uefau17.com

Tokopedia Ungkap Barang yang Laris Saat Natal dan Tahun Baru, Bisa Jadi Ide Hadiah - Tekno

, Jakarta - Momen Natal dan Tahun Baru biasanya jadi waktu buat keluarga atau teman, untuk saling bertukar hadiah maupun kado.

Platform e-commerce Tokopedia mengungkapkan, di momen Natal dan Tahun Baru terjadi peningkatan penjualan dari beberapa barang, yang kerap dijadikan hadiah untuk orang lain.

Mengutip siaran pers, Sabtu (23/12/2023), salah satu hadiah yang populer di platform tersebut adalah Gift Card dan produk rumah tangga yang berkaitan dengan Natal.

Menurut perusahaan, di periode Natal dan Tahun Baru tahun lalu, pembelian Tokopedia Gift Card meningkat 1,5 kali lipat. Angka ini didapatkan berdasarkan data 18 sampai 31 Desember 2022, dibandingkan rata-rata dwimingguan kuartal empat tahun tersebut.

Antonia Adega, Communications Senior Lead Tokopedia, mengungkapkan di produk rumah tangga, penjualan produk terkait Natal juga meningkat sejak kuartal tiga 2023, dibandingkan kuartal dua tahun yang sama.

Produk dekorasi seperti slinger, lampu pohon Natal, hingga pohon Natal, mencatatkan kenaikan transaksi lebih dari 2,5 kali lipat.

Tips Berikan Kado Natal dan Tahun Baru

Lebih lanjut, Tokopedia juga memberikan beberapa tips dalam memberikan hadiah Natal dan Tahun Baru buat teman atau keluarga:

  • Gift Card

Pengguna Tokopedia bisa mengirimkan Gift Card di mana penerima bisa memakainya untuk membeli berbagai produk di platform e-commerce tersebut.

Adapun, Tokopedia menyediakan Gift Card dengan harga mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 2.000.000, yang dapat disesuaikan dengan anggaran yang ada.

  • Produk lokal

Masyarakat juga dapat membeli produk-produk fesyen, kecantikan, dan perawatan tubuh, yang eksitensinya makin meningkat dari waktu ke waktu. Antonia pun menyarankan momen kampanye seperti Beli Lokal, untuk berbelanja kado Natal dan Tahun baru.

"Selain dapat membuat belanja online lebih affordable, masyarakat bisa ikut mendorong kemajuan pelaku usaha lokal khususnya UMKM melalui kampanye Beli Lokal di momen spesial seperti Natal dan Tahun Baru," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Biar Sesuai dengan Kebutuhan

  • Produk asli dari toko resmi

Saat mengirim hadiah terutama di momen spesial, seperti Natal dan Tahun Baru, biasanya kita ingin memastikan produk yang dibeli memiliki kualitas terbaik agar penerima merasa senang saat mendapatkan hadiah tersebut.

Karena itu, mencari produk langsung dari penjual berstatus Official Store bisa jadi pilihan.

  • Produk rumah tangga buat persiapan open house Natal

Tidak sedikit masyarakat yang menggelar open house, untuk berkumpul dengan orang terdekat dan merayakan momen Natal dan Tahun Baru.

"Untuk mengadakan open house, seperti di momen Natal, tentu membutuhkan banyak persiapan. Oleh karena itu, produk rumah tangga bisa menjadi hadiah Natal yang cocok untuk membantu persiapan open house," kata Antonia.

  • Tanyakan dulu apa yang dibutuhkan

Antonia juga menyarankan masyarakat untuk terlebih dulu menanyakan kebutuhan dari orang yang ingin diberikan hadiah.

"Selain tidak perlu menebak-nebak hadiah apa yang sesuai, penerima hadiah juga akan lebih merasa terbantu karena mendapatkan hadiah yang memang sedang dibutuhkan," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Tokopedia dan TikTok Catat Kenaikan Transaksi

Sebelumnya, Tokopedia dan TikTok meluncurkan kampanye Beli Lokal saat momen Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) pada 12.12.

Selama masa kampanye tersebut, Tokopedia mencatat animo tinggi dari masyarakat yang diperlihatkan dengan adanya kenaikan transaksi. Hal ini diklaim mampu memberikan dampak positif pada penjualan UMKM lokal.

"Tokopedia mencatat adanya kenaikan transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan hampir 19 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023," tutur Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan dalam siaran pers yang diterima, Kamis (20/12/2023).

Lebih lanjut Aditia menuturkan, sejumlah brand lokal fesyen di Tokopedia juga mengalami rata-rata kenaikan transaksi lebih dari 13 lipat saat kampanye Beli Lokal, jika dibandingkan dengan rata-rata transaksi harian di November 2023.

 

4 dari 4 halaman

Kategori Produk Paling Laris

Secara keseluruhan, beberapa kategori produk yang paling laris di Tokopedia saat kampanye Beli Lokal adalah Kecantikan, Perawatan Tubuh, Fashion, Makanan dan Minuman, serta Rumah Tangga.

Sementara di TikTok, kategori produk paling laris didominasi Kecantikan dan Perawatan Diri, Pakaian Wanita, Fashion Muslim, Pakaian Pria, serta Makanan dan Minuman.

Beberapa brand yang mencatat kenaikan penjualan di Tokopedia di antaranya adalah Saff & Co, Aerostreet, dan Inthebox. Untuk diketahui, Tokopedia dan TikTok baru saja mengumumkan kolaborasi yang ditandai pula dengan kehadiran kampanye Beli Lokal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat