uefau17.com

Hari Bumi Diperingati 22 April, Berikut Sejarah dan Inspirasi Ucapannya - Regional

, Bandung - Hari Bumi atau dikenal dengan nama Earth Day merupakan peringatan yang dirayakan pada tanggal 22 April setiap tahunnya. Peringatan ini penting untuk dirayakan sebagai salah satu cara meningkatkan rasa peduli masyarakat terhadap lingkungan.

Pasalnya bumi yang saat ini menjadi rumah untuk banyak makhluk termasuk manusia harus dijaga dengan baik. Bahkan setiap negara selalu membuat gerakan global untuk mengangkat isu-isu terkait lingkungan di bumi.

Ketika lingkungan di bumi tidak terjaga dengan baik banyak permasalahan yang kian muncul. Terutama terkait perubahan iklim yang semakin lama berubah dan memberikan dampak besar khususnya kepada kita manusia itu sendiri.

Melansir dari situs resmi Earth Day pada tahun 2024 ini tema Hari Bumi mengangkat tentang “Planet vs Plastics”. Tujuan dari tema tersebut untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat banyak tentang masalah plastik yang harus diperangi.

Saat ini masalah plastik banyak jadi fokus utama banyak negara karena dampaknya yang sangat besar bagi lingkungan. Organisasi Earth Day juga berharap dengan tema tersebut bisa menciptakan masa depan dunia yang tidak begitu banyak plastik.

Masyarakat juga diajak untuk menyadari pentingnya mengurangi jumlah sampah plastik demi menjaga lingkungan dan kesehatan manusia itu sendiri. Sebagai informasi peringatan Hari Bumi di tahun 2024 menjadi peringatan ke-4 setelah pertama kali dirayakan pada tahun 1970.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Hari Bumi

Mengutip dari situs resmi Earth Day peringatan Hari Bumi pertama kali dicetuskan atas keprihatinan Senator Gaylord Nelson terhadap lingkungan di Amerika Serikat. Melalui kekhawatirannya terbentuk sebuah gerakan tersebut tepatnya pada 22 April 1970.

Saat itu peringatan Hari Bumi pertama kali diperingati dengan tujuan untuk membuka kesadaran dan apresiasi dari masyarakat dunia terhadap bumi sebagai tempat tinggal mereka dan seluruh makhluk hidup.

Diketahui Senator Nelson merupakan seorang senator AS dari Wisconsin yang juga pengajar lingkungan hidup. Melalui gagasannya peringatan Hari Bumi masih dirayakan sampai saat ini.

Sebagai informasi sebelum diperingati pada tahun 1970 Amerika Serikat sempat mengalami gejolak ekonomi dan politik di tahun 1960an. Masyarakat AS juga terkena paparan gas bertimbal dalam jumlah besar akibat pabrik-pabrik yang menghasilkan asap dan lumpur.

Lingkungan di sekitar pabrik pun mulai tercemar dan saat itu masih sedikit masyarakat yang menyadari dampak buruknya. Alhasil di tahun 1962 Rachel Carson merilis buku berjudul “Silent Spring”.

Buku ini mempunyai fokus terhadap pembahasan masalah lingkungan terutama terkait bahaya pestisida di pedesaan Amerika. Sehingga berlatarkan kekhawatiran tersebut menjadi dorongan terbentuknya Hari Bumi Sedunia.

3 dari 4 halaman

20 Inspirasi Ucapan Merayakan Hari Bumi

Berikut ini 20 ucapan yang dapat digunakan untuk merayakan Hari Bumi sedunia:

1. Selamat merayakan Hari Bumi! Sebagai manusia yang tinggal di Bumi ini mari kita bersatu dalam menjaga keindahan alam dan lingkungan sekitar karena bumi menjadi rumah untuk kita semua.

2. Selamat Hari Bumi! Perayaan ini menjadi pengingat untuk kita bahwa kita harus bisa melindungi alam karena kita tinggal di buminya

3. Bumi merupakan rumah bagi seluruh makhluk hidup termasuk kita sebagai manusia, Selamat Merayakan Hari Bumi!

4. Selamat Merayakan Hari Bumi! Perlu kita ingat setiap tindakan kecil yang kita lakukan terhadap lingkungan memiliki dampak yang besar untuk bumi! Mari kita menjaga lingkungan untuk menjaga bumi!

5. Selamat Hari Bumi 2024! Mari jadikan peringatan ini sebagai pengingat untuk kita agar bisa menjaga selalu lingkungan untuk tetap lestari.

6. Hari Bumi merupakan peringatan yang penting untuk dirayakan sebagai refleksi diri atas pentingnya menjaga lingkungan dan alam sekitar, mari kita rayakan peringatan ini dengan hal-hal sederhana untuk menjaga bumi.

7. Selamat Hari Bumi! Mari jadi agen perubahan dalam menjaga lingkungan untuk lebih baik lagi.

8. Hari Bumi merupakan waktu yang penting untuk kita mengingat dampak besar jika tidak menjaga lingkungan, mari kita berikan kontribusi yang positif bagi lingkungan sekitar dan bumi itu sendiri.

9. Selamat Hari Bumi 2024! Mari jaga bumi kita demi masa depan yang lebih baik!

10. Bumi adalah tempat tinggal bagi semua makhluk hidup termasuk manusia, maka penting untuk mengingat bahwa Bumi harus selalu kita jaga. Melalui perayaan ini mari menjaga bumi dengan tetap melestarikan lingkungan sekitar.

4 dari 4 halaman

Ucapan Berikutnya

11. Bumi adalah tempat tinggal kita dan tempat kita hidup sebagai manusia, mari kita jaga bumi dengan melakukan tindakan baik yang tidak berdampak pada lingkungan.

12. Selamat Hari Bumi Sedunia! Kita mungkin bukan satu-satunya penghuni bumi namun sebagai sosok yang berakal mari kita jaga dan lindungi bumi dari dampak buruk pencemaran lingkungan!

13. Selamat merayakan Hari Bumi 2024! Demi mencapai perubahan yang besar dalam menjaga lingkungan ini kita perlu memulainya dari diri sendiri, menjadikan peringatan ini sebagai pembuka kesadaran akan pentingnya mencintai bumi dengan tidak mengotorinya!

14. Selamat Hari Bumi! Setiap tindakan kita kepada lingkungan di masa sekarang akan menentukan kondisi bumi di masa depan.

15. Selamat merayakan Hari Bumi! Mari jadikan setiap tindakan kita sebagai langkah baik untuk masa depan.

16. Bumi merupakan rumah untuk semua makhluk hidup, mari kita selalu menjaganya demi masa depan yang lebih baik!

17. Selamat Hari Bumi 2024! Mari jadikan masa depan kita lebih terjaga dengan melindungi bumi dan lingkungan sekitar.

18. Hari Bumi merupakan peringatan penting untuk manusia, karena Bumi adalah tempat tinggal kita selama hidup.

19. Selamat Hari Bumi! Peringatan ini tidak hanya membuka kesadaran tentang menyelamatkan bumi tetapi menyelamatkan kita dari dampak buruk tidak menjaga lingkungan.

20. Selamat Merayakan Hari Bumi! Mari kita bersatu untuk terus menjaga bumi dari kerusakan yang tidak diinginkan!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat