uefau17.com

World Water Forum 2024, Bali Siap Sambut Ribuan Delegasi dari 104 Negara - News

, Jakarta Ribuan delegasi dan peserta World Water Forum ke-10 telah berada di Pulau Dewata Bali. Para delegasi itu berdatangan sejak Rabu (15/5/2024) dan terus berdatangan melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, untuk mengikuti rangkaian acara World Water Forum pada 18 Mei 2024.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bali Pramella Yunidar Pasaribu mengatakan pihaknya telah menyiapkan dengan baik konter pemeriksaan keimigrasian. Pihaknya memperkirakan sekitar 9.477 orang delegasi dari 104 negara dijadwalkan menghadiri forum air terbesar dunia yang akan digelar di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali tersebut.

Untuk menjaga kelancaran arus kedatangan para delegasi dengan penumpang reguler di pintu imigrasi, Kantor Wilayah Kemenkumham Bali melakukan pemisahan jalur, tanpa mengesampingkan penumpang reguler yang jumlahnya juga tidak sedikit.

“Kami sudah siapkan tiga konter pemeriksaan keimigrasian,” katanya. Adapun tiga konter keimigrasian disiagakan sebanyak total 12 orang, dengan masing-masing konter sebanyak tiga orang petugas imigrasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemeriksaan Keimigrasian bagi Delegasi

Sedangkan untuk pemeriksaan terhadap penumpang reguler, telah disiapkan 30 unit autogate atau fasilitas otomatis pemeriksaan dokumen keimigrasian dan 10 konter pemeriksaan dengan total 40 petugas.

Untuk pemeriksaan keimigrasian terhadap delegasi, Pramella mengungkapkan terdapat beberapa mekanisme yakni setingkat kepala negara (VVIP) dilakukan di gedung VVIP.

Sementara untuk setingkat menteri (VIP) dilakukan di gedung VIP dan delegasi lainnya dilakukan di terminal kedatangan internasional.

Di sisi lain, Imigrasi Ngurah Rai juga memasang papan petunjuk di sejumlah titik strategis untuk memudahkan delegasi dalam proses menuju ke konter pemeriksaan dan melakukan pelatihan kepada para petugas imigrasi dalam melayani delegasi mancanegara.

3 dari 3 halaman

7 Kepala Negara Dijadwalkan Hadir

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono selaku Panitia Nasional World Water Forum ke-10 mengatakan sebanyak tujuh kepala negara dijadwalkan hadir di Bali yaitu Timor Leste, Fiji, Tajikistan, Sri Lanka, Hungaria, Maroko, dan Indonesia selaku tuan rumah. Sementara satu kepala negara lainnya masih menunggu konfirmasi kehadiran. 

Selain itu ada tiga deputi perdana menteri yaitu Malaysia, Papua Nugini, Slovakia, dan tiga utusan khusus presiden dari Belanda, Perancis, dan Uni Emirat Arab. Sebanyak 105 menteri juga dijadwalkan menghadiri World Water Forum dari 132 negara dan organisasi internasional.

Lebih dari 2.000 orang delegasi dan peserta World Water Forum ke-10 bersama umat Hindu Bali akan mengikuti ritual upacara Segara Kerthi, di kawasan Pantai Bali Turtle Island Development (BTID), Denpasar, Bali pada Sabtu (18/5/2024). Selain itu, Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali siap menjamu tamu World Water Forum ke-10 pada acara Welcoming Dinner yang digelar Minggu, 19 Mei 2024.

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat