamis (26/10/2023), Samsung hanya mengatakan bahwa kedua tablet ini memakai Octa-Core Processor, tanpa dengan jelas mengungkapkan chipset yang digunakan.

Fitur-fitur lainnya, tablet Samsung Galaxy Tab A9 Plus menghadirkan multi tasking setingkat PC ke tablet dengan Samsung DeX dan multi-active window.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membagi layar tablet (split screen), hingga tiga aplikasi yang berbeda secara bersamaan.

3 dari 4 halaman

Fitur Keamanan dan Buat Anak di Galaxy Tab A9 Series

Selain itu, pengguna Galaxy Tab A9 series kini dapat merekam layar mereka dengan Screen Recorder, sehingga lebih mudah untuk melihat kembali informasi atau inspirasi di kemudian hari.

Galaxy Tab A9 Series baru ini juga membawa fitur Security & Privacy Dashboard, untuk memudahkan pengguna melihat dan mengontrol apa yang terjadi pada data mereka. Dengan Private Share, konten akan dienkripsi sebelum dibagikan.

Samsung juga mengatakan tablet ini membawa fitur untuk mendukung penggunaan pada anak dengan Samsung Kids, di mana orangtua atau pengasuh bisa memantau dan mengontrol aktivitas anak-anak.

Mereka juga akan bisa mengakses pengaturan, membuat profil anak, mengatur waktu bermain, dan memantau konten yang dikonsumsi anak-anak.

Selain itu, dihadirkan juga Edutainment dari Samsung Galaxy, dengan tujuan menyediakan konten yang menyenangkan dan menarik buat anak di perangkat.

4 dari 4 halaman

Harga Samsung Galaxy Tab A9 Series di Indonesia

"Kami percaya bahwa setiap orang berhak mendapatkan kesempatan untuk merasakan inovasi terbaru dalam teknologi tablet," ujar TM Roh, President & Head Of Mobile Experience Business, Samsung Electronics.

"Dengan peluncuran Galaxy Tab A series terbaru, kami menawarkan kemudahan bagi semua orang untuk menikmati hiburan seru hingga multitasking yang produktif di seluruh ekosistem Galaxy," imbuhnya.

Samsung Galaxy Tab A9 akan tersedia dalam warna Graphite pada dua pilihan yaitu varian Wi-Fi di harga Rp 2.299.000, atau varian LTE dengan harga Rp 2.799.000.

Sementara Galaxy Tab A9 Plus tersedia dalam dua pilihan, varian Wi-Fi dengan warna Graphite di harga Rp 3.499.000, atau varian 5G pada harga Rp 4.499.000 dengan opsi warna Graphite dan Navy.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat