uefau17.com

Dian Sastrowardoyo Ungkap Asal Muasal Nama Tengahnya, Berkaitan dengan Arca Zaman Kerajaan Singasari - ShowBiz

, Jakarta Panggilan Dian Sastro atau Dian Sastrowardoyo sudah melekat erat dalam diri sang aktris Ada Apa dengan Cinta?, tapi nama aslinya jauh lebih panjang dari itu.

Nama panjang bintang Gadis Kretek ini, tak lain adalah Dian Paramita Sastrowardoyo. Rupanya, ada cerita menarik di balik nama tengah itri Maulana Indraguna Sutowo tersebut.

Fakta ini diungkap Dian Sastro dalam unggahannya di Instagram pada Selasa (4/6/2024) lalu. Sang aktris membagikan sejumlah fotonya saat memperhatikan Arca Prajnaparamita yang disimpan di Museum Nasional Indonesia.

Nama tengah “Paramita,” yang disisipkan oleh sang ayah, ternyata punya makna yang luar biasa.

“Memandangi sang dewi Prajna Paramita. Bapakku yang Bhuddist, ngasih nama tengahku dari dewi ini. Artinya Kebijaksanaan Tertinggi. (No pressure at all btw lho, Pak 🤪😜) ,” kata Dian Sastrowardoyo.

Ia menambahkan keterangan, bahwa saat foto ini diambil, ia memang mendapat kesempatan untuk melihat secara langsung arca yang ia sebut tercantik dari zaman Singasari ini.

Jamannya Ken Dedes btw, dan aku mewek dong.. entah kenapa. Auranya gila sih,” kata Dian Sastro.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terkait Ken Dedes

Dian pun “bergosip” tentang kecantikan arca ini.

“Gossipnya, arca ini cantiknya kayak cantiknya Ken Dedes- yang konon merupakan ibu dari hampir semua raja2 besar di Nusantara ini,” kata Dian.

3 dari 4 halaman

Kondisi Arca yang Sempurna

Dian Sastro juga kemudian teringat dengan komik yang dibacanya semasa kecil, karya maestro R.A Kosasih.

“Disitu diceritain bahwa Ken Dedes itu perwujudan Prajna Paramita - kebijaksanaan tertinggi, dan siapa pun yang jadi suaminya akan menjadi raja. Wow, sakti juga ya beliau,” tuturnya.

Sekadar informasi, dalam unggahan akun Instagram resmi Museum Nasional pada Januari lalu, memang disebutkan bahwa arca ini berada dalam kondisi yang sempurna, tak ada bagian yang rusak.

4 dari 4 halaman

Sosok Dewi Kebijaksanaan

Museum Nasional menjelaskan bahwa arca ini diduga juga menggambarkan Sri Rajapatni Gayatri, salah satu istri Raden Wijaya, raja pertama Majapahit.

Arca ini digambarkan tengah bersemedi dengan sikap tangan memutar roda dharma atau Dharmacakramudra di atas teratai. Ia mengenakan kain bermotif patola, perhiasan, mahkota jatamakuta, dan pilinan rambut yang mewah.

“Raut wajahnya yang teduh memancarkan ketenangan dan kedamaian, menggambarkan sosok dewi kebijaksanaan tertinggi,” begitu keterangan dari Museum Nasional.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat