uefau17.com

iPhone 14 Pro Jadi Smartphone Terbaik di Pesta Gadget Dunia MWC 2023 - Tekno

, Jakarta - Pameran perangkat mobile dan gadget terbesar di dunia, Mobile World Congress/ MWC 2023 telah selesai dihelat. Penyelenggara pameran, GSMA pun seperti tahun-tahun sebelumnya, memberikan sejumlah penghargaan bertajuk Global Mobile Awards (GLOMO) kepada berbagai merek.

Di antara berbagai merek, iPhone 14 Pro menjadi smartphone terbaik atau Best Smartphone di ajang pesta gadget dunia di Barcelona, Spanyol tersebut.

Mengutip GSM Arena, Senin (6/3/2023), selain iPhone 14 Prosmartphone lainnya yang dinominasikan jadi smartphone terbaik adalah Google Pixel 7 Pro, Nothing Phone (1), Samsung Galaxy Z Flip 4, dan Samsung Galaxy S22 Ultra.

"Penghargaan sebagai smartphone terbaik menggabungkan antara kinerja, inovasi, dan kepemimpinan yang luar biasa, sebagaimana ditentukan melalui penilaian smartphone di pasar selama periode Januari hingga Desember 2022, oleh analis independen, jurnalis, dan influencer terkemuka dunia," demikian pernyataan dari penyelenggara saat memilih iPhone 14 Pro smartphone terbaik di MWC 2023.

Untuk penghargaan Disruptive Device Innovation, Apple menang lagi dengan fitur Emergency SOS melalui satelit.

Sebelumnya, acara peluncuran iPhone 14 series memperlihatkan kepada dunia bahwa satelit bisa berkomunikasi dalam kondisi darurat tanpa memerlukan hardware khusus.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan Produk Terbaik Lainnya

Segera setelahnya, T-Mobile mengumumkan kemitraan dengan SpaceX untuk mengisi zona mati di AS yang dimungkinkan dengan perangkat lama. MediaTek belakangan mengumumkan bahwa chipset masa depannya akan mendukung koneksi data satelit.

Adapun perangkat lain yang dipertimbangkan untuk penghargaan ini adalah chip Google Tensor 2, Qualcomm Snapdragon, dan Sensor Kamera IMX989 Sony.

3 dari 4 halaman

Oppo Find N2 Flip Masuk Nominasi Best in Show

Selanjutnya, pada topik komunikasi satelit, penghargaan berikutnya juga diberikan untuk perangkat terkait satelit. Penghargaan "Best in Show" diberikan kepada Motorola Defy Satellite Link oleh Bullit.

Perangkat ini didukung oleh silikon MediaTek, menggunakan Bluetooth untuk berinteraksi dengan smartphone dan dapat mengirim pesan SMS ke mana pun, saat pengguna berada di pandangan langit yang jelas.

Perangkat lain yang juga dipertimbangkan dalam ketegori Best in Show adalah Honor Magic Vs, Samsung Galaxy S23 Ultra, dan Oppo Find N2 Flip.

Adapun penilaian di kategori ini berdasarkan produk yang terbaik dari yang terbaik. "Penilaian dipertimbangkan oleh sekelompok juri yang hadir secara fisik di acara tersebut," kata panitia.

4 dari 4 halaman

Perangkat yang Bakal Terhubung dengan Satelit

Qualcomm mengumumkan kolaborasinya dengan sejumlah vendor smartphone di Mobile World Congress/ MWC 2023, di Barcelona, Spanyol. Vendor smartphone yang berkolaborasi dengan Qualcomm itu antara lain adalah Honor, Motorola, Nothing, Oppo, Vivo, dan Xiaomi.

Lewat kolaborasi ini, Qualcomm dengan deretan merek smartphone di atas bakal mengembangkan smartphone berkemampuan komunikasi satelit, menggunakan Snapdragon Satellite yang baru dirilis.

Sekadar informasi, Snapdragon Satellite merupakan solusi pengiriman pesan berkemampuan dua arah, berbasis satelit pertama di dunia untuk smartphone.

Teknologi Snapdragon Satellite ini menawarkan jangkauan global dari kutub ke kutub dan mendukung pengiriman pesan dua arah untuk penggunaan darurat, SMS, dan aplikasi pesan lain di kondisi darurat di lokasi terpencil yang tidak didukung konektivitas seluler.

Solusi ini didukung low-Earth orbiting (LEO) dan konstelasi satelit Iridium, memungkinkan koneksi satelit dengan daya dan latensi rendah memakai spektrum L-band yang tahan cuaca.

Vice President of Product Management, Qualcomm Technologies, Francesco Grilli, mengatakan, hubungan jangka panjang Qualcomm dengan Honor, Motorola, Nothing, Oppo, Vivo, dan Xiaomi berakar pada inovasi dan memberikan pengalaman konektivitas kepada konsumen.

(Tin/Isk)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat