uefau17.com

Makin Ketat, Netflix Blokir Akses Pengguna yang Nonton dengan Akun Tidak Sah - Tekno

, Jakarta - Netflix memblokir akses pengguna yang menonton dengan akun tidak sah. Dalam hal ini misalnya, pengguna di Indonesia sign-in dengan akses akun Amerika Serikat agar bisa menonton konten yang hanya tersedia ekslusif di wilayah AS.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan VPN. Nah, Netflix kini menarget pengguna di satu negara yang menggunakan layanan VPN agar bisa menonton konten eksklusif Netflix di negara lain.

Hal ini ditujukan untuk memastikan bahwa Netflix tidak mengirimkan konten global kepada pengguna yang tidak memiliki hak untuk menontonnya.

Dalam laporan Torrent Freak, Netflix memblokir alamat IP rumah pengguna yang menipu Netflix dengan aplikasi VPN.

Sebagaimana dikutip dari The Sun, Senin (16/8/2021), beberapa pengguna juga diblokir secara parsial. Artinya, mereka akan menerima pesan "konten yang hilang" dan hanya bisa menonton Netflix Originals yang tayang di lokasi mereka.

Hal ini karena Netflix Originals tersedia di setiap wilayah, karena Netflix memiliki hak global atas konten tersebut.

Kepada Torrent Freak, juru bicara salah satu layanan VPN, WeVPN, mengatakan, "Ada ratusan ribu pelanggan sah Netflix yang diblokir untuk mengakses katalog lengkap negara lokal Netflix dari rumah mereka."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengguna Disarankan Tak Akses Netflix dengan VPN

Oleh karenanya, para pelanggan Netflix hendaknya mempertimbangkan untuk menonton tanpa VPN, demi bisa menonton konten ekslusif di negara lain, misalnya di AS.

Karena kalau sampai terdeteksi, Netflix bisa memblokir akun, bahkan membuat pelanggan tidak bisa mengakses konten lokal sekali pun.

Bukan hanya itu, Netflix juga menyebut pihaknya akan menindak pengguna yang saling berbagi akun.

Kini dilaporkan bahwa perusahaan tengah menguji fitur yang dirancang untuk membasmi pengguna yang berbagi akun. Artinya, mereka yang meminjam login seseorang, bakal kehilangan akses login milik orang lain dan harus berlangganan sendiri agar bisa menonton Netflix.

3 dari 3 halaman

Perketat Izin Pengguna yang Berbagi Akun

Sejumlah pengguna di Inggris menyebut, mereka mendapati di layar Netflixnya terdapat pemberitahuan "Jika Anda tidak tinggal dengan pemilik akun ini, Anda membutuhkan akun sendiri untuk terus menonton."

Selanjutnya, para pelanggan yang berbagi akun ini diberi opsi untuk memverifikasi identitas mereka melalui kode yang dikirim ke pemilik akun. Pengguna juga bisa bisa memilih untuk menyelesaikan prosesnya di waktu lain.

"Tes ini dirancang untuk membantu memastikan bahwa orang yang menggunakan akun Netflix telah mendapat izin untuk melakukannya," kata pihak Netflix dalam pernyataan.

(Tin/Ysl)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat