uefau17.com

BNPB: Udara di Sekitar Gunung Ruang Masih Mengandung Gas SO2 - Regional

, Sitaro - Warga di sekitar Gunung Ruang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut, diminta untuk tetap waspada meski status gunung itu sudah diturunkan menjadi Level III Siaga.

Selain paparan abu vulkanik, udara di sekitar gunung setinggi 725 mdpl itu juga mengandung gas sulfur dioksida (SO2) yang dilontarkan keluar saat gunung berapi itu erupsi beberapa hari lalu.

"Setiap kali ada erupsi gunung berapi pasti ada gas sulfur dioksida ini gas tersebut," ujar Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari pada, Senin (22/4/2024).

Dia mengatakan, lontaran gas SO2 itu tidak hanya mengganggu masyarakat, tapi juga berdampak pada aktivitas penerbangan, seperti dampak erupsi Gunung Ruang ini terhadap penerbangan di Bandara Sam Ratulangi Manado.

"Gas sulfur dioksida tersebut tersebar ke udara bersamaan dengan erupsi Gunung Ruang, yang sampai saat ini menurut pantauan tim BNPB masih mengeluarkan asap dari puncaknya," ujarnya.

Abdul Muhari mengatakan, BNPB sudah mengimbau masyarakat untuk selalu menggunakan masker saat beraktivitas sehingga terhindar dari gangguan, atau infeksi saluran pernapasan akibat menghirup udara mengandung SO2 atau gas belerang dioksida itu.

"BNPB juga mengumumkan batas zona aman bagi warga Tagulandang untuk beraktivitas, yakni pada radius empat kilometer dari puncak yang masih mengeluarkan asap itu," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan Masker

Abdul Muhari juga mengatakan, jika sudah mengalami gejala gangguan saluran pernapasan seperti sesak dan sebagainya, masyarakat segera melapor ke petugas tim siaga darurat bencana untuk mendapatkan perawatan medis.

"Kami sudah siagakan tim dokter dari TNI dan Polri untuk melakukan perawatan medis. BNPB juga memberikan bantuan masker yang seharusnya sudah bisa dimanfaatkan masyarakat saat ini," ujarnya.

Batas zona tersebut didapatkan BNPB berdasarkan keputusan penurunan status Gunung Ruang oleh tim Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang sebelumnya level IV (Awas) menjadi level III atau (Siaga) pada Senin (22/4/2024), pukul 09.00 Wita.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat