uefau17.com

Perjalanan Karier G-Dragon, Pentolan Big Bang Terkena Kasus Narkoba - Regional

, Yogyakarta - G-Dragon atau GD terseret kasus dugaan penyalahgunaan narkoba. Dikutip dari akun Instagram Dispatch, G-Dragon diduga melanggar Undang-Undang Pengelolaan Narkoba Korea Selatan.

Meski demikian, pihak kepolisian belum memberikan komentar lebih detail soal dakwaan terhadap pentolan BIGBANG itu. Sementara itu, YG Entertaiment tidak bisa memberikan informasi lebih lanjut, sebab GD tidak lagi di bawah naungannya sejak Juni 2023 lalu.

G-Dragon memiliki nama asli Kwon Ji Yong dan lahir pada 18 Agustus 1988 di Seoul, Korea Selatan. Ia debut sebagai anggota BIGBANG pada 2006 di bawah YG Entertainment.

GD dikenal sebagai seorang rapper, penyanyi, penulis lagu, produser, pengusaha, dan desainer fesyen. Ia juga dijuluki sebagai King of Kpop.

Setelah enam tahun menjadi trainee di bawah label rekaman YG Entertainment, G-Dragon secara resmi debut sebagai anggota dari grup Big Bang pada tahun 2006. Ia ikut terlibat dalam penulisan, penyusunan dan pembuatan sebagian besar lagu-lagu Big Bang.

Lagu-lagu hits seperti Lies, Last Farewell dan Day by Day merupakan garapan GD. Album solo debutnya, Heartbreaker, menjadi salah satu album tersukses pada tahun 2009 dengan penjualan melebihi 200.000 kopi.

Bahkan, lagu tersebut memenangkan penghargaan Album of the Year di Mnet Asian Music Awards 2009. Heartbreaker juga memicu kontroversi besar bagi dirinya, salah satunya adalah tuduhan plagiarisme.

Setelah hampir satu tahun hiatus, G-Dragon dan rekan satu grupnya, T.O.P, berkolaborasi dalam album GD & TOP pada 2010. Album ini mengeluarkan tiga singel, yakni High High, Oh Yeah, dan Knock Out.

Ketiganya menduduki posisi tiga teratas di tangga lagu Gaon dengan High High berada di posisi puncak. Pada 2012, ia merilis album mini pertamanya, One of a Kind, dengan tiga hit singel One of a Kind, Crayon dan That XX.

Album ini meraih penghargaan Record of the Year di Seoul Music Awards ke-22. Album studio keduanya, Coup D'Etat, dirilis pada tahun 2013 dan membawanya meraih penghargaan Artist of the Year di Mnet Asian Music Awards ke-15.

Ia juga meraih penghargaan World's Best Entertainer dan World's Best Album di World Music Awards 2014. G-Dragon menjadi anggota Big Bang kedua yang melakukan debut solo di Jepang, setelah Daesung dengan tur konser solonya.

Ia memulai tur dunia keduanya sebagai artis solo, termasuk tur di empat Dome di Jepang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat