uefau17.com

6 Fakta Hari Bumi 22 April, Menarik untuk Disimak - Regional

, Yogyakarta - Hari Bumi atau Earth Day diperingati setiap 22 April. Hari Bumi dirayakan untuk selalu mengingatkan kita akan pentingnya lingkungan.

Dikutip dari laman Earth.org, Hari Bumi diperingati untuk menghormati pencapaian gerakan lingkungan. Sekaligus, meningkatkan kesadaran akan perlunya melindungi sumber daya alam bumi untuk generasi di masa mendatang.

Di balik perayaan Hari Bumi, ada beberapa fakta mengejutkan yang menarik untuk disimak. Berikut fakta mengenai Hari Bumi:

1. Sejarah Hari Bumi

Gaylord Nelson merupakan senator Amerika Serikat dari Wisconsin yang juga merupakan pengajar lingkungan hidup, ialah yang menjadi penggagas dari perayaan in. Hari Bumi berangkat dari gerakan lingkungan modern yang terjadi pada tanggal 22 April 1970 di Amerika Serikat.

Isu lingkungan yang mengkhawatirkan membawa terbentuknya gerakan yang menjadi respons terhadap kekhawatiran ini, tepat pada 22 April 1970 Hari Bumi pertama kali diperingati. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi masyarakat dunia terhadap bumi sebagai tempat tinggal bagi semua makhluk hidup.

2. Muncul Setelah Bencana Lingkungan

Pada 1960-an hingga 1970-an, Amerika Serikat mengalami gejolak ekonomi dan politik. Masyarakat AS kala itu, terpapar gas bertimbal dalam jumlah besar yang disebabkan oleh pabrik-pabrik menghasilkan asap dan lumpur yang tak terkontrol.

Hal ini membuat lingkungan di sekitar menjadi tercemar. Saat itu, masih banyak masyarakat yang belum sadar akan dampak buruk ini.

Berawal dari permasalahan tersebut akhirnya pada 1962, Rachel Carson menerbitkan buku berjudul "Silent Spring" dengan menaruh fokus pembahasan pada masalah lingkungan terutamanya bahaya pestisida di pedesaan Amerika. Berangkat dari isu lingkungan kala itu, membawa terciptanya sejarah Hari Bumi dan Hari Bumi Sedunia yang terus diperingati sampai hari ini sebagai pendorong kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya menjaga bumi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diikuti 20 Juta Orang

3. Diikuti 20 Juta Orang

Perayaan Hari Bumi pertama pada 20 April 1970, lebih dari jutaan orang berpartisipasi dalam perayaan tersebut. Menutupi jalanan di sekitar Fifth Avenue, Manhattan, ketika orang-orang datang untuk berdemonstrasi dan berpartisipasi dalam pembersihan jalan.

Setiap orang saling membentangkan selimut kuning-putih di sekitar aspal dekat 57th Street untuk menikmati piknik di bawah sinar matahari sambil bersenda gurau dan mengucapkan 'Happy Earth Day to You’.

4. 22 April Dipilih Mahasiswa Hayes dan Nelson

Tanggal 22 April sebagai Hari Bumi sebagian besar ditentukan oleh jadwal mahasiswa yang ingin direkrut oleh Hayes dan Nelson. Pada saat itu, 22 April jatuh pada hari kerja selama tahun ajaran sekolah di antara liburan musim semi dan ujian akhir.

Pada waktu tersebut, cuaca sejuk dan cerah memungkinkan setiap orang melakukan aktivitas di luar.

5. Pembentukan EPA

The Environmental Protection Agency (EPA) yang mengatur mekanisme mengenai perlindungan lingkungan dibentuk pada 2 Desember 1970. Mereka dibentuk sebagai tanggapan langsung terhadap Hari Bumi pertama yang diadakan.

Setelah menyaksikan partisipasi besar-besaran yang dilakukan masyarakat, Kongres mulai membentuk EPA.

6. Google Doodle dari Citra Satelit

Google doodle juga memperingati Hari Bumi 2024 dengan deretan foto kata 'Google' dari citra satelit. Earth Day 2024 atau Hari Bumi 2024 ini diambil dari foto citra satelit beberapa wilayah kontribusi dari Airbus, CNES/Airbus, Copernicus, Maxar Technology, dan USGS/NASA Landsat.

Menariknya, masing-masing huruf "Google" menunjukkan beberapa tempat di seluruh dunia. tempat-tempat di mana masyarakat, komunitas, dan pemerintah bekerja setiap hari melindungi alam.

Selain itu, Google juga menambahkan sebuah game menarik bagi pengguna yang ingin mengenal dan mempelajari alam. Saat mengklik doodle, pengguna akan dibawa ke laman pencarian berhubungan dengan Hari Bumi 2024.

Jika diperhatikan, ada ikon 'Gif' lebah di bagian atas. Klik ikon tersebut untuk bermain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat