uefau17.com

Tingkatkan Kapasitas Air Bersih, PAM JAYA Lakukan Peremajaan Peralatan IPA Buaran - News

, Jakarta Guna meningkatkan keandalan alat dan penyerapan air baku secara maksimal, PAM JAYA melaksanakan pekerjaan peremajaan peralatan di IPA Buaran. Peremajaan itu dilakukan pada 31 Mei pukul 23.00 WIB sampai dengan 2 Juni 2024 pukul 03.00 WIB.

Peremajaan juga dilakukan untuk memperbaharui peralatan yang sudah usang atau kurang efisien, meningkatkan keandalan peralatan kelistrikan dan keamanan sistem kelistrikan di IPA Buaran, mengurangi risiko gangguan atau kerusakan, meningkatkan kapasitas produksi.

Peremajaan tersebut diharapkan meningkatkan kapasitas produksi air bersih di IPA Buaran, sehingga dapat memenuhi kebutuhan air bersih yang semakin meningkat dari masyarakat.

Di sisi lain, PAM JAYA mengimbau agar pelanggan menampung air untuk persediaan selama pasokan terganggu. Pasalnya, pemulihan suplai membutuhkan waktu 24 jam setelah pekerjaan selesai dan berangsur normal mulai 2 Juni 2024 pukul 03.00 WIB.

Berikut ini adalah kelurahan atau wilayah yang terdampak pada gangguan suplai air berkurang atau terhenti sementara yaitu;

Bali Mester, Baru, Bidara Cina, Bukit Duri, Cibubur, Cijantung, Cikini, Cilincing, Cipinang Melayu, Cipinang Muara, Ciracas, Duren Sawit, Gunung Sahari Utara, Halim Perdanakusuma, Kalisari, Kampung Melayu, Kampung Tengah, Kebon Baru, Kebon Bawang, Kebon Kosong,

Kebon Pala, Kelapa Dua Wetan, Kelapa Gading, Kenari, Klender, Koja, Kramat Jati, Lagoa, Lenteng Agung, Makasar, Malaka Jaya, Malaka Sari, Marunda, Pademangan Barat, Pademangan Timur, Papanggo, Pasar Baru, Paseban, Pegangsaan, Pegangsaan Dua.

Pejaten Timur, Penggilingan, Pinang Ranti, Pisangan Baru, Pondok Kelapa, Pondok Bambu, Pondok Kopi, Rambutan, Rawa Bunga, Rawa Jati, Rawasari, Rorotan, Semper Barat, Senen, Sukapura, Sungai Bambu, Sunter Agung, Sunter Jaya, Susukan, Tanah Tinggi, Tanjung Priok, Tebet Timur, Tugu Selatan, Tugu Utara.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dua Pekerjaan Utama

Sebagai informasi, PAM JAYA melakukan dua pekerjaan utama yaitu penggantian coarse yang sudah berumur 32 tahun dan penggantian fine screen yang sudah berumur 10 tahun di 2 kanal intake air baku Instalasi Pengolahan Air (IPA) Buaran yang dilaksanakan secara bergantian masing-masing 14 jam untuk menghindari terjadinya pemadaman total.

Dan penggantian panel incoming 20 kV dan panel outgoing 3,3 kV yang sudah berusia lebih dari 15 tahun, dengan beberapa parts sudah obsolete (discontinued) yang ada di IPA Buaran, dikarenakan pekerjaan tersebut maka akan berdampak berkurangnya kuantitas air yang sampai ke pelanggan.

Pada saat penggantian coarse dan fine screen kondisi kanal kering sehingga air baku akan berkurang sekitar 1.100lps (liter per second). Pemasangan screen dilakukan secara bergantian, sehingga IPA Buaran tidak berhenti beroperasi, namun suplai berkurang sebesar 550 lps (liter per second).

Selama pekerjaan penggantian coarse dan fine sceen selama 24 jam, air akan tetap mengalir namun tekanan air akan berkurang. Hal ini akan berdampak terhadap 19 kelurahan. Namun untuk pekerjaan penggantian panel substation 20 kV, harus dilakukan pemadaman Listrik dari PLN sehingga distribusi air akan berhenti selama 4 jam yang akan terdampak terhadap 64 kelurahan.

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat