uefau17.com

Polisi Rekayasa Lalu Lintas Jelang Kirab Budaya Cap Go Meh di Cirebon - Regional

, Cirebon - Sejumlah titik di wilayah Kota Cirebon diprediksi akan terjadi kepadatan pada Minggu, 5 Februari 2023. Polisi sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik untuk mencegah kepadatan.

Diketahui, pada akhir pekan nanti Kota Cirebon akan menggelar kirab budaya Cap Go Meh. Dalam kirab ini akan ada arak-arakan dewa dewi dari sejumlah Klenteng yang ada di Cirebon.

Kasatlantas Polres Cirebon Kota (Ciko) AKP Triyono Raharja mengatakan, sudah melakukan pemetaan dan rekayasa lalu lintas. Kirab budaya tersebut merupakan bagian dari rangkaian Festival Cap Go Meh di Cirebon.

"Sudah mapping titik yang akan dialihkan arus mulai dari arah Kalijaga maupun Samadikun," kata Triyono, Jumat (3/2/2023).

Dia mengatakan, untuk kendaraan kecil yang melaju dari arah Samadikun menuju kawasan BAT akan dialihkan sementara ke Pom Bensin Cemara. 

Untuk kendaraan besar arah ke BAT atau jalur ke Semarang akan dialihkan sementara melalui jalur Pilang. Kemudian untuk kendaraan besar dari arah Kalijaga menuju BAT atau Indramayu dialihkan ke jalur bypass. 

Sementara untuk kendaraan kecil dari arah Kalijaga menuju BAT akan dialihkan di SPBU Cangkol menuju Lawanggada dan seterusnya. 

** bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan vidio pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi Padat

"Proses pengalihan lalu lintas selama satu jam sebelum kirab budaya dimulai pukul 14.00 WIB. Tapi itu juga situasional kalau sudah ramai sebelum kirab budaya dimulai bisa jadi pengalihan arus lebih cepat," kata Triyono.

Kepala Disbudpar Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya menjelaskan Festival Pecinan diinisiasi oleh komunitas. 

"Kami dari perangkat daerah yang membidangi pariwisata dan kebudayaan menyambut baik kegiatan Festival Pecinan ini," tutur Agus.

Agus menjelaskan, Festival Pecinan akan menjadi momentum penyusunan calender of event pariwisata 2023 di Kota Cirebon. Selama Januari ini ada dua kegiatan yaitu Imlek pada 22 Januari dan Cap Go Meh pada 5 Februari 2023 mendatang.

Sebelum penyelenggaraan Cap Go Meh, Festival Pecinan digelar, yaitu mulai 3 hingga 5 Februari mendatang di lapangan Kebumen, Kota Cirebon.

Mulai dari kuliner hingga pertunjukan seni dan budaya dari etnis Tionghoa akan ditampilkan di festival yang dibuka mulai pukul 10.00 WIB tersebut. Selain itu, budaya lokal Cirebon, seperti tari topeng dan kuliner khas Cirebon juga akan ditampilkan. 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat