uefau17.com

Dari Minyak Kelapa sampai Cuka Apel, Ini Bahan Alami Perawatan Rambut - Regional

, Jakarta - Merawat rambut bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami sebagai pengganti sampo. Yuk, intip beberapa bahan alami penguat rambut yang bisa kamu temukan di rumah.

Ada banyak keuntungan dari menggunakan bahan alami untuk merawat rambut. Sebagian besar bahannya bisa dengan mudah ditemukan di rumah, salah satunya lidah buaya

Kamu bahkan tak perlu menyumbang sampah botol kemasan setelah sampo dan kondisioner habis.

Menggunakan bahan alami untuk merawat rambut juga sangat ekonomis, lho. Ini bisa jadi solusi buat kamu yang sedang berencana untuk memangkas anggaran bulanan. Selain itu, bahan alami juga minim dengan berbagai risiko yang mungkin terjadi.

Bahan alami apa saja yang bisa digunakan untuk merawat rambut? 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

8 Bahan Alami untuk Perawatan Rambut

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat digunakan untuk melembapkan rambut kering dan rusak.

Caranya, oleskan sedikit minyak kelapa pada rambut dan kulit kepala, biarkan selama beberapa jam atau semalam, kemudian bilas dengan air hangat dan sampo.

2. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang baik untuk kulit kepala dan rambut. 

Kamu bisa membuat masker rambut dengan mencampurkan madu dengan minyak kelapa atau yogurt, kemudian mengoleskannya pada rambut dan kulit kepala selama 30-60 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

4. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung enzim proteolitik yang membantu membersihkan kulit kepala dan meningkatkan sirkulasi darah. 

Kamu bisa mengambil gel lidah buaya dan mengoleskannya pada rambut dan kulit kepala selama 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Telur

Telur mengandung protein dan lemak yang baik untuk rambut dan bisa digunakan sebagai masker.  

Caranya, mencampurkan telur dengan minyak kelapa atau madu, kemudian mengoleskannya pada rambut dan kulit kepala selama 30-60 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

6. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang baik untuk rambut dan kulit kepala.

Caranya dengan membuat teh hijau dan memasukkannya ke dalam botol semprot, kemudian menyemprotkan larutan teh hijau pada rambut dan kulit kepala, biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat membantu melembapkan rambut kering dan rusak.

Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit minyak zaitun pada rambut dan kulit kepala, biarkan selama beberapa jam atau semalam, kemudian bilas dengan air hangat dan sampo.

8. Cuka apel

Cuka apel dapat membantu menghilangkan ketombe dan membersihkan kulit kepala.

Caranya adalah dengan mencampurkan cuka apel dengan air, kemudian menyemprotkannya pada rambut dan kulit kepala, biarkan selama 5-10 menit sebelum dibilas dengan air hangat dan sampo.

Itu dia beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk membantu menyehatkan rambut. Namun yang perlu kamu ketahui adalah, setiap orang memiliki kondisi rambut yang berbeda, jadi pastikan untuk mengenali kondisi rambutmu sendiri sebelum menggunakannya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat