uefau17.com

20 Cakada Tiga Kabupaten/kota Ikuti Fit and Proper Test di DPD PDI Perjuangan Lampung - Regional

, Lampung - Tim penjaringan bakal calon kepala daerah (Cakada) DPD PDI Perjuangan Lampung melakukan fit and propertes atau uji kelayakan kepada Cakada dari Kabupaten Tulang Bawang, Way Kanan dan Metro, Selasa, (21/5/2024).

Ketua tim penjaringan bakal Cakada DPD PDI Perjuangan Lampung Watoni Noerdin memperinci, dari Kabupaten Tulang Bawang terdapat 13 Cakada, kemudian Kota Metro 4 cakada, dan Kabupaten Way Kanan sebanyak 3 Cakada yang mengikuti uji kelayakan.

Anggota DPRD Provinsi Lampung ini menjelaskan, pihaknya melakukan fit and proper test tersebut untuk mengetahui profil bakal Cakada sebelum dilakukan fit and propertes di DPP PDI Perjuangan.

"Fit and proper test itu memang domainnya dari DPC PDI-P. Kami berkonsultasi dengan DPP PDI Perjuangan dan sekretaris DPD PDI-P untuk didalami disini," jelasnya.

"Supaya DPP PDI-P melakukan fit and proper test sudah mendapatkan gambaran dari masing-masing sosok itu yang diinginkan," imbuhnya.

Dia menjelaskan, proses fit and proper test tersebut dimulai pada hari ini dan akan dijeda mulai besok, dan dilanjutkan kembali pada 27 Mei 2024.

"Besok kami berangkat semua ke Jakarta dalam rangka bimtek dan rakernas, jadi pada tanggal 27 Mei itu akan kami mulai kembali," jelasnya.

Ia menegaskan, uji kelayakan tersebut wajib bagi setiap bakal Cakada yang mendaftar melalui partai berlogo banteng.

"Wajib kita akan mengetahui siapa sosok mereka ini, jadi wajib. Kalau sudah dimintai hadir enggak mau, ya perlu dipertanyakan komitmen dan keseriusannya," ungkapnya.

Apabila terdapat bakal Cakada yang tidak mengikuti proses uji dan kelayakan yang digelar partai besutan Megawati itu kata Watoni, maka akan tetap diserahkan kepada DPP PDI Perjuangan. "Kalau tidak mengikuti fit and proper test tetap dibawa ke DPP PDI Perjuangan, tetapi ya akan diberikan catatan khusus," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat