uefau17.com

Anggota Koramil Gugur Ditembak KKB Papua Kalenak Murib di Sinak - News

, Jakarta Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan penembakan terhadap anggota Koramil 1717-02/Sinak di Jalan Bandara, Kampung Tapulinik, Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah pada Sabtu, 15 Juni 2024 sekitar pukul 13.20 WIT. Akibatnya, seorang personel pun meninggal dunia.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2024 Kombes Faizal Ramadhani membenarkan adaya peristiwa penembakan di Distrik Sinak tersebut.

“Terhadap anggota Koramil 1717-02/Sinak atas nama Praka Hendrik Fonataba,” tutur Faizal dalam keterangannya, Minggu (16/6/2025).

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2024 AKBP Bayu Suseno menambahkan, korban diduga mengalami luka tembak pada bagian punggung dan gugur dalam tugas.

“Dapat kami menyampaikan bahwa pelaku penembakan ini merupakan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB wilayah Sinak pimpinan Kalenak Murib,” kata Bayu.

Dia menyebut, peristiwa itu terjadi saat anggota sedang melaksanakan tugas patroli menggunakan kendaraan roda empat. Kesempatan itu digunakan oleh KKB untuk melakukan penyerangan.

“Untuk saat ini korban telah dievakuasi ke puskesmas Sinak untuk mendapat penanganan lebih lanjut,” jelasnya.

Setelah melakukan penembakan, para pelaku langsung melarikan diri ke Kampung Tinonggame untuk menghindari aparat gabungan TNI-Polri. Bayu menegaskan, pihaknya masih terus melakukan pengejaran serta berupaya menegakkan hukum yang tegas dan terukur terhadap kelompok KKB Papua.

“Kami dari Satgas Ops Damai Cartenz 2024 dan aparat gabungan TNI-Polri telah merespon kejadian tersebut dengan melakukan pengejaran terhadap KKB, pelaku penembakan ini,” Bayu menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sopir Angkot Korban Penembakan KKB Papua Dievakuasi ke Timika

Seorang sopir angkutan umum atas nama Rusli yang menjadi korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Paniai, dievakuasi ke Timika, Rabu (12/6/2024). Hal itu diungkapkan Kepala Satgas Humas Damai Cartenz (DC) AKBP Bayu Suseno.

Menurut informasi yang dihimpun, Rusli ditembak pada Selasa (11/6), di sekitar Kampung Timida, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah.

"Jenazah almarhum Rusli dievakuasi dari Enarotali menggunakan pesawat Reven PK-RVV,” katanya menurut keterangan tertulis, Rabu (12/6/2024).

Bayu Suseno juga mengatakan anggota KKB pimpinan Undius Kogoya yang beranggotakan 10 orang selain melakukan penembakan juga membakar korban bersama kendaraan yang dikemudikan.

 

3 dari 3 halaman

Terus Melakukan Penegakan Hukum

Korban yang bekerja sebagai sopir angkutan umum rute Enarotali, Paniai ke Nabire, Papua Tengah, ditembak saat berada di sekitar Kampung Timida.

Ia menjelaskan jenazah korban direncanakan diterbangkan menuju kampung halaman di Bulusibatang, Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan menggunakan pesawat Lion Air.

Satgas Ops Damai Cartenz 2024 akan terus berupaya menghadirkan rasa aman kepada masyarakat di Tanah Papua.

"Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 akan terus melakukan penegakan hukum terhadap KKB Papua dengan tujuan menciptakan kamtibmas yang aman, damai, dan kondusif" kata Bayu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat