uefau17.com

Game Hogwarts Legacy Lagi Naik Daun, Waspada Penjahat Siber Cari Mangsa - Tekno

, Jakarta - Game Hogwarts Legacy banyak ditunggu oleh gamers di dunia, apalagi oleh mereka yang merupakan seorang Potterheads atau penggemar Harry Potter.

Game ini sudah mulai dirilis pada hari ini, Jumat (10/2/2023) untuk sejumlah platform seperti PC dan PlayStation 5 (PS5). Sayangnya, tren ini juga tidak lepas dari ancaman penjahat siber di seluruh dunia.

Perusahaan keamanan siber Kaspersky mengingatkan agar gamers dan Potterheads, untuk waspada terhadap situs-situs yang menawarkan unduhan Hogwarts Legacy di PC, bahkan sebelum game-nya dirilis.

Saat mengunduh game yang di-crack, korban justru mengunduh malware atau software yang tidak diinginkan di perangkat.

Program penyebaran dapat bervariasi mulai dari adware, menampilkan iklan di layar pengguna, hingga trojan, mengumpulkan informasi tentang pengguna secara diam-diam.

Olga Svistunova, pakar keamanan di Kaspersky mengatakan, game tentang dunia Harry Potter ini sudah banyak dibicarakan oleh para gamers di seluruh dunia, bahkan sebelum dirilis.

Waralaba itu, menurutnya sangat populer di kalangan mereka (termasuk dirinya), yang tumbuh dengan buku-buku Harry Potter, serta di generasi mudah saat ini.

"Dengan basis penggemar yang begitu besar, game ini telah menjadi target penjahat dunia maya yang ingin memanfaatkan popularitas kisah terkenal dunia tersebut," kata Olga Svistunova.

"Saran kami selalu waspada dan hanya mengunduh game dari toko aplikasi resmi dan jangan lupa untuk menggunakan solusi keamanan terpercaya," Olga menambahkan, seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (10/2/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mencegah Jadi Korban Penipuan Berkedok Hogwarts Legacy

Maka dari itu, Kaspersky memberikan saran pada para gamers dan Potterheads, untuk mencegah dirinya menjadi korban penipuan berkedok game Hogwarts Legacy.

Tips terhindar dari penipuan game

  • Beli dan unduh game hanya dari situs resmi. Jangan percaya penawaran hadiah seperti game baru yang mahal— paling sering ini adalah penipuan.
  • Lindungi akun Anda dengan autentikasi dua faktor. Untuk yang lainnya, telusuri pengaturan akun.
  • Gunakan kata sandi kuat dan unik untuk setiap akun. Dengan begitu, meski salah satu akun dicuri, sisanya tidak akan terpengaruh. Lebih aman untuk tidak memakai password yang sama untuk game online dengan layanan lain;
  • Solusi keamanan yang kuat dan andal akan sangat membantu, terutama jika itu tidak memperlambat komputer saat sedang bermain. Namun di saat yang sama, itu akan melindungi Anda dari semua kemungkinan ancaman dunia maya.
3 dari 4 halaman

Bukan Adaptasi Buku dan Film

Meski Hogwarts Legacy mengangkat kisah yang berlatar belakang semesta Harry Potter, Portkey Games sebagai publisher menyebut game ini bukan merupakan adaptasi langsung dari buku maupun film yang sudah ada.

Akan tetapi, kisahnya masih berakar pada semesta yang diciptakan J.K Rowling tersebut meski tidak melibatkan sang pencipta Harry Potter.

Hogwarts Legacy merupakan game RPG single player dengan konsep open world. Dalam game ini, pemain akan berperan sebagai siswa di sekolah sihir Hogwarts dengan latar dunia sihir tahun 1800-an.

Para pemain akan diajak untuk melakukan berbagai perjalanan di dunia sihir Harry Potter, sekaligus mengembangkan kemampuan mereka. Pemain dapat belajar merapal mantra, membuat ramuan, hingga menjinakkan hewan-hewan ajaib di dunia tersebut.

Dalam game ini, pemain menentukan asrama mereka di Hogwarts sekaligus melakukan personalisasi pada karakter yang dimainkan. Sejalan dengan perkembangan, pemain juga bisa mengembangkan gaya bertarung mereka sendiri.

 

4 dari 4 halaman

Spesifikasi PC Buat Main Hogwarts Legacy

Yang menarik, Hogwarts Legacy disebut tidak memiliki sistem moral dalam permainannya. Karenanya, pemain bisa menentukan sendiri kisahnya, termasuk menjadi penyihir baik atau jahat.

Sayang, salah satu olahraga ikonik di dunia Harry Potter, yakni Quidditch tidak akan muncul dalam game ini. Kendati demikian, pemain masih dimungkinkan untuk menaiki sapu terbang untuk melakukan perjalanan, termasuk mengikuti perlombaan.

Berikut spesifikasi PC yang dibutuhkan jika ingin memainkan Hogwarts Legacy, seperti dikutip dari Steam:

Spesifikasi PC Minimal Hogwarts Legacy

  • OS: Windows 10 64-bit
  • Prosesor: Intel Core i5-8400 atau AMD Ryzen 5 2600
  • Memory: 8 GB RAM
  • Grafik: NVIDIA GeForce GTX 1070 atau AMD RX Vega 56
  • DirectX: Version 12
  • Penyimpanan: 85 GB
  • Tambahan: SDD (Preferred), HDD (Supported), 1080p/60 fps, Low Quality Settings, Upscale Performance Setting

Spesifikasi PC Direkomendasikan Hogwarts Legacy

  • OS: Windows 10 64-bit
  • Prosesor: Intel Core i7-8700 atau AMD Ryzen 5 3600
  • Memory: 16 GB RAM
  • Grafik: NVIDIA GeForce 1080 Ti atau AMD RX 5700 XT
  • DirectX: Version 12
  • Penyimpanan: 85 GB
  • Tambahan: SSD, 1080p/60 fps, High Quality Settings, Upscale Quality Setting

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat