uefau17.com

Kisah Raja Spanyol dan Mobil Usang Kado Ultah - Otomotif

, Barcelona - Raja Spanyol saat ini, Felipe VI mendapat kejutan yang tak disangka dari pihak pabrikan saat melakukan kunjungan ke fasilitas produksi Seat di Martorell, Barcelona.

Kala dirinya berkesempatan melihat-liat model masa depan yang diciptakan Seat, Raja Felipe VI pun tertegun karena turut mendapati mobil pertama yang pernah ia miliki turut dipajang di ruangan tersebut.

Mobil tersebut adalah Ibiza generasi pertama dengan kelir emas. Mobil ini ia dapatkan dari ayahnya yakni Raja Juan Carlos kala dirinya merayakan hari lahirnya ke-18 pada tahun 1986 lalu.

Tentu, Raja Felipe VI amat senang saat melihat mobil pertamanya itu. Mobil ini sendiri adalah hasil restorasi yang memakan waktu lebih dari 16 tahun.

Melansir laman Carscoops, Selasa (16/12/2014), proses restorasi pada hatchback dengan mesin 1,5 liter ini bukan pekerjaan mudah karena odometernya yang telah mencatatkan jarak hingga 152 ribu kilometer.

Bagian tersulit dalam merestorasi mobil ini adalah saat membangun sistem bahan bakar dan injektor karena mobil ini sudah tidak pernah dijumpai di jalan selama beberapa tahun terakhir.

Mobil yang pernah digunakan oleh Raja Spanyol ini juga menerima beberapa fitur unik seperti kursi dengan ketinggian yang disesuaikan pada postur Raja Felipe VI. Ditujukan sebagai tunggangan pangeran kala itu, Seat pun menggunakan komponen injeksi dan AC yang tidak terdapat pada Ibiza generasi pertama.

Meskipun sukses direstorasi, pihak pabrikan tidak akan menawarkan mobil ini sebagai hadiah kepada Raja Felipe VI. Dikatakan, Seat akan menyimpan mobil bersejarah ini bersama dengan 250 mobil klasik lainnya dalam koleksi perusahaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat