uefau17.com

Relawan Kita Dukung Ridwan Kamil Maju di Pilkada Jakarta 2024, Panggilannya Jadi Bang Emil - Pemilu

, Jakarta - Wacana Ridwan Kamil menjadi bakal calon gubernur atau bakal cagub Jakarta yang selama ini menjadi perbincangan elite politik kini telah direspons oleh kelompok warga dengan membentuk 'Relawan Kita' (RK).

Relawan Kita (RK) siap memperjuangkan mantan Gubernur Jawa Barat itu di Pemilihan Kepala Derah atau Pilkada Jakarta 2024 pada November mendatang.

Dalam rangka HUT Jakarta ke-497, RK mengadakan konsolidasi di Hotel Sari Pacific, Jakarta, pada Sabtu (22/6/2024). Ridwan Kamil turut hadir dan memberikan pandangan mengenai Jakarta ke depan, khususnya seiring pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Pilkada Jakarta 2024 ini bersejarah karena bersamaan dengan pembangunan IKN. Saya katakan, Jakarta tidak perlu takut pada IKN karena Jakarta akan tetap punya relevansinya sendiri sebagai kota yang sudah eksis ratusan tahun," ujar Ridwan Kamil yang juga Kurator IKN, melalui keterangan tertulis, Sabtu (22/6/2024).

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil juga menyoroti berbagai masalah yang tengah dihadapi Jakarta, salah satunya polusi udara. Menurut dia, kota yang baik dan humanis adalah ketika orang lebih rindu nongkrong di luar ruangan daripada di dalam ruangan.

"Itu hanya bisa terjadi ketika itu aman, nyaman, dan ramah, khususnya kepada anak-anak, perempuan dan lansia, Apa yang terjadi di Jakarta tidak terlepas dari apa yang terjadi di tingkat global, seperti global warming dan disrupsi digital," ucap Ridwan Kamil.

"Juga dari apa yang terjadi di wilayah sekitarnya. Memimpin Jakarta harus memahami wilayah-wilayah tetangganya, yakni Jawa Barat dan Banten. Jakarta harus menjadi 'kakak yang baik' bagi kota dan kabupaten di sekitarnya," sambung dia.

Ridwan Kamil menyebut, Jakarta adalah tempat untuk gagasan kelas dunia.

"Mengapa? Karena potensi pendukungnya ada, begitu juga infrastruktur dan anggarannya. Yang dibutuhkan adalah pemimpin yang punya imajinasi. Jakarta membutuhkan perubahan," pungkas Ridwan Kamil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kelompok Independen

Kemudian, Ketua Umum Relawan Kita (RK) Henry Baskoro menceritakan, RK sudah berdiri beberapa waktu yang lalu ketika kabar Ridwan Kamil akan maju di Pilkada Jakarta mulai santer.

"Kelompok ini bersifat independen, tidak mewakili partai politik, dan berasal dari berbagai kelompok di Jakarta yang memiliki aspirasi yang sama, yakni menjadikan Ridwan Kamil sebagai gubernur Jakarta," kata Henry.

Dia mengatakan, saat ini RK telah memiliki koordinator di lima kota administrasi dan Kabupaten Pulau Seribu. Setelah konsolidasi ini, kata dia, organisasi tersebut akan dilengkapi dengan mengangkat koordinator tingkat kecamatan dan kelurahan.

"Selain struktur pengembangan teritorial, RK juga akan membentuk organisasi untuk komunitas-komunitas spesifik, seperti perempuan, milenial dan gen Z, buruh, disabilitas, lansia, pendidikan, serta pelaku UMKM dan industri kreatif," jelas Henry.

Sementara itu, pemandu acara konsolidasi M Zaki Khairy sempat berseloroh ketika menyambut Ridwan Kamil di tempat acara.

"Selamat datang, Kang Emil, eh, Bang Emil. Sekarang panggilannya Bang Emil, karena akan menjadi gubernur Jakarta," ujar Zaki disambut tawa para relawan yang hadir.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat