uefau17.com

Pembalap Jetski Hungaria Gyorgy Kasza Kampiun UIM Aquabike Endurance Samosir Cup - Regional

, Jakarta Pembalap jetski asal Hungaria, Gyorgy Kasza, keluar sebagai juara pada UIM Aquabike Endurance Samosir Cup yang digelar di Waterfront City Pangururan, Samosir, perairan Danau Toba, Jumat (24/11/2023).

Kasza keluar sebagai juara pertama setelah mencatatkan poin 50, akumulasi dari Race 1 dan 2. Juara kedua Anthony Radetic asal Amerika Serikat total 38 poin, dan ketiga pembalap jetski asal Uni Emirat Arab, Rashed Al Tayer total 38 poin.

Sementara Lake Toba Endurance World Championship, juara pertama pembalap jetski asal Prancis, Jean Bruno Pastorello, juara kedua pembalap asal Amerika Serikat, Anthony Radetic, dan juara ketiga Rashed Aldawas, asal Kuwait.

Bupati Samosir, Vandiko Gultom, usai penyerahan piala dan medali kepada para pemenang, mengatakan, event ini bisa dibilang sukses. Karena sejak awal hingga akhir berjalan sesuai rencana, dan tentu ini berkat kerja sama semua pihak.

"Dengan adanya event ini, kita sangat bersyukur Danau Toba semakin mendunia. Paling penting budaya Batak semakin dikenal orang. Event ini sangat menarik, karena memadukan antara kemajuan teknologi dengan kebudayaan lokal," kata Vandiko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesta Rakyat

Diakui Vandiko, meski namanya Aquabike Jetski World Championship 2023, tapi ini tetap pesta rakyat. Karena yang paling utama, rakyat harus mendapatkan dampak paling besar dalam pelaksanaan event ini.

"Seperti kita lihat sendiri, UMKM lokal dikedepankan, kemudian juga budaya-budaya lokal yang kurang familiar ditata kembali, dan seluruh pelaku budaya dilibatkan," bebernya.

"Mudah-mudahan, tahun depan kita bisa laksanakan lagi dengan sukses. Masyarakat dunia agar mengetahui bahwa masyarakat di sini ramah-ramah, jadi jangan ragu datang ke Pulau Samosir, Danau Toba, Negeri Indah Kepingan Surga. Titik awal peradaban Bangsa Batak," Vandiko menandaskan.

3 dari 4 halaman

Acara Besar

Staf Khusus III Mentri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang komunikasi publik berkebangsaan Indonesia, Arya Sinulingga, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Danau Toba atas suksesnya UIM Aquabike Endurance Samosir Cup.

"Ini adalah acara besar. Kita membangun bagaimana Danau Toba menjadi destinasi nasional, Bali baru. Dan BUMN, Pak Erick Thohir, berkomitmen menyelenggarakan event-event ntetnasional di Danau Toba," ucap Arya.

Dikatakan Arya, ini merupakan yang kedua. Sebelumnya F1 Poweboat di Balige, dan ini Aquabike Jetski World Championship 2023. Ini sengaja dibuat karena pariwisata tanpa event-event sulit untuk berkembang.

"Ini adalah langkah bersama untuk mendorong industri pariwisata, khususnya Danau Toba," ujarnya.

"Apalagi ini bukan hanya sekali saja, berkelanjutan sampai lima tahun. Ke depan kita akan terus ada, mudah-mudahan ke depan akan semakin ramai. Karena sekarang aja sudah ramai," sambungnya.

4 dari 4 halaman

Bukan Sekadar Kejuaraan Dunia

Diungkapkan Arya, Aquabike Jetski World Championship 2023 menjadi pesta rakyatnya masyarakat Danau Toba. Jadi bukan hanya sekadar kejuaraan internasional saja, tapi salah satu bagian dari peningkatan pariwisata nasional.

"Penyelenggaran ini juga komitmen Pak Erick Thohir sebagai putra Samosir, karena kemarin Erick Thohir diberi marga Sidabutar," ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat