uefau17.com

Jerry Sambuaga soal Pidato Gibran: Bukti Pemimpin Muda yang Punya Visi - Pemilu

, Jakarta Ketua Umum Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) sekaligus Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga angkat bicara soal pidato bakal calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka.

Menurut dia, hal ini memperlihatkan Gibran mempunyai visi yang jelas.

"Mas Gibran membuktikan diri sebagai pemimpin muda yang punya visi dan arah kepemimpinan yang jelas dan menonjolkan karakter mudanya. Pidatonya singkat, padat, jelas, dan konkret," kata Jerry dalam keterangannya, Rabu (25/10/2023).

Dia pun menyoroti, soal kebijakan transformasi ekonomi berupa hilirisasi misalnya. Juga soal kebijakan ekonomi yang lebih adil dengan subsidi yang terarah dan tepat sasaran.

"Itu adalah angin segar bagi para pelaku usaha, investor dan masyarakat secara umum karena memberikan kepastian terhadap arah kebijakan nasional," papar Politikus Golkar ini.

Kedua, ada beberapa adopsi dari kebijakan global, khususnya dalam mengantisipasi perubahan iklim, yaitu dengan menggalakkan ekonomi hijau.

Ketiga, dalam hal pelibatan generasi muda termasuk Gen Z. Menurut Jerry pernyataan ini sangat tepat mengingat Indonesia sedang ada dalam fase bonus demografi dimana usia muda sedang mendominasi secara jumlah.

"Anak muda Indonesia dianggap menjadi potensi yang sangat besar dan perlu dikelola dengan tepat," ungkap Jerry.

Yang menarik juga, menurut Jerry, Gibran menyebut secara khusus soal teman-teman santri. Ini bagus sekali karena potensi mereka yang sangat besar sebagai agen perubahan yang dipandang bisa membawa masyarakat ke arah yang lebih maju dan sejahtera.

"Bukan hanya menyebut teman-teman santri, Pak Cawapres juga ingin membuat kebijakan soal Dana Abadi pesantren dan kredit startup milenial dan Gen Z. Itu adalah langkah konkret dan menjawab kebutuhan Anak muda," tutup Jerry.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disapa Gibran

Sebelumnya, Di akhir Acara, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto meminta Cawapres Gibran Rakabuming Raka melambai ke suatu arah. Pada saat itulah Gibran menyadari ada Jerry Sambuaga di arah itu.

"Oh ada Pak Wamendag," kata Gibran sambil melambai dan tersenyum.

Jerry nampak membalas lambaian Gibran tersebut. Selain sebagai wakil Menteri Perdagangan, di Golkar Jerry juga adalah Ketua sekaligus koordinator Golkar Under 40.

Untuk diketahui, Golkar Under 40 adalah kelompok kader-kader Golkar di bawah 40 tahun yang menempati jabatan strategis di eksekutif dan legislatif.

Sebelumnya, Wali Kota Solo sekaligus calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan sejumlah program unggulan sebelum mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama calon presiden (capres) Prabowo Subianto.

Gibran menilai, program-program yang sudah berjalan sudah membawa Indonesia ke pintu gerbang kemajuan. Ia menuturkan, tugas saat ini melanjutkan dan menyempurnakan.

”Kita semua meyakini program-program yang sudah berjalan sudah membawa Indonesia ke pintu gerbang kemajuan. Tugas kita sekarang melanjutkan dan menyempurnakan,” ujar Gibran Rakabuming Rakasaat deklarasi bersama relawan di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (25/10/2023).

 

3 dari 3 halaman

Program Unggulan Dana Abadi Pesantren hingga Kredit Startup Milenial

 

Gibran juga menyoroti pembangunan untuk generasi muda baik milenial, generasi Z dan santri. Hal ini seiring Indonesia membutukan generasi muda handal, tangguh dan berkomitmen kebangsaan.

"Hal terkait anak-anak muda, generasi milenial, generasi Z dan jangan lupa para santri pasti kita dukung penuh. Butuh generasi muda, handal, tangguh, memiliki komitmen kebangsaan,” ujar dia.

Dalam kesempatan tersebut, Gibran menyampaikan sejumlah program unggalan. Salah satunya dana abadi pesantren. “Dana abadi pesantren ini dalam mandat UU Nomor 18 Tahun 2019,” kata dia.

Selain itu, Gibran menuturkan pihaknya bersama Prabowo Subianto akan membuat program baru dari program yang sudah ada. Pihaknya akan membuat kredit startup milenial. “Sekarang sudah ada yang namanya KUR, sudah ada Kredit Mekar, Wakaf Mikro. Ada kredit ultra mikro. Akan kami tambahkan lagi kredit startup milenial,” ujar dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat