uefau17.com

Apresiasi PAM Jaya Bagi ‘Pahlawan Pelestari Air’ Lewat Jakarta Water Hero 2024 - News

, Jakarta Jakarta Water Hero merupakan bentuk apresiasi bagi pelanggan yang melakukan penyelamatan dan pelestarian air di Jakarta yang digelar oleh Perusahaan Umum Daerah Air Jaya (PAM JAYA). Berbeda dengan tahun sebelumnya, penghargaan kali ini diberikan kepada 10 pelanggan korporasi dan pemerintah, serta empat pelanggan rumah tangga. Tiap pemenang mendapatkan piala dan piagam gubernur yang diberikan langsung oleh Pj. Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono di Candi Bentar Hall, Putri Duyung Cottage, Jakarta.

"Jakarta Water Hero 2024 menjadi katalisator bagi multipihak untuk memanfaatkan air bersih secara lebih bijak. Melalui acara ini, harapannya masyarakat dapat semakin terlibat dalam pelestarian lingkungan secara berkelanjutan, sehingga kuantitas dan kualitas air di Jakarta semakin terjaga," kata Direktur Utama PAM JAYA Arief Nasrudin.

Dalam penyelenggaraan kali ini, PAM JAYA berhasil mengumpulkan 249 peserta, yang terdiri dari 142 pelanggan komersial (dengan konsumsi air bersih mulai dari 10.000 m3) dan 107 pelanggan pemerintah (yang pemakaian air sejak 5.000 m3). Sejak Mei 2024, para kandidat telah diseleksi dengan mempertimbangkan empat indikator, antara lain pemanfaatan air perpipaan, kepatuhan pembayaran tagihan air, implementasi dalam inisiatif penyelamatan dan pelestarian air, serta aksi konservasi lingkungan berkelanjutan yang dilakukan.

"Melalui Jakarta Water Hero, kami mewujudkan kolaborasi antara PAM JAYA dengan masyarakat. PAM JAYA mengakselerasi ketersediaan air bersih pada 2030 supaya masyarakat dapat mengakses air bersih perpipaan yang kuantitas, kualitas, dan kontinuitas debit airnya terjaga. Di sisi lain, masyarakat turut berkontribusi merawat air, khususnya air tanah yang kondisinya kritis di Jakarta," ujar Arief.

PAM JAYA menyebut, inisiatif untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas air tanah di Jakarta ini dapat dimulai dari penghentian eksploitasi air tanah secara berlebihan. Terlebih mengingat pada 1 Agustus 2023 lalu, pemerintah telah menetapkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 93 Tahun 2021 tentang Zona Bebas Air Tanah yang melarang penggunaan air tanah di Jakarta.

Rumah Sehat untuk Jakarta RSUD Pasar Minggu, yang menjadi salah satu pemenang mengapresiasi dalam Jakarta Water Hero. Dia mengatakan bahwa acara tersebut dapat menambah semangat untuk ikut andil dalam pelestarian air tanah di Jakarta. 

"Kami harap, apa yang kami lakukan sebagai ‘pahlawan air’ di Jakarta dapat menjadi contoh dan direplikasi oleh masyarakat lainnya," kata Rumah Sehat untuk Jakarta RSUD Pasar Minggu.

Sekadar informasi, dalam Jakarta Water Hero 2024 ini, selain Rumah Sehat untuk Jakarta RSUD Pasar Minggu, sembilan korporasi dan pemerintah lain yang turut menjadi pemenang adalah Ciputra World 1 Jakarta, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK), PT Senayan Trikarya Sempana (Sentral Senayan Office Tower). 

Juga ada PT Grand Indonesia, PT Makmur Jaya Serasi (Mall of Indonesia), Rumah Sakit Fatmawati, Wyndham Casablanca Jakarta, RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo. Sementara itu, juara dari kategori rumah tangga yakni Samsuri, Indah Permatasari, H. Sitti, dan Nurhayati. Adapun gelaran serupa akan kembali dihelat oleh PAM JAYA, sebagai hajatan tahunan pada 2025.

 

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat