uefau17.com

Jokowi Singgung Tensi Geopolitik yang Tinggi: Kita Punya Pancasila yang Memandu Arah Bangsa - News

, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi optimis Indonesia bisa tetap kokoh dan stabil ditengah kondisi geopolitik yang memanas dan ketidakstabilan dunia.

Menurut dia, Indonesia memiliki Pancasila sebagai pemandu arah untuk bertahan ditengah krisis dunia.

"Kita patut bersyukur bahwa negara kita Indonesia tetap kokoh, terus stabil, terus bersatu padu, terus tumbuh ekonominya di tengah gempuran dunia yang penuh dengan ketidakpastian, di tengah dunia yang dilanda berbagai krisis," kata Jokowi saat memimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Kompleks Pertamina Hulu Rokan, Riau, Sabtu (1/6/2024).

"Dalam geopolitik yang penuh ketegangan dan rivalitas, kita harus selalu optimis karena kita punya Pancasila yang memandu arah bangsa," sambungnya.

Selain itu, kata dia, Indonesia juga memiliki modal sosial, modal budaya yang kokoh, serta sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) yang melimpah. Untuk itu, Jokowi menekankan Indonesia harus memperkuat kemandirian ekonomi.

"Kita harus terus perkokoh kemandirian bangsa dan berdikari (berdiri di atas kaki sendiri) dalam ekonomi," ujarnya.

Jokowi menyampaikan pemerintah terus memperjuangkan kemandirian ekonomi, salah satunya melalui industrialisasi di dalam negeri dan hilirisasi berbagai sektor. Dia ingin Indonesia dapat mengelola sendiri aset-aset yang dimiliki untuk kemakmuran rakyat.

"Kita harus menjamin kekayaan negara sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat. Kita juga harus aktif mengambil alih kembali aset-aset strategis bangsa. Kita kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat," jelas Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahas Freeport dan Blok Rokan

Menurut dia, pemerintah telah berhasil mengambil alih saham mayoritas PT Freeport dan Blok Rokan. Jokowi menyebut Blok Rokan sebelumnya dikelola perusahaan asing Caltex dan Chevron selama 97 tahun.

"Kita harapkan kehadiran Pancasila sebagai pembebas dari ketergantungan kita pada pihak asing," tutur Jokowi.

Dia pun senang Blok Rokan yang merupakan blok migas paling produktif di Indonesia saat ini sudah memprodulsi 162.000 barel per hari. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan saat Blok Rokan dikelola perusahaan Caltex dan Chevron.

"Freeport dan Blok Rokan hanyalah sedikit contoh dari semangat dan upaya kita untuk kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan nyata, membangun ekonomi yang berpihak pada kepentingan nasional berdiri di atas kekuatan kita sendiri," pungkas Jokowi.

3 dari 3 halaman

Jokowi: Indonesia Terus Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan bahwa Indonesia akan terus memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa, khususnya bangsa Palestina. Jokowi menekankan Indonesia juga terus memperjuangkan perdamaian dunia.

"Indonesia konsisten dengan politik bebas aktif, memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa, termasuk kemerdekaan bangsa Palestina dan memperjuangkan perdamaian dunia," kata Jokowi saat menyampaikan amanat dalam Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Kompleks Pertamina Hulu Rokan, Riau, Sabtu (1/6/2024).

Dia menyampaikan peran Indonesia dalam politik internasional semakin kokoh. Hal ini ditandai dengan keberhasilan Indonesia menjadi pemimpin G20 dan Ketua ASEAN pada tahun 2024.

"Dan (Indonesia) terus berkontribusi pada dunia, termasuk melalui World Water Forum yang baru saja kita selenggarakan (di Bali)," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat