uefau17.com

Kendalikan Laju Inflasi, TP PKK Pusat Bersama GIMNI akan Salurkan 15.120 Liter Minyak Goreng Murah - News

, Jakarta Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat melalui Gerakan Pasar Murah (GPM) akan menyalurkan 15.120 pak (berisi 1 liter) minyak goreng murah kepada masyarakat yang tinggal di daerah sekitar Jakarta, terutama yang berekonomi rendah.

Seremoni penyediaan minyak goreng murah secara simbolis dilakukan oleh Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) Sahat M. Sinaga kepada Ketua Umum (Ketum) TP PKK Tri Tito Karnavian dengan disaksikan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian di Lobi Gedung A Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian mengatakan minyak goreng tersebut tidak gratis melainkan dijual dengan harga di bawah pasar.

“Tidak [gratis], kita pasar murah, karena kita membeli ini, tapi harganya di bawah pasar, kita juga jualnya di bawah harga pasar,” ujar Tri Tito Karnavian.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upaya Pemerintah Kendalikan Laju Inflasi

Tri menjelaskan, kerja sama dengan GIMNI merupakan bagian dari program PKK dalam membantu pemerintah mengendalikan laju inflasi. Seperti diketahui, harga minyak goreng di lingkungan rumah tangga cukup dinamis. Karena itu, TP PKK berinisiatif membantu pemerintah dalam menyediakan minyak goreng murah.

Dirinya membayangkan, apabila setiap orang membeli satu pak minyak goreng berarti ada 15.120 orang yang menikmati program tersebut. Menurutnya, dampak program ini sangat luar biasa.

“Ini sangat berarti karena rumah tangga dengan kebutuhan yang rutin dengan sedikit saja menurunkan pengeluarannya akan berdampak luar biasa,” ujar Tri.

3 dari 3 halaman

TP PKK Gandeng Kelurahan Salurkan Minyak Goreng Murah

Lebih lanjut, Tri mengatakan, distribusi minyak goreng murah ini bakal melibatkan sejumlah pihak, termasuk kelurahan-kelurahan.

“Misalnya kita membawa [ke] kelurahan-kelurahan atau tempat-tempat yang penduduknya di bawah masyarakat yang ekonomi rendah. Nah, di sana kita mungkin akan menyediakan 1.000 [pak] ataupun 500 [pak] tergantung nanti,” ujarnya.

Tri menyampaikan terima kasih kepada GIMNI yang telah bekerja sama dengan TP PKK dalam menyediakan minyak goreng murah. Kerja sama ini bukanlah kali pertama, karena sebelumnya GIMNI juga menyalurkan bantuan sembako melalui TP PKK saat pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan kerja sama ini akan terus berlanjut di masa yang akan datang,” harapnya.

Dalam kegiatan penyediaan minyak goreng murah ini, perusahaan yang berpartisipasi antara lain Wilmar, Permata Group, Musim Mas, Apical Group, PT Incasi Raya, PT Pacific Palmindo Industri, PT Karyaindah Alam Sejahtera, dan PT Sintong Abadi.

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat