uefau17.com

Langkah ke Final Terhenti, Ini Catatan Menawan Timnas Maroko di Piala Dunia 2022 - Regional

, Yogyakarta - Timnas Maroko menunjukkan performa baiknya di Piala Dunia 2022 Qatar. Sayangnya, langkah mereka terhenti usai takluk dengan skor 0-2 di semifinal saat bertemu Prancis, Kamis (15/12/2022) dini hari.

Meski gagal melaju ke final, Timnas Maroko telah menorehkan banyak catatan menawan di sepanjang turnamen empat tahunan ini. Tim asuhan Walid Regragui pun menjelma menjadi kuda hitam.

Berikut empat catatan luar biasa yang ditorehkan Timnas Maroko selama turnamen Piala Dunia 2022 Qatar:

1. Juara Grup F

Kejutan pertama Timnas Maroko di Piala Dunia 2022 adalah dengan memastikan diri sebagai juara Grup F. Hal ini cukup membanggakan karena Timnas Maroko bersaing dengan Kanada dua tim unggulan Eropa, yakni Kroasia dan Belgia.

Maroko bertengger di puncak klasemen setelah mengalahkan Kanada dengan skor 2-1. Atas kemenangannya ini, mereka mengoleksi tujuh poin, unggul dua angka atas Kroasia.

Selama di fase grup, Timnas Maroko tampil dengan dua kemenangan dan satu kali imbang. Timnas Maroko pun berhasil menjadi tim Afrika pertama yang menjuarai grup Piala Dunia setelah 24 tahun terakhir. Sebelumnya, Timnas Nigeria menjadi tim terakhir yang menjadi juara grup di Piala Dunia 1998.

2. Hentikan 8 kemenangan beruntun Belgia di fase grup

Sebelum bertemu Maroko di Grup F, Timnas Belgia mencatatakan delapan kemenangan beruntun. Rentetan rekor tersebut dimulai sejak Piala Dunia 2014.

Namun, usai bertemu dengan Maroko, catatan tersebut terhenti. Timnas Maroko mengalahkan Timnas Belgia dengan skor 2-0.

3. Depak Spanyol dan Portugal tanpa kebobolan

Kehebatan Timnas Maroko di fase Grup F berlanjut ke babak 16 besar dan perempat final. Pada 16 besar, Timnas Maroko berhasil menyingkirkan tim raksasa Spanyol. 

Laga tersebut berakhir imbang dengan skor 0-0 selama 120 menit yang kemudian dilanjutkan dengan adu penalti. Dalam adu penalti, Maroko unggul 3-0 atas Spanyol.

Pada perempat final, Timnas Portugal harus mengakui keunggulan Maroko dengan skor 1-0. Kemenangan ini membawa Timnas Maroko melaju ke semifinal.

4. Tim pertama asal Afrika yang melaju ke semifinal Piala Dunia

Keberhasilan Timnas Maroko lolos ke semifinal Piala Dunia 2022 juga menorehkan sejarah tersendiri. Tim ini mejadi kesebelasan pertama asal Afrika yang melaju hingga empat besar Piala Dunia. 

Namun, langkah mereka menuju final harus terhenti setelah kalah dari Prancis. Nantinya, Maroko akan bertemu Kroasia untuk perebutan tempat ketiga, Sabtu (17/12/2022) pukul 22.00 WIB.

(Resla Aknaita Chak)

Saksikan video pilihan berikut ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat