uefau17.com

Berkunjung ke Tawangmangu, Menjelajah Destinasi Wisata Herbal hingga Wisata Alam - Regional

, Karanganyar - Wisata herbal atau wisata kesehatan adalah kegiatan wisata yang mengedepankan peningkatan kesehatan, kebugaran fisik, sekaligus pemulihan kesehatan spiritual dan mental wisatawan. Salah satu daerah yang bisa dikunjungi untuk wisata herbal adalah Tawangmangu.

Mengutip dari kemenparekraf.go.id, saat ini Tawangmangu sudah memiliki beberapa destinasi wisata yang difokuskan sebagai wellness tourism dan herbal tourism selain Bali dan Yogyakarta. Pasalnya, di Tawangmangu sudah terdapat pusat kesehatan herbal milik Kementerian Kesehatan yang berpotensi mendorong perkembangan herbal tourism di Indonesia.

Selain itu, di Tawangmangu juga terdapat pengobatan tradisional menggunakan bahan-bahan herbal yang teruji secara ilmiah. Hal ini karena adanya program saintifikasi jamu di Tawangmangu yang telah diuji keamanan, mutu, serta khasiatnya hingga layak konsumsi.

Sejauh ini, tercatat ada sekitar 800 jenis tanaman herbal yang dibudidayakan di Tawangmangu. Seluruh koleksi tanaman obat di Tawangmangu ini berkhasiat untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit, sebut saja tanaman obat sambiloto yang dapat mencegah diabetes, pace yang mengandung antioksidan tinggi, tempuyung untuk melancarkan air seni, dan daun handeuleum untuk mengatasi wasir.

Selain itu, ada juga kunyit yang bisa mengobati maag, seledri untuk mengatasi hipertensi, hingga daun jambu biji untuk mengatasi diare. Seluruh khasiat tanaman tersebut telah diuji klinis di Tawangmangu.

Tak hanya jamu-jamuan, Tawangmangu juga mengembangkan potensi aroma terapi, meditasi, makanan sehat, dan jelajah alam. Wisatawan yang berkunjung ke Tawangmangu juga dapat mempelajari sejarah jamu dan tradisi herbal Jawa sebagai satu paket wisata.

Salah satu lokasi yang bisa dikunjungi adalah Rumah Riset Jamu Hortus Medicus - B2P2TOOT. Rumah Riset Jamu yang berlokasi di Jalan Raya Kawu KM.11, Tawangmangu, Kalisoro, Karanganyar ini merupakan klinik saintifikasi, laboratorium, griya jamu, museum, ruang sinema, perpustakaan, serta rumah kaca adaptasi dan pelestarian tanaman obat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Destinasi Wisata Seru Lainnya

Selain wisata jamu, destinasi wisata menarik lainnya di Tawangmangu yang bisa dikunjungi adalah Air Terjun Grojogan Sewu. Destinasi wiaata ini menawarkan aliran air yang deras bahkan di musim kemarau.

Untuk mencapai air terjun setinggi 80 meter ini wisatawan harus melewati 1.250 anak tangga. Destinasi wisata ini juga menawarkan suasana yang asri dan sejuk.

Selain air terjun, Tawangmangu juga memiliki Bukit Mongkrang. Bukit Mongkang yang berada di selatan Gunung Lawu ini sangat cocok untuk lokasi healing. Destinasi wisata ini menawarkan hamparan ilalang yang indah dengan udara yang sejuk.

Destinasi wisata di Tawangmangu yang tak kalah menarik adalah Rumah Atsiri Indonesia. Berlokasi di Jalan Watusambang, Plumbon, Tawangmangu, tempat ini sebenarnya merupakan hasil restorasi dari pabrik Citronella Indonesia Bulgaria.

Rumah Atsiri Indonesia dipenuhi dengan berbagai jenis bunga yang warna-warni. Selain menikmati bunga, wisatawan juga bisa mengunjungi museum essential oil untuk mengenali sejarah minyak atsiri.

Bukan itu saja, wisatawan juga bisa menikmati berbagai makanan khas dari minyak atsiri, berbelanja oleh-oleh di toko aromatik, hingga melihat langsung berbagai jenis tanaman penghasil minyak atsiri. Beragamnya destinasi wisata di Tawangmangu ini tentu menjadi daya tarik tersendiri yang sayang untuk dilewatkan.

 

Penulis: Resla

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat